punya rumah sendiri

Ada banyak alasan kalau kamu harus punya rumah sendiri, banyak manfaatnya dari yang sepele hingga investasi masa depan, yuk disimak.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah sendiri, tentunya banyak manfaat atau keuntungan yang bisa dirasakan.

Kamu pengen punya rumah sendiri, mungkin pernah bertanya kepada diri sendiri kapan ya punya rumah sendiri.

Bisa jadi kamu mencari tahu doa agar cepat punya rumah sendiri atau doa ingin punya rumah sendiri, pengen punya rumah ya Allah.

Mungkin kamu mencari tahu cara cepat punya rumah menurut Islam hingga tips beli rumah untuk milenial.

Tidak ketinggalan, kamu mencoba menelusuri cara punya rumah dengan gaji kecil atau gaji 2 juta ingin punya rumah.

Rumah123.com pernah membahas sejumlah cara atau tips membeli rumah, salah satunya beli rumah tanpa riba.

Artikel ini juga bisa menjadi jawaban ingin punya rumah sendiri bagaimana caranya, tips menabung di rumah, tips investasi, dan lainnya. 

Sekarang, situs properti Rumah123.com akan mengupas tuntas alasan harus punya rumah sendiri.

punya rumah sendiri

Alasan Harus Punya Rumah Sendiri 

1. Harga Properti Terus Naik 

Kamu melirik rumah tapak di Bekasi seharga Rp400 juta pada 2021, harga ini langsung berubah naik, mungkin menjadi Rp425 juta. 

Tentunya ini menjawab beli rumah sekarang atau nanti, jangan pernah menunda beli rumah ya karena harga properti terus naik, inilah pentingnya punya rumah sendiri.

2. Bisa Menjadi Instrumen Investasi 

Jangan salah lo, meskipun kamu hanya membeli rumah tinggal, namun bisa menjadi investasi properti

Kamu bisa menjual rumah tersebut ketika pensiun, harganya pasti sudah naik berkali-kali lipat dari saat membeli 20-30 tahun lalu, inilah manfaat punya rumah sendiri.

3. Lebih Menguntungkan Ketimbang Menyewa 

Lebih baik kamu memiliki cicilan KPR Rp3 juta setiap bulannya, ketimbang membayar uang kos dengan jumlah yang sama, kecuali kamu memang hanya tinggal sementara. 

Pastinya kamu akan memiliki rumah atau apartemen setelah cicilan selesai, memangnya kamu akan mendapatkan rumah kos setelah membayar uang sewa.

4. Hidup Lebih Tenang 

Bagi kamu yang tidak ingin terganggu oleh mertua, saudara ipar, orang tua, atau saudara lainnya yang mungkin masih serumah. 

Kalau kamu tidak mau berkonflik, sebaiknya memang kamu memiliki rumah sendiri, apalagi kalau sudah menikah, inilah enaknya punya rumah sendiri.

5. Bisa Hidup Mandiri 

Jika memiliki rumah sendiri, kamu bisa hidup mandiri karena dituntut untuk membayar cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Selain itu, kamu juga harus menyisihkan uang untuk renovasi, uang pemeliharaan lingkungan, dan lainnya, namun punya rumah sendiri lebih nyaman kan?

punya rumah sendiri

6. Dapat Menjadi Kebanggaan

Bayangkan kalau kamu sudah memiliki rumah sendiri walaupun belum lunas, buat kaum pria tentu lebih pede bertemu calon mertua.

Pastinya, orang sudah menganggap kamu siap untuk menghadapi masa depan, kan sudah punya rumah sendiri, pastinya bahagia punya rumah sendiri.

7. Bisa Disesuaikan dengan Keinginan 

Kalau kamu punya rumah sendiri, kamu bisa menyesuaikan desain interior dengan keinginan, namanya juga rumah sendiri, senangnya punya rumah sendiri.

Hal yang tidak mungkin dilakukan kalau kamu masih tinggal di rumah orang tua, apalagi kalau di pondok mertua indah. 

8. Dapat Menjadi Pemasukan Pasif 

Kamu sudah memiliki rumah sendiri, kemudian pindah tugas ke luar kota, tidak usah bingung kamu kontrakkan saja, inilah keuntungan punya rumah sendiri.

Nah, kamu memiliki pemasukan pasif dari sewa rumah, ketimbang rumah kosong tanpa penghuni selama beberapa tahun.

9. Motivasi untuk Bekerja 

Pastinya kamu akan memiliki motivasi untuk bekerja keras, ada cicilan KPR dengan jumlah besar yang harus dibayar setiap bulan. 

Kamu akan berusaha bekerja untuk meraih karier lebih baik, bisa juga kamu memiliki pekerjaan sampingan. 

10. Dapat Diwariskan kepada Anak Cucu 

Jangan salah lo, hidup itu berjalan cepat, bisa jadi kamu masih 25 tahun saat ini, tanpa terasa nanti kamu sudah berusia 45-50 tahun. 

Kamu akan memiliki anak yang sudah besar atau mungkin sudah punya cucu, rumah tinggal bisa diwariskan kepada anak cucu, itulah alasan kenapa harus punya rumah.

Nah, banyak ya cara ingin punya rumah sendiri, ada beragam kemudahan mulai dari membeli rumah subsidi hingga bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi jangan hanya doa ingin punya rumah sendiri, tetapi juga berusaha untuk bekerja, berinvestasi, dan mencari tahu kemudahan membeli rumah.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuatKamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.

Bagikan:
28866 kali