OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

23 Doa Mustajab agar Keinginan Dikabulkan Allah Swt. InsyaAllah Ijabah!

26 Januari 2024 · 14 min read Author: Maskah Alghofar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

doa mustajab

Kumpulan doa mustajab agar selalu ditolong Allah Swt. ini bisa membantu mengabulkan keinginan kamu. Simak dan amalkan kumpulan doa berikut ini.

Banyak orang percaya, bekerja keras merupakan cara paling ampuh untuk menggapai cita-cita.

Namun, dalam Islam ada amalan yang bisa kamu lakukan untuk mendorong agar hajat atau keinginan lebih cepat terkabul.

Salah satunya adalah dengan mengamalkan kumpulan doa mustajab.

Dalam Islam, doa mustajab adalah doa yang dianggap mampu mengabulkan keinginan.

Meskipun konsep ini tidak menjamin setiap doa pasti terkabul persis dengan apa yang kita minta.

Akan tetapi, doa yang dilakukan dengan ketulusan hati, iman yang kuat, dan sesuai dengan kehendak Allah Swt. memiliki peluang lebih besar untuk dikabulkan.

Selain itu, ada waktu doa mustajab yang juga bisa kamu ikuti untuk memperbesar peluang terkabulnya hajat.

Yuk, baca dan amalkan kumpulan doa-doa mustajab berikut ini.

Kumpulan Doa Mustajab agar Keinginan Terkabul 

doa-doa mustajab agar selalu ditolong Allah Swt

Sejumlah bacaan doa dikabulkan hajat ini akan membantu kamu mendapatkan keinginan.

Berikut kumpulan doa-doa mustajab agar selalu ditolong Allah Swt. dalam berbagi permasalahan hidup.

1. Doa Agar Keinginan Terkabul

Doa mustajab pertama yang bisa kamu amalkan adalah doa agar keinginan terkabul dengan berzikir.

Zikir menjadi salah satu cara mengamalkan doa agar keinginan terkabul.

Sebab, zikir merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Maka dari itu, zikir dengan mengingat Allah Swt. dapat membuka rezeki yang lebih luas lagi.

Zikir pembuka rezeki yang perlu kamu amalkan yakni membaca kalimat tauhid.

Bacaan zikir ini bisa menjadi doa mustajab segala hajat.

Berikut bacaan zikirnya:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِير

Laailaha Illallah wahdahu laa syarikalahu lahulmulku walahul khamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qadiir.

Artinya: Tidak ada ilah (yang berhak disembah) selain Allah Yang Maha Tunggal tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji dan Dia Maha Kuasa.

2. Doa Mustajab Penghasilan

Doa mustajab ini memohon kelimpahan rezeki dari Allah Swt. dari penghasilan.

Kamu bisa mengamalkan doa mustajab penghasilan dengan bacaan berikut:

رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Rabbanā anzil ‘alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā ‘īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam minka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn

Artinya: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama”

3. Doa Mustajab dalam Kesulitan Keuangan

Bersandar kepada Allah Swt. merupakan kewajiban yang harus dilakukan umat Islam.

Apalagi jika kamu sedang mengalami masalah kesulitan keuangan, penting untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan berdoa.

Berikut ini adalah doa minta rezeki tak terduga saat mengalami kesulitan ekonomi.

Doa mustajab dalam kesulitan keuangan ini dapat menjadi amalan sehari-hari.

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ حَسَابٍ، اللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma inni as’aluka rizqan waasi’an thayyiban min ghayri hisaab. Allahumma kfini bi-halaalika ‘an haraamik, wa aghnini bifadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu rezeki yang luas dan baik tanpa perhitungan. Ya Allah, cukupkan aku dengan rezeki-Mu yang halal dan jauhkan aku dari yang haram. Dan cukupilah aku dengan karunia-Mu dari kebutuhan yang lain selain Engkau.”

kumpulan doa-doa mustajab

Selain itu, Rasulullah mengajarkan umatnya untuk mengamalkan doa mustajab dan meminta Allah Swt. memudahkan segala urusannya.

