OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Meisya Siregar Berhasil Lunasi KPR di Usia 45 Tahun, Ini lo Umur dan Penghasilan Ideal untuk Pengajuan KPR. Gen Z Wajib Tahu!

07 Mei 2024 · 4 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: M. Iqbal

pengajuan kpr rumah

Sumber: Freepik/chandlervid85

Meisya Siregar baru bisa melunasi KPR di usia 45 tahun. Lantas, berapa usia dan penghasilan ideal jika ingin melakukan pengajuan KPR?

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tampaknya menjadi fasilitas yang bukan hanya menarik perhatian masyarakat biasa saja, melainkan juga artis papan atas.

Tercatat, terdapat sejumlah artis yang menggunakan fasilitas ini untuk mendapatkan hunian idaman, salah satunya Meisya Siregar.

Bahkan, belum lama ini Meisya membagikan kisahnya dalam melunasi cicilan KPR di usia 45 tahun.

Melalui laman Instagram miliknya @meisya_siregar artis kelahiran Bandung ini mengatakan bahwa waktu pelunasan KPR bukanlah penentu kesuksesan seseorang.

“Tenang … Ini lhooo…, Tante sm Om baru lunas umur 45 tahun… Bukan berarti kami enggak sukses dan gagal yaah…,” tulisnya dalam akun Instagram.

Selain itu, Meisya juga mengatakan bahwa sebaiknya anak muda, terutama generasi Z, tidak usah terlalu berambisi untuk memiliki rumah sebelum memasuki usia 30 tahun.

Terlebih lagi, jika hal tersebut dipaksakan.

Melihat dari kisah yang dialami oleh Meisya Siregar timbul banyak pertanyaan dari anak muda mengenai sebenarnya kapan waktu untuk pengajuan KPR yang tepat?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajukan KPR?

pengajuan kpr

Sumber: kompas.com

Menurut Andi Nugroho selaku Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE), batas usia minimal untuk pengajuan KPR adalah 21 tahun.

Sebab, di usia tersebut seseorang diasumsikan sudah mulai bekerja atau sudah memiliki pengalaman bekerja selama beberapa tahun sehingga penghasilannya lebih stabil.

Lebih lanjut, Andi mengatakan bahwa memiliki penghasilan yang stabil itu penting agar bisa terhindar dari tunggakan.

“Karena bila sampai menunggak atau bahkan sampai gagal bayar dan harus dilakukan penyitaan, tentu akan merugikan pemberi KPR juga,” ungkapnya seperti dikutip dari cnnindonesia.com pada Selasa (7/5/2024).

Sejalan dengan pemaparan yang diberikan oleh Andi, Pengamat Perbankan dan Praktisi Sistem Pembayaran, Arianto Muditomo mengatakan memastikan penghasilan yang dimiliki penting sebelum mengajukan KPR.

“Kesiapan mengambil KPR bukan semata kebutuhan, tetapi adalah kepastian penghasilan yang menjamin kemampuan mengangsur jangka panjang,” katanya dilansir dari detik.com.

Namun demikian, Arianto mengatakan tidak ada aturan mutlak mengenai usia ideal pengajuan KPR karena semuanya bergantung pada skala prioritas.

Penghasilan Ideal untuk Pengajuan KPR

pengajuan kpr untuk anak muda

Sumber: Hijra.id

Salah satu kekhawatiran terbesar yang mungkin saja dialami oleh anak muda ketika ingin melakukan pengajuan KPR adalah penghasilan yang dimiliki tidak cukup.

Pasalnya, selain harus menyiapkan dana KPR, anak muda pun harus mempersiapkan dana untuk kebutuhan lain.

Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh Andi, syarat penghasilan minimal untuk bisa menggunakan fasilitas KPR subsidi berada pada kisaran angka Rp4–7 juta per bulan.

Faktor utamanya karena jika seseorang memiliki penghasilan di bawah angka tersebut gaji yang diterima ditakutkan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Dengan asumsi penghasilan Rp4 juta dan cicilan KPR maksimal 30 persen dari penghasilan alias sebesar Rp1,2 juta, maka orang tersebut memiliki Rp2,8 juta untuk memenuhi kebutuhan lainnya,” ungkapnya.

Andi pun memberikan contoh berapa cicilan maksimal untuk mereka yang memiliki penghasilan sebesar Rp4 juta.

Menurut Andi cicilan maksimal yang bisa digunakan oleh pekerja yang memiliki gaji Rp4 juta yakni sebesar 30 persen atau setara dengan Rp1,2 juta.

Lalu, penghasilan lebihnya bisa disisihkan untuk ditabung (10 persen atau Rp280 ribu) dan dana darurat (10 persen atau Rp280 ribu).

Jika terdapat dana lebih bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Andi sendiri juga menyarankan bagi mereka yang berpenghasilan sebesar Rp4 juta sebaiknya mengambil hunian yang memiliki cicilan KPR maksimal sebesar 20 persen.

Pasalnya, semakin kecil jumlah cicilan, makin banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

***

Demikian ulasan mengenai usia dan penghasilan ideal untuk pengajuan KPR.

Baca juga artikel lain seputar KPR hanya di artikel.rumah123.com.

Agar tak ketinggalan berita terbaru, ikuti terus Google News kami, ya.

Segera wujudkan keinginan untuk memiliki hunian nyaman di kawasan strategis bersama Rumah123 dan dapatkan penawaran menarik dengan mudah karena #SemuaAdaDisini!


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA