OK

Benarkah Nabi Muhammad Tidak Pernah Adzan? Ini Pendapat Ulama!

23/02/2022 by Nico Nadine

nabi muhammad

Diberi amanat sebagai rasul oleh Allah Swt., apakah Nabi Muhammad tidak pernah adzan sekalipun semasa hidupnya? Ternyata, Rasulullah memang tidak pernah azan karena Allah memerintahkannya demikian.

Sebagai rasul terakhir yang diutus Allah dengan membawa ajaran Islam, tentu tak sedikit orang yang pernah bertanya-tanya apakah Rasulullah pernah mengumandangkan azan atau tidak.

Terkait hal ini, ternyata ada beberapa pendapat berbeda. Menurut Asy-Syarqawi, Nabi Muhammad saw. pernah mengumandangkan azan sekali saat tengah safar atau berada dalam perjalanan.

Setelah itu, ia tidak lagi mengumandangkan azan karena menunjuk Bilal bin Rabah sebagai muazin.

Bilal dipilih langsung oleh Nabi Muhammad di Madinah sebagai muazin pertama dalam sejarah Islam untuk mengumandangkan panggilan azan dari Masjid Nabawi.

Di samping itu, beberapa ulama pun berpendapat Nabi Muhammad tidak pernah azan semasa hidupnya karena beberapa alasan…

Kenapa Nabi Muhammad Tidak Pernah Adzan?

gambar adzan

pwmu.com

Nabi Muhammad tidak pernah adzan karena hal tersebut merupakan perintah dari Allah Swt.

Ulama fiqih pun telah merumuskan hikmah-hikmah di balik alasan kenapa Rasulullah tidak pernah mengumandangkan azan selama mengemban amanat sebagai rasul.

Pertama, jika Rasulullah mengumandangkan azan, maka dikhawatirkan orang yang tidak menjawab seruannya akan termasuk ke dalam golongan orang seperti yang disebutkan di dalam ayat berikut:

فَلْيَحْذَرْ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasulullah takut akan ditimpa cobaan atau azab yang pedih.” (Q.S. Annur: 63)

Di dalam kitab “Mawahibul Jalil” oleh Imam al-Hithab, disebutkan bahwa azan ditinggalkan oleh Rasulullah karena jika ia mengatakan hayya alas shalah dan umat Islam tidak segera melaksanakan, maka mereka akan disiksa sesuai ayat tersebut.

Kedua, Rasulullah adalah penyeru dan ia tidak boleh bersaksi atas dirinya sendiri dengan mengucap kalimat asyhadu anna Muhammadan Rasulullah.

Ketiga, jika Rasulullah mengumandangkan azan dan ia mengucap ashyadu anna Muhammadan Rasulullah, maka akan muncul pemahaman bahwa akan ada nabi setelah dirinya.

Keempat, orang yang pertama kali mengetahui lafaz azan adalah Abdullah bin Zaid di dalam mimpinya. Dengan demikian, Rasulullah mewakilkan kepada selain dirinya untuk mengumandangkan azan.

Kelima, Rasulullah dan para khalifah setelahnya tidak berkesempatan untuk mengumandangkan azan salat karena sempitnya waktu di tengah urusan umat Islam.

***

Jangan lupa membaca artikel rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di rumah123.com dan www.99.co/id.

Dapatkan hunian terbaik, salah satunya di Srimaya Residence!