Membaca doa mustajab sebaiknya kamu lakukan pada waktu yang tepat atau waktu doa mustajab.

Adapun doa nabi Muhammad ketika dalam kesulitan agar doa mustajab adalah seperti berikut ini :

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rohmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ashlih lii sya’nii kullahu laa ilaaha illa anta.

Artinya :

Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang aku harapkan, maka jangan biarkan aku mengikuti nafsuku sekejap mata pun. Perbaikilah keadaanku seluruhnya. Tiada Tuhan kecuali Engkau.” (HR Abu Daud)

4. Doa Mustajab Sholat Hajat

Doa setelah sholat hajat dapat kamu amalkan agar keinginannya cepat terkabul.

Sebab, sholat hajat adalah ibadah yang dilakukan ketika menginginkan sesuatu.

Berikut bacaan doa mustajab sholat hajat yang bisa kamu amalkan:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil ‘arsyil ‘azhim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. As’aluka mujibati rahmatik, wa ‘aza’ima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada’ li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Tuhan penguasa singgasana yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Aku mohon kepada-Mu segala hal yang bisa menghadirkan rahmat-Mu dan dorongan kuat untuk mendapatkan ampunan-Mu, luapan segala kebajikan, dan keselamatan dari setiap dosa. Jangan biarkan dosa menghampiriku kecuali Engkau mengampuninya, jangan biarkan kesedihan menghinggapiku kecuali Engkau memberikan jalan keluarnya, dan tiada suatu hajat yang Engkau ridhai kecuali Engkau memenuhinya, wahai Zat yang Maha Kasih di antara para pengasih.”

5. Doa Mustajab agar Suami Betah di Rumah

Bacaan doa mustajab agar suami betah di rumah ini bisa kamu amalkan selama tujuh hari berturut-turut.

Berikut bacaan doa agar suami betah di rumah :

Allaahumma innaka antal ’aziizul kabiir. Wa-a naa ‘abdukadz dzo’iifudz dzalii lulladzii. Laahaula walaa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhor lii fulaanan (ganti dengan nama suami), kamaa sakhkhorta fir’auna li muusaa, walayyana lii qolbuha kamaa layyantal hadiida lidaawuda. Fainnahu laa yanthiku illaa bi-idznika naa shiyatuhu fii qobdzotika waqolbuhu fii yadika jalla tsanaa u wajhika yaa arrhamarroo himiin.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Mulia lagi Maha Besar. Sedangkan aku hanyalah hamba-Mu yang sangat hina. Tiada upaya dan kekuatan, kecuali berasal dari-Mu. Ya Allah, tundukkanlah (ganti dengan nama suami) padaku, seperti saat Kau telah menundukkan Fir’aun untuk Musa AS.

“Dan luluhkan hatinya untukku, seperti saat Kau meluluhkan besi untuk Daud AS. Karena sesungguhnya dia tak akan bicara kecuali atas Izin-Mu, ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai Dzat Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.”

6. Doa Mustajab di Hari Jumat

Waktu doa mustajab di hari jumat yang hendaknya kita manfaatkan untuk banyak berdoa adalah ketika bada’ ashar atau setelah ashar.

Dalam Kitab Syuabul Iman dan Kitab Nurul Lum’ah terdapat bacaan doa yang bisa kamu baca selepas salat Ashar di hari Jumat.

Doa ini bisa kamu baca untuk mengharapkan keberkahan sekaligus memohon perlindungan Allah Swt.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ خَلَقْتَنِي ، وَأَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ أَمَتِكَ ، وَفِي قَبْضَتِكَ ، وَناصِيَتِي بِيَدِكَ ، أَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبُ إِلا أَنْتَ

Allahumma Anta Rabbi laa ilaaha illa Anta khalaqtani, wa ana abduka wabnu amatika wafi qabdhotika wa nasiyati bi yadika. Amsaitu ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’udzu bika min syarri ma shona’tu. Abu’u bi ni’matika wa abu’u bidzanbi faghfirly dzunubi. Innahu la yaghfirudz dzunuba illa Anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat,. Aku telah menyia-nyiakan nikmatmu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

7. Doa Mustajab Sebelum Tidur

Selain waktu ashar, kamu juga bisa mengamalkan doa mustajab sebelum tidur sesuai ajaran Rasulullah Saw.

