Berkunjung ke pameran properti atau survei langsung ke lokasi, adalah dua cara yang banyak dipilih untuk menemukan hunian impian. Mana ya kira-kira yang paling efektif?

Orang-orang sedang mencari hunian melalui pameran properti - Rumah123.com Orang-orang sedang mencari hunian melalui pameran properti (Rumah123.com/Getty Images)

Mencari hunian memang bukan hal yang gampang. Semua hal harus dipertimbangkan dengan matang agar kamu tak menyesal ketika sudah menempatinya. Apalagi rumah atau apartemen harganya tak murah. Tapi kamu tak perlu khawatir, ada banyak cara kok yang bisa ditempuh untuk mendapatkan properti yang tepat untukmu. Mulai dari cara yang paling mudah seperti mencarinya lewat internet, survei langsung ke lokasi, atau mendatangi pameran properti. 

Berburu hunian lewat situs properti seperti Rumah123.com mungkin bisa kamu lakukan kapan saja dan membutuhkan usaha yang tak seberapa. Tapi bagaimana dengan survei lokasi atau mengunjungi pameran properti? Keduanya sama-sama membutuhkan effort Paling tidak kamu harus keluar tenaga, waktu, dan tentu saja uang untuk ongkos transportasi. Jika dibandingkan, mana kira-kira yang lebih worth it? Yuk, mari kita lihat perbandingan keduanya secara detail!

Berburu rumah dengan cara survei langsung

Survei langsung ke lokasi juga banyak dipilih oleh mereka yang sedang bebruru hunian - Rumah123.com Survei langsung ke lokasi juga banyak dipilih oleh mereka yang sedang bebruru hunian (Rumah123.com/Getty Images)

Kelebihan:

Bisa melihat suasana lingkungan rumah/apartemen secara langsung

Masih ada sejumlah orang yang lebih menyukai untuk melihat dan menyentuh langsung barang yang hendak mereka beli. Jika kamu adalah salah satunya, artinya kamu akan lebih cocok jika survei langsung ke lokasi sebelum membeli hunian. Dengan begitu, kamu bisa melihat langsung bentuk hunian yang akan ditempati sekaligus membayangkan dan memproyeksikan kehidupanmu kelak di sana. 

Bisa mengobrol langsung dengan pemilik atau developer 

Ketika kamu langsung mengunjungi hunian incaran, maka kamu bisa langsung berbincang dengan pemilik atau pengembang properti tersebut. Dengan begitu, informasi yang didapatkan seputar hunian akan lebih rinci karena kemungkinan orang yang datang ke sana tak akan sebanyak orang yang menghadiri pameran properti. 

Bisa menilai langsung kondisi fisik hunian, sehingga minim risiko tertipu

Hasil foto memang kadang suka menipu. Tak heran, banyak yang kecewa ketika kondisi fisik hunian incaran tak sesuai ekspektasi awal. Jika kamu survei langsung ke lokasi, tentu kamu akan melihat kondisi bangunan dengan mata kepalamu sendiri sehingga risiko tertipu pun semakin minim.

Baca juga: Kurangi Ngopi, Milenial Bisa Beli Rumah dalam 2 Tahun. Ini Perhitungannya!

Kekurangan:

Memakan waktu, tenaga, dan uang

Mendatangi lokasi hunian satu per satu tentu akan makan waktu banyak. Syukur-syukur jika ada beberapa hunian incaran sekaligus di wilayah yang berdekatan. Tapi kalau tidak, mau tak mau kamu membutuhkan waktu yang tak sedikit untuk berpindah lokasi. Tenaga dan biaya yang keluar juga bisa jadi tak sedikit jika kamu mengelilingi banyak lokasi dalam satu waktu.

Harus menunggu penjual berada di lokasi

Kamu tentu harus menunggu pemilik atau pengembang berada di lokasi dulu sebelum mendatanginya. Tentu hal ini cukup merepotkan karena kamu harus menghubungi dan membuat janji, dan tak bisa membuat rencana dadakan. 

Baca juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Memang Sudah Siap Beli Rumah

Berburu rumah dengan mendatangi pameran properti

Berburu rumah di pameran properti bisa mendapatkan banyak penawaran menarik - Rumah123.com Berburu rumah di pameran properti bisa mendapatkan banyak penawaran menarik (Rumah123.com/Getty Images)

Kelebihan:

Efektif waktu, tenaga, dan uang

Pameran properti terdiri dari berbagai developer rumah dan apartemen yang berkumpul di satu tempat. Kamu sebagai pengunjung bisa melihat satu per satu developer dari berbagai nama dan menemukan hunian idaman. Daripada harus mengunjungi langsung ke lokasi, cara ini tentu jauh lebih efektif secara waktu, tenaga, dan uang.

Lebih mudah membandingkan antara satu produk dengan produk lainnya

Lantaran ada berbagai developer sekaligus, kamu bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing penawaran yang diberikan oleh mereka. Tak ada lagi deh lupa-lupa ingat dengan plus minus tiap developer karena jarak waktu kunjung developer satu dan lainnya berbanding jauh. 

Banyak penawaran menarik yang bikin lebih hemat

Ini dia nilai plus paling menarik dari pameran properti. Tiap developer yang berpartisipasi di pameran tersebut biasanya memberikan penawaran khusus untuk pengunjung yang melakukan transaksi. Penawaran ini bervariasi jenisnya, mulai dari cashback, diskon, DP 0 persen, suku bunga rendah, proses administrasi yang cepat, hingga bonus mobil dan motor! Tentu hal ini tak akan bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Menambah wawasan dari kegiatan lain yang sering ada dalam rangkaian acara pameran

Di acara properti expo, biasanya ada kegiatan lain di dalamnya. Salah satunya adalah talkshow seputar properti dengan narasumber para ahli. Jadi kamu bisa mendapatkan informasi, pemahaman, hingga bertanya langsung kepada mereka yang ahli di bidang properti. Selain untung secara finansial, kamu pun bisa menambah wawasan

Kekurangan:

Tak bisa melihat wujud langsung dari hunian yang hendak dibeli

Ketika kamu melihat pameran properti, kamu hanya bisa melihat wujud hunian yang akan kamu beli melalui brosur atau pun maket yang dipajang.

Nah, itu dia kekurangan dan kelebihan dari melihat langsung hunian yang akan dibeli, atau mendatangi pameran properti. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa mengunjungi pameran properti punya kelebihan yang lebih banyak. Tapi semua kembali lagi ke karakteristik dan preferensimu. Apapun itu caranya, pertimbangkan dengan matang sebelum membeli hunian impianmu ya!

Bagikan: 1649 kali