OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Trik Berburu Rumah Murah di Pameran Properti

21 Nopember 2023 · 3 min read Author: Kartika Ratnasari

Ada sejumlah trik yang harus dilakukan untuk berburu rumah di pameran properti - Rumah123.com

Ada sejumlah trik yang harus dilakukan untuk berburu rumah di pameran properti (Rumah123.com/Getty Images)

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan rumah lebih murah dari harga pasaran. Salah satunya adalah dengan mengunjungi pameran properti.

Bukan rahasia lagi kalau kamu bisa menemukan banyak promo menarik di pameran properti yang tak ditawarkan pengembang, loh. 

Salah satu pameran properti yang bisa kamu kunjungi dalam waktu dekat ialah Property Pop Up by Rumah123 yang diselenggarakan di Pondok Indah Mall, tepatnya di North Skywalk Lantai 2, pada 21 – 26 November 2023.

Ada banyak pengembang perumahan dengan proyek-proyek terbaiknya yang bisa dijadikan pilihan.

Pastinya, promo dan diskon yang ditawarkan pun menarik. Jangan sampai melewatkannya, ya!

Sebelum menungjungi pameran Property Pop Up by Rumah123, ada sejumlah trik yang harus dilakukan untuk berburu rumah di event ini.

Apa saja trik tersebut? Yuk simak 5 trik rahasianya dalam artikel ini!

Tentukan dulu lokasi incaran

Dalam pameran properti berskala besar, akan ada banyak developer yang menawarkan properti di berbagai lokasi. Sebelum mendatangi pameran, pastikan kamu sudah memiliki lokasi incaran. Karena kalau tak begitu, bisa-bisa kamu terdistraksi dan malah pergi ke booth yang sebenarnya tak sesuai keinginanmu. Akhirnya waktu dan energi pun terbuang. Sedangkan jika kamu sudah memutuskan lokasi mana saja yang diincar, kamu bisa fokus mencari penawaran terbaik dari lokasi yang sudah kamu incar. 

Kenali kemampuan finansial

Setelah menentukan lokasi, kenali juga kemampuan finansialmu. Supaya perburuan rumah berjalan dengan efektif, tentukan anggaran yang akan dikeluarkan untuk membeli rumah. Kalau bisa, kamu juga sudah tahu tipe rumah apa yang akan dipilih. Dengan begitu, ketika developer menawarkan rumah dengan harga di atas bujet, kamu bisa langsung beralih dan mencari penawaran lain yang sesuai dengan preferensimu.

Tentukan cara pembelian

Sama seperti membeli rumah dengan cara biasa, membeli rumah melalui pameran properti pun juga ada banyak pilihan pembayarannya. Beberapa di antaranya seperti membeli secara tunai atau dengan fasilitas KPR. Jika kamu memilih KPR, biasanya developer akan memberikan opsi DP rendah. Sebaiknya kamu perhitungkan dulu matang-matang cicilan yang harus dibayarkan per bulannya. Apabila kamu memilih DP rendah, otomatis cicilan bulanan pun akan lebih besar ketimbang kamu memberikan DP besar. Untuk itu, sekali lagi jangan mudah tergiur dan sesuaikan dengan kondisi keuanganmu.

Bawa berkas pengajuan KPR

Khusus untuk kamu yang sudah yakin untuk membeli rumah lewat KPR, sebaiknya persiapkan berbagai berkas kelengkapan pengajuan KPR. Sebab, gak menutup kemungkinan developer memberikan promo berupa cashback, diskon, bunga murah, hingga bonus mobil, jika kamu bertransaksi saat itu juga. Jadi, gak ada ruginya kan bersiap-siap?

Siapkan dana untuk booking fee

Ada berbagai potongan harga dan penawaran menarik lainnya di pameran properti. Nah, ketika kamu sudah menemukan rumah yang cocok, sebaiknya segera berikan booking fee untuk “mengunci” rumah tersebut. Sebab kalau kamu tak buru-buru, bisa-bisa rumah yang diincar keduluan dibeli oleh orang lain. Maka dari itu, jangan lupa siapkan dana untuk booking fee. Biasanya biaya booking fee mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta. Siapa tahu kamu dapat jodoh rumahmu di acara pameran properti?


Tag: ,


Kartika Ratnasari

Content Editor

Kartika Ratnasari adalah seorang Content Editor untuk Berita 99 dan Artikel Rumah123. Ia telah berkecimpung di dunia penulisan sejak tahun 2016. Lulusan Komunikasi UI ini sering menulis di bidang properti, keuangan, dan lifestyle.
Selengkapnya