Melansir dair NU Online, berikut ini doa dan amalan yang bisa kamu terapkan:

  • Membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas
  • Kemudian meniup kedua telapak tangan sebanyak 3 kali
  • Lalu usapkan di sekujur tubuh
  • Setelah mengusap, baca doa berikut:

سْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ أَرْفَعُهُ إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bismika rabbî wadla’tu janbî wa bika arfa’uhu. In amsakta nafsî farhamhâ. Wa in arsaltahâ fahfazhhâ bimâ tahfazhu bihî ‘ibâdakas shâlihin.

Artinya: Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang shalih.

5. Kemudian membaca Ayat Kursi, 2 ayat terakhir A-Baqarah dan istighfar 3 kali.

8. Doa Mustajab di Bulan Ramadhan

Waktu doa mustajab di bulan Ramadhan adalah saat sahur.

Sahur biasanya terjadi pada waktu sepertiga malam dan dinilai sebagai waktu yang baik serta disenangi Allah Swt.

Hal ini juga sesuai dengan hadis di mana Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesungguhnya, Allah membebaskan beberapa orang pada setiap hari dan malam (Ramadhan), setiap hamba di antara mereka ada doa yang dikabulkan’ (HR. Ahmad).

Pada waktu ini kamu bisa berdoa agar keinginan cepat terkabul.

9. Doa Mustajab dengan Surat Al-Fatihah

doa agar cepat dikabulkan hajatnya surat al-fatihah

sumber gambar doa agar cepat dikabulkan hajatnya: Rumah123.com

Doa mustajab lainnya yang selalu bisa kamu baca dan menjadi doa agar keinginan terkabul adalah Surat Al-Fatihah. 

Surat yang wajib kamu baca setiap shalat ini merupakan Ummul Kitab atau induk dari Alquran. 

Dalam ayat kelima Surat Al-Fatihah, berbunyi: “Iyyakana’budu wa iyyakansta’in.”

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Dari arti ayat di atas, sudah jelas bahwa Allah Swt. merupakan satu-satunya zat yang jadi tempat kita, untuk pertolongan, dan bantuan. 

Bukti Surat Al-Fatihah sebagai doa hajat terkabul juga dapat tercantum dalam sebuah hadis. 

Nabi Muhammad saw. bersabda: 

Allah berfirman dalam hadist Qudsi: “Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca (Alhamdulillahirabbil’alamin) Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,” dan jika membaca (Araahman arrahiim) Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,” dan jika membaca (Maalikiyaumiddiin) Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku, dan jika membaca (Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin), Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,” dan jika membaca (Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin), Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

10. Doa Mustajab dengan Surat Al-Ikhlas

surat al-ikhlas doa hajat terkabul

Walaupun hanya memiliki empat penggalan ayat, nyatanya Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu doa mustajab dan doa agar hajat terkabul. 

Dalam sebuah hadis mengisahkan: 

“Sesungguhnya Rasulullah saw. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” kemudian Rasulullah Saw. bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseur dengannya, (pasti akan) mengabulkanya.” (HR. Abu Daud)

11. Doa Mustajab Nabi Muhammad Saw.

doa agar cepat dikabulkan

Nabi Muhammad saw. telah mengajarkan berbagai doa yang bisa kamu amalkan  dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti doa pernikahan dan meminta anak, sampai bacaan doa untuk meminta diturunkan hujan. 

Termasuk saat kamu memiliki keinginan yang sudah sangat ingin untuk segera terwujud, lakukanlah salat hajat, serta berdoa dengan sepenuh hati. 

Kamu bisa melakukan doa memohon keajaiban dari Allah Swt atau doa mustajab. terkait masalah dunia dengan hati yang sungguh-sungguh.

