Tak perlu keluar rumah, kamu bisa mencoba cara cek tagihan BPJS secara online cukup menggunakan bantuan gadget kesayangan. 

Anti ribet dan pastinya lebih hemat waktu. 

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah!

1. Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan lewat Website 

Sumber: pexels.com

Metode pertama yang ditawarkan adalah dengan menggunakan bantuan website yang bisa diakses langsung lewat PC maupun smartphone

Pastikan jika koneksi internet di gadget yang kamu gunakan stabil sebelum membuka situs agar proses pengecekan bisa berjalan lancar. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan:  

- Buka browser Chrome, Safari, Mozilla Firefox, dan akses situs resmi di alamat https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ - Klik menu 'Cek Iuran BPJS Kesehatan' yang berada di sebelah kanan sidebar lama utama. - Nantinya kamu diharuskan mengisi sejumlah data yang dibutuhkan, mulai dari nomor kartu BPJS Kesehatan sebanyak 13 digit, mulai tanggal lahir, sehingga kode verifikasi atau captcha yang tertera pada gambar di situs tersebut. - Langkah terakhir adalah klik tombol 'Cek' dan detail jumlah tagihan BPJS Kesehatan milikmu akan ditampilkan pada layar pengguna. 

2. Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan lewat Aplikasi

Mirip dengan cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui website, metode berikutnya dihadirkan sebagai solusi agar tak repot-repot mengetik alamat situs sebelumnya. 

Kali ini kamu cukup memakai bantuan aplikasi yang sudah tersedia untuk kamu download secara gratis di platform Android lewat Google Play Store, atau iOS dengan Apple App Store. 

Supaya pencarian kamu lebih mudah, intip panduan singkat di bawah ini:

- Download aplikasi resmi 'Mobile JKN' melalui Play Store maupun App Store. - Jika proses instalasi aplikasi sudah berhasil, buka Mobile JKN lewat smartphone milikmu.  - Setelah aplikasi berhasil terbuka, lanjutnya dengan masuk ke akun Mobile JKN, dengan melengkapi data yang diminta di dalam formulir digital yang muncul di layar.  - Di halaman pertama, pilih menu 'Tagihan'.  - Untuk melanjutkan melihat jumlah tagihan BPJS, klik ‘Premi'. 

- Lewat menu ‘Premi’ tadi, informasi detail mengenai besaran tagihan yang wajib kamu lunas akan terpampang untuk dibayarkan guna menyelesaikan kewajiban pengguna. 

3. Cara Cek Tagihan BPJS lewat SMS

Buat kamu yang mungkin mengalami kesulitan untuk bisa mengakses situs resmi atau mengunduh aplikasi, jangan khawatir. 

Alternatif cara cek tagihan BPJS lainnya yang bisa kamu coba adalah menggunakan SMS gateway

Jika kamu ingin menggunakan metode ini, cukup dengan mengetik pesan memakai format Tagihan Nomor Kartu BPJS Kesehatan, kemudian tinggal dikirim ke nomor 087775500400.

Dengan menggunakan SMS Gateway ini, kamu bisa mendapatkan informasi terkait layanan BPJS secara lengkap, termasuk data kepesertaan secara detail. 

Pastikan kamu menyediakan nomor identitas pendukung, seperti nomor NIK pada KTP, nomor NOKA pada BPJS, sampai nomor induk pegawai (NIP). 

4. Cara Cek Tagihan BPJS lewat ATM

Sumber: pexels.com

Kalau kamu tidak mau dipusingkan dengan tahapan pengecekan yang rumit, langsung saja datangi ATM terdekat. 

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan lewat ATM sangat mudah dilakukan dan bisa sekaligus untuk membayar kewajiban yang dibebankan. 

Praktis dan mudah, begini langkah-langkahnya: 

- Masukkan kartu ATM ke dalam mesin dan tekan tombol PIN sebanyak 6 digit. - Klik menu 'Transaksi Lain', kemudian klik menu 'Pembayaran' dan lanjutkan pilih 'Lainnya'. - Pilih 'BPJS' dan klik menu 'BPJS Kesehatan' - Setelah itu, masukkan nomor peserta BPJS Kesehatan atau nomor virtual account yang diberikan saat melakukan registrasi akun. - Validasi dengan pilih menu 'Benar' dan lakukan konfirmasi pembayaran jika besaran iuran yang tertera pada mesin ATM benar dengan pilih menu 'Ya'.

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di The Boulevard Bogor!

Bagikan:
1884 kali