Layaknya ibadah lainnya, ada berbagai doa pernikahan yang bisa dibaca untuk memohon kebaikan dan rezeki untuk mempelai baru. 

doa pernikahan

Ini dia berbagai doa pernikahan Islam yang bisa diamalkan. 

Doa Pernikahan Sesuai Sunnah Rasul 

Pada zaman dahulu, terdapat beberapa doa pernikahan yang baik untuk dibacakan kepada para pengantin baru, namun oleh Rasulullah tidak dianjurkan. 

Sebab yang diminta dalam bacaan tersebut lebih bijak diganti dengan sesuatu yang sesuai dengan ajaran Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam seperti yang dikutip lewat situs resmi NU: 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Baca Juga: 8 Doa Mendatangkan Rezeki Tak Terduga | Bisa Diamalkan Setiap Hari!

Doa Pernikahan untuk Mempelai Pria 

Buat kamu yang sempat hadir ke acara kondangan sahabat atau sanak saudara, pasti selalu memberikan ucapan pernikahan yang menyentuh hati. 

Tidak ada salahnya untuk sekaligus menghadiahkan pada mempelai pria bacaan doa yang mampu membawa harapan baik baginya di kehidupan mendatang.  

Kamu dapat membacakan doa pernikahan ini ketika berhadapan atau bersalaman dengan mempelai pria di akhir acara: 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.

Artinya: “Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah.”

Baca Juga: Syarat dan Cara Mengurus Surat Nikah Terbaru 2020

Doa Pernikahan Islam Supaya Diberikan Berkah Melimpah 

Selain itu ada doa-doa lain yang dianjurkan untuk diucapkan setelah menyantap makanan dalam menghadiri penikahan, doa pernikahan tersebut adalah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad).

Allah SWT juga pernah berfirman dalam Al Quran surah An Nur ayat 32:

وَ اَنۡکِحُوا الۡاَیَامٰی مِنۡکُمۡ وَ الصّٰلِحِیۡنَ مِنۡ عِبَادِکُمۡ وَ اِمَآئِکُمۡ ؕ اِنۡ یَّکُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ یُغۡنِہِمُ اللّٰہُ مِنۡ فَضۡلِہٖ ؕ وَ اللّٰہُ وَاسِعٌ عَلِیۡمٌ

Artinya: “Dan, kawinkanlah orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Pengetahui.” (QS. An-Nuur ayat 32)

Di dalam riwayat lain, Imam Muslim meriwayatkan dengan lafadz doa pernikahan: 

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka” (HR. Muslim).

Atau bisa juga dengan lafadz: 

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Artinya: “Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku”

Bisa juga dengan lafadz doa pernikahan,

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya: “Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendo’akan kalian.”

Itu dia tadi beberapa doa pernikahan Islam yang bisa dibacakan untuk memohon kebahagiaan serta cepat diberikan keturunan. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di Sedayu City!

Bagikan:
1781 kali