OK

7 Doa Mustajab agar Keinginan Dikabulkan Allah Swt. Wajib Dibaca Setiap Hari!

30 Desember 2022 · 7 min read · by Maskah Alghofar

doa mustajab

Berbagai kumpulan doa mustajab bisa kamu baca, agar berbagai keinginanmu dapat segera diterima dan dijadikan kenyataan. Belum tahu bacannya? Baca sampai habis artikel ini, ya!

Saat menginginkan suatu hal, kita sebagai manusia sudah seharusnya bekerja kerja untuk menggapainya.

Meski begitu, jangan juga lupa untuk berdoa.

Dengan berdoa sepenuh hati, Allah Swt. bakal mendengar dan mewujudkan apa yang kamu impikan.

Yuk, baca dan hafalkan kumpulan doa-doa mustajab yang kami rangkum di bawah ini!

Kumpulan Doa Doa Mustajab agar Keinginan Tercapai 

1. Surat Al-Fatihah

surat al-fatihah

Doa mustajab pertama yang selalu bisa kamu baca dan menjadi doa agar keinginan terkabul adalah Surat Al-Fatihah. 

Surat yang wajib kamu baca setiap shalat ini merupakan Ummul Kitab atau induk dari Al-Qur’an. 

Dalam ayat kelima Surat Al-Fatihah, berbunyi: “Iyyakana’budu wa iyyakansta’in.”

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Dari arti ayat di atas, sudah jelas bahwa Allah Swt. merupakan satu-satunya zat yang jadi tempat kita, untuk pertolongan, dan bantuan. 

Bukti Surat Al-Fatihah sebagai doa hajat terkabul juga dapat tercantum dalam sebuah hadis. 

Nabi Muhammad saw bersabda: 

Allah berfirman dalam hadist Qudsi: “Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca (Alhamdulillahirabbil’alamin) Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,” dan jika membaca (Araahman arrahiim) Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,” dan jika membaca (Maalikiyaumiddiin) Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku, dan jika membaca (Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin), Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,” dan jika membaca (Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin), Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

2. Surat Al-Ikhlas

surat al-ikhlas

Walaupun hanya memiliki empat penggalan ayat, nyatanya Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu doa mustajab dan doa agar hajat terkabul. 

Dalam sebuah hadis mengisahkan: 

“Sesungguhnya Rasulullah saw. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” kemudian Rasulullah Saw. bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseur dengannya, (pasti akan) mengabulkanya.” (HR. Abu Daud)

3. Doa Mustajab Hajat

doa mustajab hajat

Nabi Muhammad saw. telah mengajarkan berbagai doa yang bisa kamu amalkan  dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti doa pernikahan dan meminta anak, sampai bacaan doa untuk meminta diturunkan hujan. 

Termasuk saat kamu memiliki keinginan yang sudah sangat ingin untuk segera terwujud, lakukanlah salat hajat, serta berdoa dengan sepenuh hati. 

Kamu bisa melakukan doa memohon keajaiban dari Allah Swt. terkait masalah dunia dengan hati yang sungguh-sungguh.

Ini dia doa hajat yang bisa kamu baca:

Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

4. Surat Al Baqarah: 285-286

doa mustajab surat al baqarah ayat 285-286

Selepas melakukan salat hajat, lanjutkan dengan membaca Surat Al-Baqarah, sebelum mengucapkan permintaan kepada Sang Khalik. 

Membaca surat Al-Qur’an ini ibarat membaca doa agar dikabulkan semua hajat kamu.

Bahkan, ada doa mustajab nabi Muhammad sebagaimana riwayat dari Abu Mas’ud Al Badri Ra. bahawasanya Nabi Muhammad saw. bersabda:

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim).

Berikut bacaan doanya.

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

āmanar-rasụlu bimā unzila ilaihi mir rabbihī wal-mu`minụn, kullun āmana billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulih, lā nufarriqu baina aḥadim mir rusulih, wa qālụ sami’nā wa aṭa’nā gufrānaka rabbanā wa ilaikal-maṣīr

lā yukallifullāhu nafsan illā wus’ahā, lahā mā kasabat wa ‘alaihā maktasabat, rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil ‘alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ ‘alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa’fu ‘annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: “Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali,”

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

5. Ayat Kursi

doa mustajab ayat kursi

Ayat kursi adalah ayat ke-255 dalam surat Al-Baqarah yang menjelaskan tentang kemartabatan Allah Swt.

Di samping itu, ayat ini juga mencakup nama Allah Swt. yang paling agung, yakni Al-Hayyu dan Al-Qayyum.

Bagi umat Islam, sangat disarankan untuk membaca ayat ini saat menginginkan suatu hal.

Inilah bacaan doanya.

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ  لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

Allahu laa ilaaha illaa huw al-hayyul qayyuum. Laa ta’ khuzuhu sinatuw wa laa na’um, lahuu maa fisamaawaati wa maa fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahuu illaa bi iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiituna bisyai im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal-ard, wa laa ya ‘uduhu hifzuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘aziim

Arti doanya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Q.S. Al-Baqarah ayat 255)

6. Selawat Nabi

Membaca selawat Nabi Muhammad saw. dapat membuat doamu terkabul.

Pasalnya, selawat ini adalah suatu penghormatan untuk Rasulullah.

Umar bin Khattab Ra. berkata:

“Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad Saw.” (HR. Tirmidzi)

7. Surat Yasin

Doa mustajab lainnya adalah surat Yasin.

Jantung dari Al-Qur’an ini mempunyai banyak keistimewaan.

Salah satunya adalah diampuni dosa-dosa terdahulu.

Dengan diri yang lebih bersih, doa yang kita panjatkan bisa cepat dikabulkan.

Nabi Muhammad saw. bersabda:

“Barang siapa yang membaca surat yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR. Abasy Syaikhi dari Abi Hurairah Ra.)

***

Itu kumpulan doa mustajab yang bisa kamu hafalkan.

Temukan artikel menarik seputar properti dan gaya hidup di Google News rumah123.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena kami akan selalu #AdaBuatKamu.

Butuh rekomendasi rumah terbaik di laman rumah123?

Cek saja Kota Baru Parahyangan di Padalarang, Bandung.


Tag: , , ,


Maskah Alghofar
Maskah Alghofar

Penulis Rumah123.com. Lulusan Penerbitan yang pernah menjadi wartawan hukum dan senang menulis kesehatan, gaya hidup, dan properti.