Tanaman obat tradisional dan alami kerap dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kunyit, salah satu tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan - Rumah123.com Kunyit, salah satu tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan - Rumah123.com

Selain memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan obat dokter, tanaman obat juga bermanfaat untuk banyak hal, seperti untuk tanaman hias, bumbu dapur, bahkan alat mengusir tikus.

Bagi kamu yang punya sisa lahan di halaman rumah, nggak ada salahnya memanfaatkan lahan tersebut untuk budidaya tanaman obat. Tenang, proses menanam dan perawatannya dijamin gampang kok. Nah, berikut daftar tanaman yang bisa kamu budidayakan sendiri dengan mudah di rumah:

Lidah buaya, tanaman obat yang berbentuk unik namun penuh manfaat

Lantaran cepat tumbuh dan mudah merawatnya, lidah buaya banyak terdapat di pekarangan rumah. Terdapat segudang manfaat yang bisa diberikan dari tanaman ini. Mulai dari memperbaiki sistem pencernaan, menghilangkan rasa sakit pada luka luar, hingga menghilangkan jerawat. Bentuknya pun unik dan cantik sehingga bisa sekaligus berfungsi sebagai tanaman hias.

Daun sirih, yang populer sejak zaman nenek moyang

Pastinya kamu nggak asing lagi kan melihat wanita tua menggigit daun sirih? Tanaman daun sirih, memang terkenal sejak zaman dahulu untuk menjaga kesehatan mulut. Bukan cuma itu, daun sirih juga bermanfaat untuk menghentikan mimisan, menghilangkan bau badan, hingga mempercepat penyembuhan luka bakar.

Jahe, tanaman obat yang jadi andalan untuk dikonsumsi saat musim hujan

Jahe kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional. Nggak heran, memang banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman obat jahe. Seperti menyembuhkan batuk, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi masuk angin dan sakit kepala, hingga mengobati luka memar. Eits, tapi ingat ya, mengonsumsi jahe berlebihan juga tak baik. Siapapun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jahe lebih dari 4 gram per hari.

Kunyit, obat untuk pencernaan

Kandungan zat kurkumin pada kunyit berkhasiat untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, gejala penyakit kulit, mengatasi penyakit hati, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, hingga mencegah kanker usus besar. Sama seperti jahe, kunyit juga nggak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak karena bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Kencur, bisa meningkatkan nafsu makan

Kencur yang masih satu keluarga dengan jahe dikenal sebagai obat batuk berdahak, diare, demam, hingga sakit gigi. Kencur juga bisa meningkatkan nafsu makan. Tanaman obat satu ini cocok banget nih dimiliki kamu yang punya anak sulit makan.

Lengkuas, bumbu dapur sekaligus obat

Meskipun terkenal sebagai bahan dasar bumbu dapur, lengkuas juga mampu mengobati beragam penyakit. Kandungan analgesik dalam lengkuas mampu membantu mengurangi demam. Lengkuas juga bisa mengobati panu dan batuk.

Daun kemangi, lalapan khas Sunda yang punya segudang manfaat kesehatan

Kamu yang hobi makan lalapan pastinya tahu daun kemangi. Selain memberi rasa segar pada makanan, daun kemangi juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperbaiki fungsi hati, mencegah bau badan, menurunkan kadar gula darah, memperlancar ASI dan menghilangkan jerawat.

Jadi, tanaman obat keluarga mana yang mau ditanam di pekaranganmu?

Itu dia 7 jenis tanaman obat keluarga yang penuh manfaat dan mudah untuk ditanam sendiri di rumah. Pilih yang menurutmu paling bermanfaat ya!

Bagikan: 6716 kali