Manfaat minyak kelapa sangat banyak, khususnya untuk para bayi - Rumah123.com Manfaat minyak kelapa sangat banyak, khususnya untuk para bayi - Rumah123.com

Minyak kelapa mengandung banyak lemak sehat dan memiliki sifat yang melembabkan, sehingga bisa dijadikan obat alami untuk berbagai hal. Tapi siapa sangka, manfaat minyak kelapa sangat luar biasa untuk para bayi. Yap! Para orang tua yang punya bayi, sebaiknya kamu segera memasukkan minyak kelapa dalam daftar kebutuhan untuk buah hatimu. 

Namun tentu saja, lakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum bereksperimen dengan minyak kelapa pada tubuh bayimu. Oleskan sedikit di kulit bayi dua hingga tiga kali, jika tak terjadi iritasi, maka artinya minyak kelapa aman digunakan bayimu. Nah sekarang, saatnya mengetahui manfaat minyak kelapa untuk bayi. Berikut daftarnya!

Pereda nyeri pada gigi

Tumbuh gigi pada bayi seringkali membuat mereka rewel karena kesakitan. Minyak kelapa bisa jadi penyelamatmu dan si kecil. Gosokkan minyak kelapa langsung ke gusi bayi yang sedang tumbuh gigi, atau oleskan pada teether favorit mereka untuk mengurangi rasa sakit.

Menghilangkan kutu dari kepala bayi

Kandungan lemak dari minyak kelapa, yang bertahan pada rambut dan kutu setelah dicuci, bisa membuat kutu kesulitan untuk mempertahankan cengkeramannya pada rambut. Minyak kelapa membuat kutu nakal langsung pergi dari rambut anak-anak. 

Meredakan alergi

Apakah si kecil mengalami alergi rinitis? Rinitis alergi, yang juga dikenal sebagai hay fever, dipicu terutama oleh alergen lingkungan seperti serbuk sari, rambut hewan, debu, atau jamur. Minyak kelapa bisa meredakan rasa gatal akibat alergi tersebut. Oleskan sedikit minyak kelapa ke dalam lubang hidung dan alergen lingkungan penyebab alergi akan melekat pada minyak sehingga rasa gatal pun hilang lebih cepat.

Menghilangkan jerawat bayi

Kulit bayi juga bisa memproduksi jerawat. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat herbal yang ampuh. Minyak kelapa bisa bekerja karena mengandung asam laurat dalam jumlah besar. Asam laurat sendiri yang terkenal sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus. Asam lemak esensial antiseptik yang ditemukan dalam minyak kelapa ini membantu mencegah dan menghilangkan infeksi bakteri ketika dikonsumsi melalui mulut atau dioleskan langsung ke kulit.

Mengobati luka bakar

Tentu tak ada orang tua yang mau bayinya mengalami luka bakar. Tetapi jika hal ini terjadi, minyak kelapa bisa mengobati dengan cepat. Oleskan minyak kelapa ke bagian kulit yang terbakar, dan lakukan secara rutin hingga sembuh. Minyak kelapa merupakan minyak pendingin, yang sangat baik untuk kulit panas dan meradang, dan mengurangi kemungkinan jaringan parut permanen akibat luka bakar. 

Mengurangi peradangan akibat cacar air

Cacar air pada bayi merupakan mimpi buruk orang tua. Untungnya, manfaat minyak kelapa lagi-lagi bisa menyelamatkanmu untuk mengurangi peradangan sekaligus durasi penyakit cacar air itu sendiri. Oleskan minyak kelapa ke bagian kulit yang terkena cacar air. 

Menghilangkan kulit kering di kepala

Apakah Anda memiliki masalah dengan kulit kering di kulit kepala bayi Anda? Minyak kelapa bisa membantu menghilangkan kulit kering tersebut. Gosokkan satu sendok teh ke kepala bayi setiap hari.

Meredakan ruam popok

Popok memang penyelamat untuk para orang tua. Namun bisa membuat bayi tak nyaman. Daripada menggunakan tisu atau produk lainnya yang mengandung bahan kimia, sebaiknya kamu menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa. 

Melindungi dari matahari

Menjemur bayi memang diharuskan. Selain mengurangi risiko penyakit kuning, paparan sinar matahari juga bisa membantu produksi hormon melatonin yang berpengaruh pada proses tidur bayi. Ketika menjemur mereka, gunakan perlindungan supaya hanya manfaat baik yang masuk ke dalam kulit bayi. Perlindungan terbaik bisa didapatkan dari minyak kelapa dan SPF alami dari minyak lain. Kombinasi kedua hal tersebut bekerja sempurna untuk melindungi bayi. 

Minyak untuk memijat bayi

Daripada menggunakan lotion atau minyak pijat yang mengandung bahan kimia, sebaiknya gunakan minyak kelapa. Sebab, manfaat minyak kelapa bisa menenangkan dan membuat bayi rileks saat istirahat. 

Mengurangi gatal karena gigitan nyamuk

Jika bayimu terkena gigitan nyamuk atau serangga lain, gosokkan sedikit minyak kelapa pada gigitannya untuk membantu mengurangi rasa gatal. Dijamin berhasil!

Bagikan: 1725 kali