12. Doa Mustajab Segala Hajat dengan Surat Al Baqarah

doa mustajab surat al baqarah ayat 285-286

Selepas melakukan salat hajat, lanjutkan dengan membaca Surat Al-Baqarah, sebelum mengucapkan permintaan kepada Sang Khalik. 

Membaca surat Alquran ini ibarat membaca doa agar dikabulkan semua hajat kamu.

Bahkan, ada doa mustajab nabi Muhammad sebagaimana riwayat dari Abu Mas’ud Al Badri Ra. bahawasanya Nabi Muhammad saw. bersabda:

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim).

13. Doa Mustajab Agar Cepat Dikabulkan Hajatnya Ayat Kursi

doa mustajab ayat kursi

Ayat kursi adalah ayat ke-255 dalam surat Al-Baqarah yang menjelaskan tentang kemartabatan Allah Swt.

Di samping itu, ayat ini juga mencakup nama Allah Swt. yang paling agung, yakni Al-Hayyu dan Al-Qayyum.

Bagi umat Islam, sangat disarankan untuk membaca ayat ini saat menginginkan suatu hal atau doa mustajab.

14. Doa Mustajab Membakar dan Mengusir Jin

Malaikat Jibril mengajarkan beberapa kalimat kepada Rasulullah Saw. untuk membakar jin Ifrit.

Berikut ini adalah doa yang dari malaikat Jibril yang diajark kepada Rasulullah untuk mengusir jin yang paling ampuh tersebut.

أَعُوذُ بِوَجْهِ اللَّهِ الْكَرِيمِ، وَبِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ الَّتِي لَا يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلَا فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا. وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَأَ فِي الْأَرْضِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا، وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَمِنْ شَرِّ طَوَارِقِ اللَّيْلِ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ إِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَنُ.

A‘udzu bi wajhillahil kariim wa bi kalimatillahit tammati lati la yujawizuhunna barrun wala faajirun min syarri maa yanzilu minas sama’i, wa min syarri ma ya‘ruju fiha, wa min syarri ma dzara’a fil ardhi, wa min syarri ma yakhruju minha, wa min fitanil laili wan nahari, wa min thoriqil laili wannahari, illa thariqan yanthiqu bi khairin, ya rahman.

Artinya: “Aku berlindung dengan wajah Allah Yang Maha Mulia dan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna yang tidak ada orang yang baik dan tidak pula orang yang durhaka dapat melampauinya, dari kejahatan apa saja yang turun dari langit dan dari kejahatan apa saja yang naik ke langit; dari kejahatan apa saja yang masuk ke dalam bumi dan dari kejahatan apa saja yang keluar dari bumi; dari fitnah-fitnah di waktu malam hari dan di waktu siang hari; dari bencana-bencana dari malam hari dan siang hari, kecuali bencana yang datang dengan kebaikan, wahai Dzat yang maha penyayang.”

15. Doa Mohon Kebaikan Dunia Akhirat

Doa mustajab dunia akhirat ini akan menyelamatkan pembacanya dari api neraka.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atinaa fiiddunyaa hasanah wa fil akhirati hasanah, waqinaa adzaabannaar.

Artinya: “Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah: 201).

16. Doa Mustajab Mohon Perlindungan

Doa mustajab ini berharap perlindungan Allah Swt. yang Maha Mengetahui.

رَبِّ إِنِّىٓ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِى بِهِۦ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِى وَتَرْحَمْنِىٓ أَكُن مِّنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Rabba inna a’ụżu bika an as`alaka mā laisa lī bihī ‘ilm, wa illā taghfir lī wa tar-ḥamnī akum minal-khāsirīn

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi”

17. Doa Diberikan Kelapangan Hati dan Permudah Urusan

Doa mustajab ini meminta agar Allah Swt. memudahkan segala urusannya.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: “Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

18. Doa Mustajab Nabi Adam Alaihis Salam

Doa mustajab dari Nabi Adam ini memohon pengampunan dari Allah Swt.

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Rabbanā ẓalamnā anfusanā wa illam tagfir lanā wa tarḥamnā lanakūnanna minal-khāsirīn(a).

