OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Contoh Teks Diskusi Berbagai Tema dan Strukturnya yang Benar

03 Agustus 2023 · 14 min read Author: Christantio Utama

teks diskusi berbagai tema

Kamu bisa mengetahui berbagai contoh teks diskusi singkat di artikel ini secara lengkap. Yuk, langsung saja simak artikel lengkapnya!

Dalam ilmu karya sastra, tentunya kamu sempat mempelajari membahas mengenai contoh teks diskusi singkat.

Topik diskusi ini menjadi pelajaran umum yang dipelajari oleh anak SD hingga SMP.

Dalam sebuah teks diskusi yang baik dan benar, terdapat beberapa struktur yang penting diketahui.

Tidak semua orang mengetahui hal ini.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu memahami secara menyeluruh mengenai teks diskusi berikut ini.

Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap mengenai 10 contoh teks diskusi beserta strukturnya.

Situs properti Rumah123.com telah merangkum dari berbagai sumber.

Struktur Teks Diskusi 

teks diskusi dan strukturnya

Sumber: Forbes

Dalam sebuah teks diskusi yang baik dan benar, terdapat 3 bagian yang wajib dipenuhi.

Berikut ini adalah strukturnya:

1. Isu

Isu merupakan latar belakang terjadinya diskusi dari suatu pembahasan yang dituliskan. 

Diskusi diawali dengan penjabaran atau penggambaran singkat terkait topik yang akan dibahas.

2. Argumen atau Pembahasan

Argumen atau pembahasan berisi penyampaian pendapat.

Entah itu argumen pro maupun argumen kontra. 

Argumen berisi sanggahan atau pernyataan yang menguatkan salah satu posisi.

3. Kesimpulan atau Saran

Kesimpulan atau saran adalah bagian akhir teks diskusi berisi kesimpulan atau saran yang biasanya dibuat dalam bentuk rekomendasi atau penyelesaian masalah.

10 Contoh Teks Diskusi Singkat Berbagai Tema

teks diskusi berbagai topik

Sumber: Scribd

1. Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Sampah

Isu

Sampah menjadi salah satu masalah yang sangat meresahkan karena memberikan banyak dampak buruk terhadap lingkungan. 

Sampah yang dibiarkan menumpuk bisa menjadi sumber penyakit dan bahkan menyebabkan banjir. 

Hal ini pun tak lepas dari permasalahan penanggulangan sampah yang kurang tepat.

Sebenarnya, pemecahan masalah mengenai sampah pun sudah jadi perdebatan sejak dulu.

Argumen Mendukung

Sebagian orang beranggapan bahwa sampah adalah sesuatu yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Oleh karena itu, sampah seharusnya dimusnahkan dengan cara dibakar. 

Namun, bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut bukanlah sebuah solusi, tapi justru mendatangkan bencana baru. 

Sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara dan bisa merusak lapisan ozon.

Argumen Menentang

Orang yang mencintai lingkungan tentunya lebih memilih penyelesaian yang lebih ramah lingkungan, seperti dekomposisi dan daur ulang sampah. 

Contohnya dengan menjadikan daun kering, batang pohon, dan sampah sejenisnya yang bisa dijadikan sebagai pupuk kompos. 

Sedangkan sampah non-organik didaur ulang.

Kesimpulan

Pada dasarnya, sampah bisa diolah dan dimanfaatkan kembali. 

Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan merupakan cara paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

2. Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Virus Corona

Isu

Covid-19 merupakan satu di antara jenis penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus Corona, yang dapat membuat pengidapnya merasa sakit di tenggorokan, sesak napas, sakit kepala dan parahnya bisa membuat pengidapnya meninggal dunia. 

Virus ini mudah menular dari satu orang ke orang lain.

Argumen mendukung:

Contoh bahaya yang disebabkan oleh Covid-19 ini dan sudah banyak buktinya, antara lain:

  • Membuat tenggorokan terasa kering.
  • Gangguan pernapasan sehingga sesak untuk bernapas.
  • Gangguan fungsi pada paru-paru.
  • Dan gejala lainnya.

Argumen menentang:

Tetapi, Covid-19 ini tidak akan bisa menyerang apabila kita mau menjaga pola hidup kita, seperti menjaga kebersihan badan, tempat, pakaian, lingkungan dan makanan. 

Serta mematuhi seruan dari pemerintah.

Kesimpulan:

Jika sudah diketahui beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh virus Covid 19, sebaiknya kita menghindari penularannya dan bersama untuk mencegahnya dengan melaksanakan pola hidup bersih serta mematuhi aturan pemerintah demi kebaikan bersama.

