Membuat podcast sendiri di rumah ternyata sangat mudah - Rumah123.com Membuat podcast sendiri di rumah ternyata sangat mudah - Rumah123.com

Beberapa tahun belakangan, podcast cukup populer dicari oleh masyarakat Indonesia, terutama milenial. Bagi kamu yang belum tahu, podcast adalah rekaman audio seseorang atau lebih, bisa berupa monolog atau percakapan dengan topik tertentu. Mulai dari cerita pribadi, pengalaman pribadi, hingga berbagi pengetahuan. Biasanya podcast terdiri dari beberapa episode dalam setiap programnya.

Podcast diibaratkan seperti blog dalam versi suara. Gak heran, podcast cukup digandrungi oleh banyak orang karena fleksibilitas dalam menikmati konten yang ditawarkan. Para pendengar podcast bisa mendengarkan konten sambil melakukan kegiatan lain. Mengingat mulai banyak orang yang mendengarkan podcast, maka tak sedikit YouTuber, artis, hingga influencer beralih ke podcast. Tak menutup kemungkinan, di waktu yang akan datang, podcast pun bisa menjadi medium untuk mendulang uang!

Nah, apakah kamu tertarik membuat podcast sendiri? Baik itu untuk bercerita, maupun untuk mencari keuntungan? Ternyata, bikin podcast sendiri di rumah sangat gampang lho caranya! Ini dia 5 peralatan yang harus disiapkan!

Mikrofon

Hal pertama yang kamu butuhkan tentu saja mikrofon. Fungsi dari mikrofon adalah untuk membuat suara yang direkam terdengar dengan jelas dan jernih. Mikrofon terdiri daru dua jenis, USB dan analog. Jika kamu mau yang praktis, gunakan mikrofon USB yang bisa langsung mengubah suaramu menjadi versi digital. Pada mikrofon analog, dibutuhkan perangkat tambahan untuk melakukannya. Harga mikrofon bervariasi, namun untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus, pilih yang harganya mulai dari Rp1 jutaan.

Baca juga: Indo XXI Tutup, Ini 9 Alternatif Streaming Film Lainnya

Audio Interface (khusus pengguna mikrofon analog)

Jika kamu memilih mikrofon analog, maka kamu membutuhkan audio interface. Perangkat satu ini berfungsi untuk mengkonversi audio analog menjadi digital. Harganya ada di kisaran Rp1,5 juta.

Laptop atau komputer

Setelah merekam suara, maka tahap selanjutnya adalah mengedit suara tersebut. Kamu bisa memotong percakapan yang sekiranya tak diperlukan, atau menambahkan latar musik agar podcast menjadi tak membosankan. Untuk melakukan proses tersebut, tentunya dibutuhkan laptop atau komputer. Begitu juga setelah diedit, kamu masih memerlukan laptop/komputer untuk mengunggah podcast tersebut ke platform yang dipilih. Baik itu Spotify, Soundcloud, Anchor, dan masih banyak lagi. Tak perlu komputer atau laptop dengan teknologi canggih, yang biasa pun sudah bisa mendukung proses edit dan unggah.

Baca juga: 5 Sumber Gaji YouTuber, Bikin Pengen Alih Profesi!

Digital Audio Workstation

Dalam proses edit, kamu tak cuma membutuhkan perangkat laptop tapi juga software untuk memperhalus suara yang telah direkam. Software yang dibutuhkan adalah Digital Audio Workstation. Pilihannya ada banyak, Audacity, Reaper, PreSonus, Ocenaudio, Wavepad, dan masih banyak lagi. Tenang, yang disebutkan di atas semua bisa didapatkan dengan gratis!

Pop filter

Software satu ini penting untuk kamu yang membuat podcast profesional. Pop filter mampu membuat suara hasil rekaman semakin jelas dan menghilangkan noise yang timbul. Software satu ini berbayar, apabila kamu baru merintis, tak perlu membeli software satu ini.

Bagikan: 957 kali