Jika kamu berniat untuk membuat halaman di rumah, kira-kira rumput taman mana yang cocok untuk melengkapinya?

rumput taman - rumah123.com

Apa jadinya sebuah taman tanpa rumput? Bagaikan kepala yang tidak ditumbuhi rambut. Bagaikan sayur yang tak ditambahi garam. Ada yang kurang. Selain berfungsi sebagai penutup tanah, rumput juga mampu mempercantik taman lantaran tekstur, bentuk, dan warnanya. Intinya, rumput memiliki fungsi yang sangat esensial dalam sebuah taman.

Terdapat banyak rumput yang biasa digunakan di halaman. Tapi, bukan berarti semua jenis rumput cocok untuk ditanam di hunianmu. Kamu harus menyesuaikannya terlebih dahulu dengan kondisi lingkunganmu. Sebab, setiap rumput juga punya cara perawatan yang berbeda. Nah, jika kamu berniat untuk membuat halaman di hunianmu, kira-kira rumput mana yang cocok untuk melengkapinya? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Rumput Bermuda

Di Indonesia, rumput ini cukup populer digunakan sebagai rumput golf. Lantaran sangat tahan terhadap kondisi kering dan panas, banyak yang menyebut bahwa rumput ini berasal dari sabana Afrika. Selain bermanfaat sebagai pelengkap estetika halaman, rumput ini juga bisa dijadikan pakan untuk kura-kura. Apabila daerah rumahmu memiliki curah hujan tinggi, maka sangat direkomendasikan untuk memilih rumput Bermuda. Sebab, rumput dengan nama latin Cynodon Dactylon ini bisa tumbuh dengan cepat dan lebat dalam cuaca seperti itu. 

Baca juga: 5 Inspirasi Taman Kecil Depan Rumah untuk Lahan Terbatas

Rumput Jepang

Rumput Jepang memiliki tekstur kasar, bentuk yang meruncing tajam, dan tekstur yang kasar. Inilah yang membuat rumput Jepang banyak dipilih untuk halaman rumah. Namun jika halaman tersebut sering dipakai untuk duduk-duduk, rumput satu ini tidak direkomendasikan karena permukaan kulitmu bisa terasa sakit seperti tertusuk jarum. Walaupun ada unsur Jepang-nya, bukan berarti rumput satu ini berasal dari Jepang ya. Orang Indonesia menyebutnya demikian agar mudah diingat saja.  

Rumput Gajah Mini

Bagi kamu yang berencana untuk membangun taman minimalis, rumput satu ini sangat direkomendasikan untukmu. Bentuk dari rumput gajah sangatlah unik. Daunnya tidak tumbuh ke atas, melainkan menyamping. Tekstur daunnya juga tak tinggi, sehingga kamu tak perlu sering-sering memangkasnya. Warnanya pun lebih hijau dibandingkan rumput pada umumnya. Tidak seperti rumput Bermuda yang cocok untuk ditanam di lokasi yang curah hujannya tinggi, rumput gajah mini justru cocok di cuaca manapun.

Baca juga: 9 Jenis Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Panen

Rumput Manila

Punya anak yang hobi earthing? Tak ada salahnya untuk mempertimbangkan rumput satu ini. Rumput yang berasal dari Filipina ini dikenal sangat bagus kualitasnya. Daunnya runcing namun tak sakit di kulit, warnanya hijau pekat, dan elastisitasnya pun tinggi. Bahkan rumput jenis ini digunakan di Stadion Gelora Bung Karno. Namun, siap-siap mengeluarkan kocek lebih jika kamu mau memasang rumput Manila di rumah. Sebab harganya mencapai Rp80.000-Ro90.000 per meter persegi.

Bagikan: 3562 kali