hotel dan kantor

Meskipun pandemi sudah hampir berjalan 2 tahun, dunia properti khususnya hotel dan kantor di Jakarta masih terkena imbasnya. Apa saja dampaknya?

Sepertinya dampak dari pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Saat penjualan rumah mulai berangsur pulih, berbanding terbalik dengan perhotelan dan perkantoran.

Bisnis perhotelan menjadi salah satu usaha yang cukup terdampak dengan adanya pandemi ini.

Padahal, pada 2020 lalu atau di awal pandemi perhotelan dan perkantoran sudah diterpa badai tersebut. Namun, tidak disangka dampaknya masih ada hingga di penghujung 2021.

Hal ini dapat terlihat dari banyaknya hotel dan kantor di Jakarta yang dijual dengan harga yang tergolong murah.

Dilansir dari laman Detik.com, terdapat sejumlah situs jual beli properti yang menjual ratusan hotel di Jakarta.

Terpantau dari website 99.co, ada sebuah hotel di kawasan Blok M, Jakarta Selatan yang dijual dengan harga cuma Rp6 miliar.

Hotel tersebut terdiri dari 25 kamar tidur, 25 kamar mandi dengan luas tanah 750 m2 dan luas bangunan 950 m2.

Tidak hanya itu, ada juga hotel di daerah Cideng, Jakarta Pusat yang dijual dengan harga 16 miliar saja. Kira-kira apa penyebabnya ya?

Penyebab Hotel dan Kantor di Jual Murah

Ada beberapa hal yang menyebabkan bisnis perhotelan dan kantor-kantor sepi, sehingga membuat pemiliknya menjual aset mereka.

Pada masa pandemi dan peraturan pemerintah yang memberikan pembatasan kegiatan, tentu membuat semua orang harus di rumah saja.

Hal inilah menjadi penyebab utama tidak ada orang yang menyewa hotel mereka serta banyak pula karyawan yang kerja dari rumah.

Karena minimnya pemasukan, membuat pemilik tidak sanggup lagi mengeluarkan biaya operasional untuk perkantoran dan hotel.

Hal ini berbanding lurus dengan pernyataan perencana keuangan Andy Nugroho dari Advisor Alliance Group.

Andy mengatakan, “Kemungkinan sang owner dari tempat usaha tersebut sudah tidak sanggup lagi menanggung biaya cash flow dan akhirnya tekor”.

Hal ini tentu akan membuat cadangan modal perusahaan akan terus tergerus dan lama kelamaan akan habis. Maka, menjual aset adalah jalan ninja untuk menghindari rugi yang terus menerus.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Citraland Driyorejo.

Bagikan:
318 kali