OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Contoh Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam untuk Beragam Kegiatan

25 Maret 2024 · 7 min read Author: Hendi Abdurahman · Editor: Bobby Agung Prasetyo

pembukaan pidato shalawat serta salam

Pembukaan pidato shalawat serta salam tidak hanya berlaku untuk acara keagamaan atau kultum saja, tetapi bisa dipraktikkan dalam ceramah formal.

Bagian pembukaan dalam sebuah pidato sama pentingnya dengan isi atau gagasan yang akan disampaikan.

Maka dari itu, menyiapkan pembukaan pidato yang mudah dihafalkan cukup krusial karena bagian ini akan menentukan isi yang hendak disampaikan.

Khusus dalam pidato dengan tema islami, pembukaan shalawat serta salam kerap menjadi pilihan.

Selain terasa lebih dekat dengan khalayak, biasanya kalimat pembuka shalawat serta salam terasa singkat sekaligus bisa meminimalisir kesalahan.

Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada struktur pidato sehingga tujuan yang akan disampaikan benar-benar mampu diserap oleh para pendengar.

Arti Shalawat serta Salam

Menurut buku Shalawat Populer: Esensi Shalawat bagi Ummat Nabi Muhammad SAW, shalawat adalah permohonan kepada Allah Swt. agar memberikan keberkahan dan kemuliaan kepada Nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan sahabatnya.

Jika selawat dijadikan do’a, lantunan tersebut diyakini bakal segera naik ke langit.

Sementara mengutip Zikir dan Doa Penghuni Surga karya Ali Abdullah, salam adalah sapaan yang memuat doa sekaligus simbol kebaikan.

Maka, apabila seorang muslim mengucapkan salam, itu artinya kita telah mendoakan orang-orang yang kita salami.

Kalimat pembuka shalawat serta salam ini sering kali menjadi untaian kalimat yang diucapkan sebagai pembuka atau kata-kata sambutan karena mengandung arti yang baik.

Oleh karenanya, tidak heran jika kalimat pembukaan shalawat serta salam kerap dipilih oleh penceramah atau ustaz untuk mengawali pidato.

Seandainya kamu membutuhkan sederet contoh pembukaan pidato shalawat serta salam yang singkat, kami sajikan beragam referensinya.

Contoh Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam

1. Contoh Pembukaan Pidato Islami

pembukaan pidato shalawat serta salam

sumber: manjakan.com

Berikut ini adalah contoh pembukaan pidato islami yang disertai kalimat pembuka shalawat serta salam dan bisa kamu jadikan inspirasi.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Kepada yang terhormat, Kepala Sekolah SMP 23 Bandung beserta jajarannya, guru-guru sekalian, dan siswa-siswi yang saya cintai.

Puji dan syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah Swt. karena berkat rahmat, hidayah, dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul kembali di tempat yang berbahagia ini.

Tak lupa, sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada Nabi Muhammad saw., agar mendapatkan syafaat di hari akhir.

2. Contoh Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam Semoga Tercurahkan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada yang terhormat Bapak RT, Bapak RW, dan Bapak lurah Desa Sukamaju, juga kepada ibu-ibu dan segenap tamu undangan yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt. yang telah memperkenankan kita untuk berkumpul bersama pada hari yang cerah ini.

Tak lupa shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita semua, Nabi Muhammad saw..

3. Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam dan Puji Syukur

pembukaan pidato shalawat serta salam

sumber: manajemenkeuangan.net

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillah, rasa syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Swt atas semua anugerah dan karunia-Nya sehingga kita bisa menjalani acara ini dengan sehat wal’afiat.

Tak lupa, sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw., keluarga, sahabat, dan para pengikut setianya hingga akhir zaman. Berkat upaya dan dakwah beliau kita bisa mengenal jalan yang terang setelah terbelenggu dalam peradaban jahiliah.

4. Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam Bahasa Arab

Berikut ini adalah contoh pembukaan pidato shalawat serta salam bahasa Arab dan artinya.

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ ؛ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ أَرْسَلَهُ اللهُ رَحْـمَةً لِلْعَالَمِيْنَ ، وَعَلَى أَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ أُمَّهَاتِ الـمُؤْمِنِيْنَ ، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ الغُرِّ الـمَيَامِيْنِ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Artinya:

Segala puji dipanjatkan pada hadapan Allah Swt., hal yang baik hanya milik bagi orang yang bertakwa dan tidak ada permusuhan terjadi melainkan hanya untuk orang yang zalim.

Tak lupa shalawat serta salam dipanjatkan untuk nabi sebagai utusan paling mulia, nabi dan kekasih kita Muhammad yang Allah utus menjadi rahmat bagi semesta alam.

