Misteri Gunung Arjuno

Menjadi bagian dari Mahameru, ada beberapa misteri Gunung Arjuno yang perlu kamu ketahui sebelum mendaki. Simak selengkapnya di sini!

Selain Gunung Semeru dan Gunung Bromo, Gunung Arjuno merupakan salah satu destinasi terbaik di Jawa Timur dengan keindahan paling memukau.

Dibalik keindahannya, misteri Gunung Arjuno menjadi buah bibir banyak orang karena menimbulkan berbagai banyak tanda tanya.

Misteri Gunung Arjuno bukan isapan jempol belaka, bahkan sangat populer di kalangan pendaki gunung.

Meski setiap keindahan memiliki tanda tanya dan misteri, apa saja fakta yang perlu kamu tahu tentang Gunung Arjuno? 

Simak pembahasannya bersama-sama!

Misteri Gunung Arjuno yang Harus Kamu Tahu, Jangan Asal Mendaki!

Kamu bisa cari tahu misteri unik mengenai Gunung Arjuno dengan beberapa fakta penting secara lengkap berikut ini : 

1. Eksistensi Alas Lali Jiwo yang Fenomenal 

Alas Lali Jiwo_Resize Sumber : Phinemo

Hal pertama yang perlu kamu tahu tentang misteri Gunung Arjuno dan Welirang adalah Alas Lali Jiwo alias Hutan Lupa Diri.

Misteri ini bukan isapan jempol belaka, bahkan eksistensinya bisa dibuktikan hingga saat ini karena menjadi rintangan di kaki Gunung Arjuno.

Mitos di masyarakat membuktikan bahwa ada banyak orang yang tersasar bahkan tersesat di hutan, terlebih jika orang tersebut memiliki niat jahat.

Alas Lali Jiwo akan menjadi hukuman penting dan kutukan untuk orang yang memiliki mufakat jahat.

2. Jumlah Pendaki Tidak Boleh Ganjil 

Misteri Gunung Arjuno berikutnya adalah jumlah pendaki yang mengharuskan dalam angka genap, dan tidak diperbolehkan dalam angka ganjil.

Kepercayaan ini menjadi aturan secara tertulis, bahkan sebelum mendaki Gunung Arjuno ini menjadi perhatian serius dan banyak orang yang percaya.

Jika pendaki dalam jumlah ganjil, kamu akan digenapkan dengan makhluk halus yang berada di dalam gunung yang berada di Batu, Malang ini.

Untuk itu, ada baiknya jika kamu mendaki berdua, berempat, dan berenam sehingga merasa aman dalam pendakian.

3. Berkembangnya Mitos Pasar Setan 

Pasar Dieng Gunung Arjuno Sumber : Mounture.com

Unsur klenik dan misteri Gunung Arjuno yang perlu kamu ketahui berikutnya adalah pasar setan, sama seperti kisah yang ada di Gunung Merapi.

Pada pasar setan ini terdapat sebuah kisah yang mengatakan bahwa ada banyak orang, dan terbukti menjadi kenyataan.

Mitos pasar setan ini juga berada di sabana luas yang melintasi hamparan Gunung Arjuno dan Welirang dengan suara gemuruh layaknya pasar, namun perlahan hilang pada waktu subuh.

Meski demikian, misteri ini belum terpecahkan sepenuhnya dan tak sedikit orang menganggap hanya sekadar bumbu dan mistis semata.

4. Suara Gamelan Ngunduh Mantu yang Terkenal 

Misteri Gunung Arjuno berikutnya adalah suara gamelan mendadak yang kerap didengar oleh para pendaki, layaknya gamelan pernikahan dalam adat Jawa Timur.

Jika ditarik dalam garis sejarah, mitos gamelan ngunduh mantu bisa juga dikaitkan dengan letak Gunung Arjuno yang berada di bawah tanah kerajaan Majapahit dan Singosari.

Dengan latar belakang lokasi Gunung Arjuno yang memiliki legenda dan sejarah Indonesia, suara ini diyakini bersumber dari masa lampau Kerajaan Majapahit dan Singosari.

5. Terdapat Banyak Petilasan 

Petilasan Gunung Arjuno Sumber : Langgar.co

Sebagai gunung yang erat dengan peninggalan Singosari dan Majapahit, misteri Gunung Arjuno juga berkaitan dengan berbagai petilasan.

Petilasan tersebut meliputi : Petilasan Eyang Sri Makutharama, Petilasan Sepilar, Petilasan Eyang Semar, Petilasan Eyang Sakri, Petilasan Eyang Sekultram, Petilasan Eyang Abilasa, dan Petilasan Eyang Antaboga.

Dengan berbagai petilasan penuh sejarah, tak ayal jika Gunung Arjuno sarat akan misteri yang berpengaruh terhadap para pendaki gunung yang hilir mudik.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang misteri Gunung Arjuno yang sangat fenomenal untuk pendaki, dan bukan tak mungkin kamu tersesat di dalamnya.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan hunian idaman bersama Ayodhya By Alam Sutera, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang tentunya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
856 kali