3. Contoh Teks Diskusi Pendek Tentang Teknologi

Isu

Gadget adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan komunikasi. 

Tidak hanya komunikasi saja, smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun.

Argumen Mendukung

Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapan pun dan di mana pun. 

Selain itu juga, dengan adanya HP atau smartphone membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Argumen Menentang

Sedangkan pihak yang kontra atau pihak yang menentang pemberian HP untuk anak-anak beralasan bahwa anak-anak belum saatnya untuk diberikan teknologi yang canggih ini. 

Hal ini disebabkan karena tidak semua informasi di internet itu baik, banyak pula konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. 

Selain itu, dengan memberikan HP kepada anak-anak membuat ia menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena ia lebih asyik bermain game di HP-nya.

Kesimpulan

Pemberian HP untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. 

Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya. 

Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan akan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

4. Contoh Isu Teks Diskusi Makanan Bubur

Pendahuluan dan Isu

Bubur adalah makanan pokok bagi banyak orang di seluruh dunia, disajikan sebagai pilihan sarapan yang sederhana dan bergizi. Jika beberapa orang berpendapat bubur bisa langsung dimakan tanpa perlu diaduk, yang lain berpendapat bahwa mengaduknya dengan sendok sebelum dimakan adalah langkah penting dalam proses makan bubur. Dalam diskusi ini, kita akan mengeksplorasi argumen yang mendukung dan menentang makan bubur diaduk atau tidak.

Argumen pendukung

Salah satu argumen utama mengapa bubur harus diaduk sebelum dimakan, yakni agar semua komposisi dalam mangkok bubur bisa tercampur rata. Dengan mengaduk, kamu dapat memastikan bahwa bubur, suwiran ayam, kacang, kuah, dan bahan lainnya tercampur menjadi satu.

Ini menciptakan pengalaman makan yang lebih menyenangkan, karena setiap sendok akan memiliki konsistensi dan rasa yang sama. Selain itu, mengapa penting untuk diaduk, karena mengaduk bubur akan lebih mudah untuk dimakan. Bubur yang telah diaduk akan tercampur dengan rata dan tidak menumpahkan printilan-printilan kecil yang akan membuat meja makan jadi kotor.

Argumen

Salah satu argumen mengapa bubur sebaiknya tidak diaduk, yakni karena dapat menyebabkan bubur menjadi terlalu encer. Jika kamu mengaduknya terlalu rata, bubur yang kamu makan akan menjadi bubur cair yang tidak memiliki tekstur, atau variasi rasa yang diinginkan. Selain itu, bubur yang kamu makan akan memiliki bentuk yang tidak cantik, dan mungkin membuatmu tidak berselera untuk makan.

Selain itu, mengaduk bubur adalah langkah yang tidak perlu. Beberapa orang berpendapat bahwa mengaduk hanya menambah langkah ekstra pada proses dan menghabiskan waktu yang berharga.

Analisis dan Refleksi

Jelas bahwa ada argumen yang valid di kedua sisi perdebatan ini. Di satu sisi, mengaduk bubur dengan sendok dapat membantu memastikan pemerataan bahan dan memudahkan untuk dimakan.

Di sisi lain, pengadukan juga dapat menyebabkan campuran menjadi terlalu encer dan dianggap oleh sebagian orang sebagai langkah yang tidak perlu. Pada akhirnya, keputusan untuk mengaduk bubur dengan sendok atau tidak tergantung pada preferensi pribadi.

Kesimpulan

Kesimpulannya, perdebatan tentang boleh atau tidaknya mengaduk bubur dengan sendok sebelum makan adalah salah satu yang sudah ada sejak lama. Meskipun ada argumen yang mendukung pengadukan, ada yang mengatakan tidak perlu, pada akhirnya pilihan untuk mengaduk atau tidak adalah pilihan pribadi. Karena ini kembali pada preferensi dan kebutuhan setiap individu yang berbeda.

5. Contoh Teks Diskusi tentang Aksi Anarkis

Pendahuluan dan Isu

Tawuran antar pelajar semakin memprihatinkan di masyarakat, dan masalah kenakalan remaja merupakan salah satu yang harus dibenahi. Dalam teks diskusi kali ini, kita akan mengkaji topik tawuran pelajar, menggali alasan mengapa pelajar melakukan tawuran dan dampaknya bagi masyarakat.

Argumen

Ada beberapa argumen mengapa siswa terlibat dalam perkelahian. Salah satu argumennya adalah bahwa siswa mungkin merasa bahwa mereka harus membuktikan diri, baik secara fisik maupun emosional. Argumen lain adalah bahwa siswa mungkin menghadapi masalah emosional atau psikologis, membuat mereka bertindak dengan cara kekerasan.