Kepada istri-istrinya yang suci, ibu-ibu yang merupakan kaum mukminin, anggota keluarganya yang baik, sahabat-sahabatnya yang mulia dan diberkahi, dan kepada siapa saja yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari pembalasan.

5. Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam Innalhamdalillah Nahmaduhu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillah, nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syururi anfusina wa min sayiaati a’maalina, man yahdlillahu falaa mudhilalah, wa man yudil lil falaa haa diyalah.

Asyhadu anlaa ilaaha illahaahu wah dahulaa syariikalahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu laa nabiyya ba’dahu. Amma ba’du.

Maha suci Allah, puja dan puji syukur kehadirat-Nya, dan tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Besar.

Shalawat serta salam mudah-mudahan selalu diberikan kepada Rasulullah saw., keluarga, sahabat, serta kita semua selaku umatnya.

6. Mukadimah Pembukaan Acara RT/RW

Apabila kamu sedang mencari kata-kata sholawat serta salam sebagai pembuka pidato, teks berikut ini dapat dijadikan referensi.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatauh.

Kepada yang terhormat, Bapak Budi selaku ketua RW 02 dan Bapak Juned selaku ketua RT 01, serta seluruh tamu undangan yang berbahagia.

Sebelum memulai pidato dengan tema agama, marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat dan rezekinya kita semua masih diberi kesehatan dan bisa berkumpul di tempat ini.

Tak lupa shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad saw. yang telah membimbing kita dan umatnya menuju kebaikan dan keluar dari zaman jahiliyah.

7. Kalimat Pembuka Shalawat serta Salam

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat pagi untuk kita semua.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rezeki dan karunia-Nya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara hari ini.

Tak lupa sholawat senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw. yang tentu saja kita harapkan syafaatnya di hari akhir.

8. Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam kepada Nabi Muhammad

pembukaan pidato shalawat serta salam

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirabbil’alamin ashalatuwassalamu’ala asrofil anbiya’I wal mursalim sayyidina wa maulana Muhammadin wa’ala alihi wa sahbihiajma’in.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat dan taufiq serta inayahnya sehingga kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat.

Kedua, semoga shalawat serta salam selalu tersemat kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw. dalam setiap pidato dan pembukaan ceramah lainnya.

Hal ini beralasan karena atas jasa beliau kita bisa tiba di zaman yang penuh kemajuan seperti sekarang.

9. Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam atas Junjungan Besar Nabi Muhammad

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selama malam, salam sejahtera bagi kita semua.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul kembali di sini.

Tak lupa shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw., pembawa rahmat bagi semesta alam.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya membahas pidato tentang maulid nabi singkat dan lucu.

10. Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam Tak Lupa Kita Curahkan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa sholawat serta salam marilah kita panjatkan kepada junjungan kita semua, Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.

Hadirin semua,

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang kebersihan.

Bagaimana, sudah mendapatkan inspirasi? Untuk menambah informasi, kami beberkan pula contoh pembukaan pidato dari video Youtube berikut ini.

Keutamaan Membaca Shalawat ketika Pidato

Dalam Kitab Sholawat Nabi SAW, berikut ini adalah keutamaan atau manfaat membaca shalawat, termasuk ketika melantunkannya di pembukaan pidato.

  • Shalawat termasuk wujud menaati perintah Allah Swt. seperti tertuang pada surat Al Ahzab ayat 56.
  • Memperoleh balasan 10 sholawat dari Allah Swt. seperti sabda Rasulullah saw., “Orang yang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan beri sholawat kepadanya 10 kali.” (HR Muslim)
  • Diangkat derajatnya 10 kali seperti hadis nabi yang berbunyi, “Barang siapa bersholawat satu kali, Allah Swt. akan memberiknya sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya.”
  • Membaca sholawat nabi menjadi kunci terkabulnya doa di sisi Allah Swt. Maka, muslim dianjurkan untuk mengawali doa dengan membaca sholawat.
  • Sholawat akan mendatangkan syafaat dari Rasulullah saw. bagi orang yang membacanya.

FAQ

Bagaimana contoh salam pembuka pidato yang baik?

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua yang berkenan hadir di acara ini, semoga selalu dalam lindungan Allah Swt..

Naskah pembukaan ceramah agama Islam?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kaum muslimin sekalian. Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah karena dengan rahmat dan nikmatnya kita masih diberi kesehatan untuk menghadiri acara ini.

Kalimat apa yang diucapkan pada salam pembuka?

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’alaa alihi wa sahbihi ajmain. Amma ba’du.

***

Itulah sederet contoh pembukaan pidato shalawat serta salam yang bisa kamu jadikan referensi.

Semoga ulasannya bermanfaat, ya.

Baca informasi yang tak kalah menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar hunian, inilah saatnya buat ngobrolin properti di laman Teras123.

Dapatkan informasi seputar harga hunian dan rekomendasi rumah terbaik hanya di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA