cobe-vilhelm-lauritzen-architects-1 Apartemen Berdesain Gudang yang Didesain oleh COBE & Vilhelm Lauritzen Architects (Rumah123/Dezeen)

Apartemen dengan nama Kroyers Plads ini memang unik lantaran berdesain mirip gudang-gudang tua di pelabuhan ibu kota Denmark, Copenhagen.

Sekilas, desain kompleks yang berisi tiga apartemen ini memang serupa dengan gudang yang sudah berusia 300 tahun.

Baca juga: Membersihkan Rumah Jadi Family Time? Bisa Aja Kok!

Fasadnya yang berupa batu bata ekspos menjadikannya serupa. Hanya saja atap apartemen yang miring dan asimetris memang menjadikannya sedikit berbeda dengan gudang di sekitarnya.

Ternyata, biro arsitek Denmark, COBE dan Vilhelm Lauritzen Architects yang mendesain tiga apartemen dengan inspirasi gudang tua.

Baca juga: Ayo, Desain Interior Rumah Sesuai dengan Karakter Kamu

COBE dan Vilhelm Lauritzen Architects mengintepretasikan lagi desain gudang tua ini dalam rancangan apartemen Kroyers Plads.

Kroyers Plads ini terdiri dari tiga bangunan apartemen. Tiap apartemen terdiri dari lima lantai. Unit apartemen memiliki luas bervariasi mulai dari 79 meter persegi hingga 250 meter persegi. Unit terluas berada di lantai lima.

Baca juga: Rumah Bernuansa Alami di Kota Metropolitan, Siapa yang Ga Mau?

Kompleks apartemen ini juga memiliki fasilitas yang sama untuk setiap bangunan yaitu restoran, toko, dan juga supermarket.

Kroyers Plads juga menjadi kompleks apartemen pertama yang meraih status Nordic Ecolabel. Bangunan yang meraih penghargaan ini harus efisien dalam soal energi 25 persen lebih tinggi dari yang disyaratkan secara hukum.

Baca juga: Wuih, Wanginya Museum Parfum di Prancis

Nordic Ecolabel adalah status ramah lingkungan yang diberikan oleh negara-negara Nordic atau Eropa bagian Utara seperti Denmark, Norwegia, Finlandia, Swedia, dan Islandia.

Nordic Ecolabel ini telah mencakup 67 kelompok produk mulai dari sabun tangan, furnitur, hingga hotel.

Baca juga: Toilet dari Material Ramah Lingkungan? Wah Kekinian Banget Ya!

Untuk mendapatkan status ini, sebuah produk harus menjalani serangkaian uji coba oleh laboratorium independen. Ada pengujian berkala untuk mengetes produk.

Label ini juga hanya berlaku selama tiga tahun. Setelah itu, kriteria bisa saja direvisi dan produk atau perusahaan harus mengajukan lagi kalau ingin mendapatkan status Nordic Ecolabel.

Bagikan: 904 kali