Meskipun argumen ini mungkin ada benarnya, dapat juga dikatakan bahwa siswa yang terlibat dalam perkelahian memiliki kekurangan bimbingan, pendidikan, atau bimbingan orang tua dalam teknik penyelesaian konflik yang tepat. Dapat juga dikatakan bahwa lingkungan sekolah dan kurangnya tindakan pencegahan, seperti program pencegahan bullying, berkontribusi terhadap masalah tawuran pelajar.

Analisis dan Refleksi

Terlepas dari alasan yang melatarbelakangi tawuran pelajar, jelas bahwa tawuran memiliki dampak negatif bagi sekolah dan masyarakat. Kerusakan fisik dan emosional yang diakibatkan oleh perkelahian ini dapat berdampak jangka panjang pada siswa yang terlibat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut, seperti memberikan pendidikan tentang teknik penyelesaian konflik yang tepat, memperkuat program pencegahan intimidasi di sekolah, dan menawarkan dukungan bagi siswa yang menghadapi masalah emosional atau psikologis.

Kesimpulan

Kesimpulannya, masalah tawuran pelajar adalah masalah kompleks yang membutuhkan pendekatan banyak sisi untuk menyelesaikannya. Dengan mengatasi akar permasalahannya, sekolah dan masyarakat dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi siswa.

6. Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Internet

Pendahuluan dan Isu

Game online telah menjadi bagian kehidupan modern di mana-mana. Dengan jutaan orang bermain game di komputer, konsol, dan perangkat seluler. Seiring dengan meningkatnya popularitas game online, begitu pula kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kaum muda, terutama pelajar. Dalam teks diskusi ini, kita akan mendiskusikan efek game online pada siswa dan mempertimbangkan aspek positif dan negatif dari fenomena ini.

Argumen

Salah satu argumen yang mendukung game online adalah bahwa hal itu dapat memberi siswa cara yang menyenangkan dan menarik untuk menghabiskan waktu. Bermain game bisa menjadi sumber relaksasi, cara melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari, dan sumber hubungan sosial.

Dengan bermain game bersama teman atau pemain lain, siswa dapat membangun dan memperkuat hubungan, terlibat dalam aktivitas berbasis tim, dan mengembangkan keterampilan mereka dalam strategi, pemecahan masalah, dan kerja sama tim.

Argumen

Namun, ada juga aspek negatif dari game online yang perlu dipertimbangkan. Pertama, bermain video game untuk waktu yang lama dapat membuat ketagihan dan dapat mengganggu prestasi akademik siswa.

Selain itu, game online dapat menjadi sumber paparan konten yang tidak pantas, seperti kekerasan, materi seksual, dan cyberbullying. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan emosional dan mental siswa, serta karakter mereka secara keseluruhan.

Analisis dan Refleksi

Saat mempertimbangkan dampak game online pada siswa, penting untuk diingat bahwa efeknya dapat sangat bervariasi tergantung pada individu. Beberapa siswa mungkin dapat terlibat dalam game online dengan cara yang bertanggung jawab dan seimbang. Hal ini membuat game online tidak berdampak negatif pada kehidupan mereka.

Namun, yang lain mungkin menjadi kecanduan dan menemukan bahwa kebiasaan bermain game dapat menurunkan prestasi di sekolah, hubungan sosial, dan nilai karakter siswa secara keseluruhan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, game online dapat memiliki efek positif dan negatif pada siswa. Meskipun dapat memberikan bentuk hiburan yang menyenangkan dan menarik, game online juga bak pisau bermata dua. Hal ini karena game online juga dapat membuat ketagihan dan memaparkan siswa pada konten yang tidak pantas.

Penting bagi orang tua, guru, dan siswa itu sendiri untuk berhati-hati terhadap potensi dampak game online dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa itu digunakan dengan cara yang bertanggung jawab dan seimbang.

7. Contoh Teks Diskusi tentang Olahraga

Pendahuluan

Anak-anak di hampir seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah dengan bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.

Isi (Rangkaian Argumen)

Pertumbuhan fisik memerlukan banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannya adalah dengan berolahraga. Para ilmuwan sudah menunjukkan bahwa anak yang berolahraga memiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak yang hanya duduk di rumah dan banyak menonton televisi atau bermain video gim.

Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak, mulai dari yang tradisional, seperti galasin dan lompat tali, hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Syukurlah  kita tinggal di Indonesia sehingga dapat memainkan semua jenis olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu sukai atau di mana kamu tinggal sebab selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja. Tidak ada alasan untuk mengeluh karena merasa bosan.