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” (QS Al-A’raf: 23)

19. Doa Mustajab Nabi Ibrahim Alaihis Salam

Doa mustajab dari Nabi Ibrahim ini memohon agar Allah Swt. selalu menjaganya.

رَبَّنَآ اِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نُخْفِيْ وَمَا نُعْلِنُۗ وَمَا يَخْفٰى عَلَى اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ

Latin: Rabbanā innaka ta’lamu mā nukhfī wa mā nu’lin(u), wa mā yakhfā ‘alallāhi min syai’in fil-arḍi wa lā fis-samā'(i).

Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami tampakkan. Tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit.” (QS Ibrahim: 38)

20. Doa Mustajab Nabi Yusuf Alaihis Salam

Doa mustajab Nabi Yunus ini meminta perlindungan Allah Swt.

رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ

Latin: Rabbi qad ātaitanī minal-mulki wa ‘allamtanī min ta’wīlil-aḥādīṡ(i), fāṭiras-samāwāti wal-arḍ(i), anta waliyyī fid-dun-yā wal-ākhirah(ti), tawaffanī muslimaw wa alḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn(a).

Artinya: “Tuhanku, sungguh Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam ke

21. Doa Mustajab Nabi Luth Alaihis Salam

Kumpulan doa- doa mustajab dari Nabi Luth ini adalah memohon keselamatan kepada Allah Swt.

رَبِّ نَجِّنِيْ وَاَهْلِيْ مِمَّا يَعْمَلُوْنَ

Latin: Rabbi najjinī wa ahlī mimmā ya’malūn(a).

Artinya: “Wahai Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari apa yang mereka perbuat.” (QS Asy-Syuara: 169)

22. Doa Mustajab Ketika Tertimpa Musibah

Doa Mustajab Ketika Tertimpa Musibah

Doa Mustajab Ketika Tertimpa Musibah

23. Doa Mustajab Mendapat Kekayaan

Doa Mustajab Mendapat Kekayaan

Doa Mustajab Mendapat Kekayaan

FAQ Doa Mustajab Segala Hajat

Doa apa yang paling mustajab?

Ada sejumlah amalan dan kumpulan doa-doa mustajab agar keinginan cepat terkabul, di antaranya:

  • Membaca Surat Al Fatihah.
  • Surat Al Ikhlas.
  • Surat Al Baqarah
  • Berdzikir atau membaca wirid agar doa cepat dikabulkan.
  • Perbanyak Istighfar
  • Membaca ayat Kursi
  • Membaca dan amalkan Asmaul Husna
  • Membaca Shalawat Nabi

Kapan waktu doa mustajab dikabulkan?

Melansir dari berbagai sumber, ada waktu doa mustajab atau waktu khusus agar doa lebih cepat terkabul.

Misalnya, saat sedang sujud dalam salat lima waktu atau salat sunah kamu bisa membaca doa mustajab.

Selain itu, sujud di sepertiga malam, di hari Jumat, dan di waktu doa mustajab atau waktu mulia seperti bulan Ramadan dan hari Arafah lebih cepat mengabulkan doa atau waktu doa mustajab.

Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad doa apa?

Kumpulan doa-Dda mustajab yang banyak dibaca orang ternyata adalah sebuah lantunan sholawat.

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammadin Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad merupakan bacaan sholawat pendek untuk Rasulullah saw.

***

Itu kumpulan doa mustajab segala hajat yang bisa kamu amalkan.

Temukan artikel menarik seputar properti dan gaya hidup di Google News atau artikel.rumah123.com

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.

Punya pertanyaan seputar rumah atau hunian lainnya? Yuk, ngobrolin properti di Teras123!

Referensi:

Watiniyah, Puspa. Kitab Munajatun Nisa Doa Mustajab. Jakarta: Puspa Swara, 2020.

Tim Zahra. Zikir 1001 Asmaul Husna: Zikir Terbaik dan Mustajab Bagi Kehidupan Dunia dan Akhirat. Jakarta: Zahra Publishing House, 2006.


Tag: , , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya