OK

6 Contoh Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam, Cocok Dijadikan Referensi

06 Februari 2023 · 4 min read · by Hendi Abdurahman

pembukaan pidato shalawat serta salam

Pembukaan pidato shalawat serta salam tidak hanya berlaku untuk acara keagamaan saja, tetapi juga ragam ceramah formal. Butuh referensi? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Bagian pembukaan dalam sebuah pidato sama pentingnya dengan isi atau gagasan yang akan disampaikan.

Maka dari itu, menyiapkan pembukaan pidato yang mudah dihafalkan cukup krusial.

Khusus dalam pidato dengan tema Islami, pembukaan shalawat serta salam kerap menjadi pilihan.

Selain terasa lebih dekat dengan khalayak, biasanya pembukaan jenis ini lebih singkat sehingga bisa meminimalisir kesalahan.

Hal ini tentu saja berpengaruh pada struktur pidato sehingga tujuan yang akan disampaikan benar-benar mampu diserap oleh para pendengar.

Jika kamu membutuhkan pembukaan pidato shalawat serta salam yang singkat, kami sajikan ragam contohnya.

6 Contoh Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam

1. Pembukaan Pidato Islami

pembukaan pidato shalawat serta salam

sumber: manjakan.com

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Kepada yang terhormat, Kepala Sekolah SMP 23 Bandung beserta jajarannya, guru-guru sekalian, dan siswa-siswi yang saya cintai.

Puji dan syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah Swt. karena berkat rahmat, hidayah, dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul kembali di tempat yang berbahagia ini.

Tak lupa, shalawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw., agar kita mendapatkan syafaat di hari akhir.

2. Contoh Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam Semoga Tercurah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada yang terhormat Bapak RT, Bapak RW, dan Bapak lurah desa Sukamaju, juga kepada ibu-ibu dan segenap tamu undangan yang berbahagia.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt. yang telah memperkenankan kita untuk berkumpul bersama pada hari yang cerah ini.

Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita semua, nabi Muhammad saw..

3. Pembukaan Pidato Puji Syukur

pembukaan pidato shalawat serta salam

sumber: manajemenkeuangan.net

4. Pembukaan Pidato Shalawat serta Salam Bahasa Arab

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ ؛ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ أَرْسَلَهُ اللهُ رَحْـمَةً لِلْعَالَمِيْنَ ، وَعَلَى أَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ أُمَّهَاتِ الـمُؤْمِنِيْنَ ، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ الغُرِّ الـمَيَامِيْنِ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Artinya:

Segala puji dipanjatkan pada hadapan Allah Swt., hal yang baik hanya milik bagi orang yang bertakwa dan tidak ada permusuhan terjadi melainkan hanya untuk orang yang zalim.

Shalawat serta salam dipanjatkan untuk nabi sebagai utusan paling mulia, nabi dan kekasih kita Muhammad yang Allah utus menjadi rahmat bagi semesta alam.

Kepada istri-istrinya yang suci, ibu-ibu yang merupakan kaum mukminin, anggota keluarganya yang baik, sahabat-sahabatnya yang mulia dan diberkahi, dan kepada siapa saja yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari pembalasan.

5, Pembukaan Pidato Innalhamdalillah Nahmaduhu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillah, nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syururi anfusina wa min sayiaati a’maalina, man yahdlillahu falaa mudhilalah, wa man yudil lil falaa haa diyalah.

Asyhadu anlaa ilaaha illahaahu wah dahulaa syariikalahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu laa nabiyya ba’dahu. Amma ba’du.

Maha suci Allah, puja dan puji syukur kehadirat-Nya, dan tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Besar.

Shalawat serta salam mudah-mudahan selalu diberikan kepada Rasulullah saw., keluarga, sahabat, serta kita semua selaku umatnya.

6. Mukadimah Pembukaan Acara RT/RW

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatauh.

Kepada yang terhormat, Bapak Budi selaku ketua RW 02 dan Bapak Juned selaku ketua RT 01, serta seluruh tamu undangan yang berbahagia.

Sebelum memulai pidato dengan tema agama, marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat dan rezekinya kita semua masih diberi kesehatan dan bisa berkumpul di tempat ini.

Lalu, kita ucapkan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad saw. yang telah membimbing kita dan umatnya menuju kebaikan dan keluar dari zaman jahiliyah.

***

Itulah sederet contoh pembukaan pidato shalawat serta salam yang bisa kamu jadikan referensi, Property People.

Semoga bermanfaat, ya!

Kunjungi laman Rumah123.com dan www.99.co/id. jika ingin mencari rumah, apartemen, tanah atau properti lainnya.

Kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik seperti hunian di Bintaro Icon Tangerang Selatan.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel.Rumah123.com.


Tag: , ,