Selain itu, bermain olahraga dalam tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyak pertemanan. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu. Anak-anak yang tidak berolahraga tentu saja tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memiliki banyak teman. Ini menyedihkan.

Kesimpulan

Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus bermain olahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, serta belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Selain bermanfaat, bermain olahraga juga sangat menyenangkan karena dapat mengusir rasa bosan dan suntuk di rumah.

8. Contoh Teks Diskusi Singkat tentang Air Minum

Pendahuluan dan Isu

Air minum sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Selain itu, penting juga bagi kita untuk memperhatikan kebersihan air yang kita konsumsi. Banyak orang tidak menyadari dampak dari mengkonsumsi air yang terkontaminasi dapat memiliki pada kesehatan. Dalam teks diskusi ini, kita akan membahas pentingnya memastikan bahwa air yang kita minum bersih dan higienis.

Argumen Pendukung

Mengkonsumsi air yang terkontaminasi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti disentri, kolera, dan tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit yang umumnya terdapat pada sumber air yang tercemar.

Selain itu, kebersihan air yang buruk juga dapat menyebabkan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui air di antara masyarakat. Hal ini dapat mengakibatkan wabah dan penyakit yang meluas, membebani sistem dan sumber daya kesehatan masyarakat.

Argumen Tandingan:

Usaha untuk memastikan semua air yang dikonsumsi masyarakat harus bersih dan higienis, bisa dikatakan tidak praktis.  Tentu saja ada keterbatasan sumber daya dan tenaga kerja yang tersedia untuk menegakkan standar kualitas air dan memantau sumber air yang sangat banyak di masyarakat.

Selain itu, kita tidak selalu perlu mengambil tindakan ekstensif untuk memastikan kebersihan air yang kita konsumsi. Misalkan, ada beberapa orang yang tinggal di lingkungan tertentu, bisa tetap hidup dengan sehat meskipun telah meminum air yang terkontaminasi selama beberapa generasi.

Analisis dan Refleksi:

Penting untuk mengakui konsekuensi potensial dari mengkonsumsi air yang terkontaminasi. Meskipun tidak mungkin untuk memastikan bahwa semua sumber air bersih dan higienis, tetap penting untuk mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan risiko penyakit yang ditularkan melalui air.

Hal ini mencakup pendidikan tentang pentingnya kebersihan air, memantau sumber air, dan berinvestasi dalam sistem pengolahan dan pemurnian jika diperlukan.

Kesimpulan:

Kesimpulannya, kebersihan air yang kita konsumsi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Meskipun mungkin ada tantangan dalam memastikan semua sumber air bersih dan higienis, penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan risiko penyakit yang ditularkan melalui air.

Pendidikan dan investasi dalam sistem dan pemantauan pengolahan air dapat membantu memastikan bahwa kita memiliki akses ke air bersih dan higienis.

9. Contoh Teks Diskusi tentang Globalisasi

Pendahuluan

Di era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi berkembang dengan sangat cepat. Banyak negara maju maupun berkembang yang saling berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi yang canggih. Adanya teknologi saat ini, berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Tak bisa dipungkiri, banyak orang bergantung pada teknologi di kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, kita perlu memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi secara tepat dan bijaksana.

Isi (Rangkaian Argumen)

Salah satu contoh teknologi yang tidak bisa lepas dari genggaman kita adalah gadget. Dengan adanya gadget, manusia dapat lebih mudah mengakses informasi, melakukan transaksi secara online, bahkan berkomunikasi dengan orang lain di lokasi yang berbeda. Di bidang pendidikan sendiri, teknologi dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Dengan adanya teknologi dan internet, para siswa jadi lebih mudah untuk mengakses informasi, belajar di mana pun, dan kapan pun.

Berbeda halnya dengan zaman dulu, ketika teknologi belum secanggih sekarang, banyak orang yang kesulitan dalam berkomunikasi. Kita harus menulis surat terlebih dahulu, lalu mengirimkannya ke kantor pos. Tidak hanya itu, kita juga perlu bersusah payah memasarkan barang dagangan di pasar agar laku terjual.

Kesimpulan

Dari sini dapat disimpulkan, perkembangan teknologi yang cukup pesat di era globalisasi saat ini sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Baik itu dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan bidang lainnya. Kita juga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak, seperti tidak berlebihan dalam menggunakan teknologi agar tidak menjadi negatif untuk diri kita, maupun orang lain.

10. Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Sosial Media

Contoh teks diskusi singkat

Sumber: Kibrispdr

***

Nah, itulah 10 tema diskusi yang menarik serta strukturnya yang baik dan benar.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Apabila kamu sedang mencari hunian terbaik, bisa kunjungi Rumah123.com.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Dago Village Bandung.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Follow Google News Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya