OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Urutan Film Spiderman Lengkap, Versi Tobey Maguire Sampai Tom Holland

10 Januari 2023 · 8 min read Author: Nik Nik Fadlah

urutan film spiderman

Spiderman menjadi salah satu film Marvel terbaik dengan jalan cerita yang menarik. Ingin menontonnya? Berikut adalah urutan film Spiderman dari awal hingga akhir. Cek, yuk!

Siapa yang tidak kenal dengan Spiderman, superhero yang satu ini menjadi salah satu karakter favorit yang memiliki banyak penggemar. 

Pahlawan super dengan kekuatan layaknya laba-laba ini menjadi salah satu superhero dalam Marvel Cinematic Universe (MCU).

Bersanding dengan beberapa pahlawan super lainnya, seperti Captain America, Iron Man, Hulk, Thor, Doctor Strange, Black Widow, hingga Captain Marvel, Spiderman menjadi salah satu film yang menarik untuk dibahas.

Memiliki banyak penggemar, siapa sangka, semenjak difilmkan pada tahun 2002 silam, ternyata film Spiderman sudah mengalami pergantian pemain sebanyak tiga kali. 

Hal tersebut bukan menjadi sesuatu yang asing bagi para penggemar film adaptasi dari Marvel Comics ini. 

Meskipun telah melakukan pergantian pemain, tetapi hal ini tidak menyurutkan antusiasme para movie mania untuk tetap menyaksikan film Spiderman. 

Nah, bagi Property People yang ingin menyaksikan film garapan Marvel ini, simak urutan film Spiderman dari awal agar tidak bingung, yuk!

Urutan Film Spiderman dari Awal Hingga Akhir

1. Spider-Man (2002)

Spider-Man urutan film spiderman dari awal

Sumber: Themoviedb.org

Urutan film Spiderman pertama berjudul Spider-Man yang resmi dirilis pada tahun 2002 silam.

Pada bulan Mei 2002, petualangan Spiderman resmi diangkat ke layar kaca dengan menampilkan aksi Tobey Maguire yang berperan sebagai Peter Parker alias Spiderman.

Film Spiderman 1 bercerita mengenai background Spiderman sekaligus awal mula Peter Parker mendapatkan kekuatan supernya.

Di film perdananya juga akan diceritakan awal mula kisah cinta Spiderman dengan Mary Jane Watson atau MJ yang diperankan oleh Kirsten Dunst. 

Dalam film Spiderman pertama besutan sutradara Sam Raimi ini, para penonton akan disuguhkan dengan aksi heroik Spiderman yang berhadapan dengan Green Goblin (Willem Dafoe). 

2. Spider-Man 2 (2004)

spiderman 2

Sumber: Imdb.com

Masih disutradarai oleh Sam Raimi, film Spiderman 2 berfokus pada cerita Tobey Maguire yang menghadapi Doctor Otto Octavius yang diperankan oleh Alfred Molina. 

Di film keduanya, Peter Parker sempat kehilangan kekuatan supernya karena kekecewaannya terhadap diri sendiri. 

Kekecewaan tersebut disebabkan karena ia tidak berhasil mendapatkan pekerjaan tetap. Tak hanya itu, hubunganya dengan para sahabatnya pun ikut renggang. 

Tanpa disadari, ternyata hal tersebut dapat memengaruhi kekuatan super dalam dirinya. 

3. Spider-Man 3 (2007)

film spiderman 3

Sumber: Imdb.com

Spiderman 3 merupakan film terakhir yang digarap oleh Sam Raimi. 

Film yang dirilis pada tahun 2007 ini sekaligus menjadi penanda era berakhirnya Spiderman yang diperankan oleh Tobey Maguire. 

Di awal cerita, Peter Parker memiliki kehidupan yang indah karena ia telah resmi berpacaran dengan MJ, sang pujaan hatinya sejak lama. 

Namun sayangnya, hubungannya dengan sahabat semasa sekolahnya yakni Harry Osborn (James Franco) memburuk. 

Sebab, Harry menganggap Spiderman sebagai musuh terbesarnya yang telah membunuh ayahnya yakni Green Goblin. 

Film Spiderman 3 menjadi puncak dari trilogi Spider-Man garapan Sam Raimi karena menampilkan aksi heroik yang memukau.

Di mana, Spiderman menghadapi tiga musuh sekaligus, yakni Sandman (Thomas Haden Church), Venom (Topher Grace), dan Green Goblin baru (James Franco).

Tak sampai di situ, dalam film ketiganya, Property People juga akan melihat perubahan kostum Spiderman dari yang awalnya berwarna merah dan biru menjadi hitam. 

4. The Amazing Spider-Man (2012)

urutan film spiderman seri The Amazing Spider-Man

Sumber: Imdb.com

Urutan film Spiderman keempat berjudul The Amazing Spider-Man yang dirilis pada bulan Juli tahun 2012 silam. 

Film Spiderman 4 menampilkan wajah baru Peter Parker yang diperankan oleh Andrew Garfield. 

Jika dibandingkan dengan film sebelumnya, The Amazing Spider-Man disutradarai oleh Marc Webb. 

Dengan demikian, jalan cerita yang disuguhkan tentunya berbeda. 

Pada film keempatnya, alur cerita berfokus pada awal mula Peter Parker mendapatkan kekuatan jaring laba-labanya.

Sosok Peter Parker di sini juga memiliki pujaan hati yang bernama Gwen Stacy yang diperankan oleh Emma Stone. 

Adapun, musuh pertama yang akan dihadapi oleh Andrew Garfield adalah sosok hewan yang merupakan hasil percobaan Dr.Connors yakni The Lizards (Rhys Ifans).

5. The Amazing Spider-Man 2 (2014)

The Amazing Spider-Man 2

Sumber: Imdb.com

Jika dibandingkan dengan Tobey Maguire, sosok Spiderman yang diperankan oleh Andrew Garfield memang cukup singkat. 

Pasalnya, Andrew harus berpuas diri dengan hanya tampil dalam dua film Spiderman saja, mengingat sekuel lainnya batal diproduksi. 

Dalam film The Amazing Spider-Man 2, Peter Parker harus menghadapi tiga penjahat sekaligus, yakni Electro (Jamie Foxx), Rhino (Paul Giamatti), dan Green Goblin (Dane DeHaan).

Perjuangan Spiderman dalam menyelamatkan warga kian berat, mengingat sang kekasih yakni Gwen Stacy harus dijadikan umpan untuk menyerang psikologis Peter. 

Ketika menonton film Spiderman ini, Property People harus menyiapkan tisu. Pasalnya, salah satu adegan film akan membuat para penonton sedih!

6. Captain America: Civil War (2016)

urutan film spiderman di marvel

Sumber: Independent.co.uk

Era baru Spiderman dimulai dengan menampilkan bintang muda Hollywood Tom Holland yang berperan sebagai Peter Parker.

Karakter Peter Parker yang diperankan oleh Tom Holland sekaligus menjadi penanda bahwa Spiderman sudah resmi menjadi bagian dari dunia MCU. 

Seakan tak ingin terburu-buru menampilkan Spiderman dalam film solonya, pihak Marvel pun memperkenalkan karakter Spiderman baru ini dalam film Captain America: Civil War.

Diceritakan bahwa Spiderman merupakan pahlawan super yang direkrut langsung oleh Tony Stark atau Iron Man (Robert Downey Jr.).

7. Spider-Man: Homecoming (2017)

urutan film spiderman tom holland

Sumber: Cinema.everyeye.it

Urutan film Spiderman selanjutnya masih diperankan oleh Tom Holland. 

Kali ini, Spiderman diperkenalkan langsung dalam film solonya yang berjudul Spider-Man: Homecoming.

Spiderman Homecoming mengambil latar waktu setelah terjadinya peristiwa Civil War, di mana Peter Parker harus kembali ke kehidupan normalnya di SMA.

Dalam film garapan sutradara Jon Watts ini, Peter harus berhadapan langsung dengan Vulture (Michael Keaton), sosok jahat dengan kekuatan super yang sangat canggih. 

Tak hanya dimanjakan dengan aksi dari Spiderman saja, ketika menonton film ini, Property People juga akan melihat aksi Robert Downey Jr. yang berperan sebagai Iron Man atau mentor dari Spiderman.

8. Avengers: Infinity War (2018)

spiderman di Avengers

Sumber: Time.com

Selang setahun penayangan film solonya, Spiderman pun harus kembali menghadapi penjahat dalam film Avengers: Infinity War.

Namun kali ini, Spiderman tak menghadapi musuh seorang diri, melainkan bersama para Avengers lainnya, seperti Iron Man, Black Widow, Thor, Captain America, Doctor Strange, hingga Hulk. 

Hubungan Peter Parker dengan sang mentor yakni Tony Stark semakin solid.

Hal tersebut ditunjukkan dengan Peter Parker yang sudah menggunakan teknologi dari Stark dalam kostumnya. 

9. Avengers: Endgame (2019)

Avengers Endgame

Sumber: Imdb.com

Debut Spiderman bersama dengan The Avengers harus berakhir dalam film Avengers: Endgame yang dirilis pada tahun 2019 silam.

Film Avengers: Endgame menceritakan kisah para pahlawan super MCU yang harus bertarung hingga titik darah penghabisan untuk melawan musuh terkuat mereka yakni Thanos.

Dalam film ini, para Avengers mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran yang disebabkan oleh Thanos. 

Meskipun memiliki peran yang tidak terlalu besar, tetapi nyatanya para penonton terharu dengan momen yang dihadirkan oleh sosok Peter Parker dan Tony Stark. 

10. Spider-Man: Far From Home (2019)

spiderman Far From Home

Sumber: Themoviedb.org

Masih di tahun yang sama, Marvel pun kembali merilis film Spider-Man: Far From Home yang menjadi film solo Spiderman lainnya dari Tom Holland. 

Mengambil latar belakang pasca peristiwa Endgame, Spider-Man: Far From Home berfokus pada cerita Peter Parker yang tengah melakukan perjalanan ke Eropa bersama teman-teman sekolahnya.

Setelah kejadian Endgame, Peter memutuskan untuk berhenti menjadi seorang superhero dan harus bangkit dari luka mendalamnya setelah ditinggal oleh mentor terbaiknya, Tony Stark. 

Namun karena suatu peristiwa, Peter mau tak mau harus kembali menggunakan kekuatan supernya demi mengalahkan sosok penjahat Mysterio (Jake Gyllenhaal) ketika sedang berlibur. 

Di sini, hubungan Peter dan pujaan hatinya Michelle Jones (MJ) pun semakin dekat.

11. Spider-Man: No Way Home (2021) 

spiderman no way home urutan film spiderman terakhir

Sumber: Imdb.com

Urutan terakhir dalam film Spiderman ditandai dengan dirilisnya film Spider-Man: No Way Home.

Masih diperankan oleh Tom Holland, film yang dirilis pada akhir Desember 2021 lalu ini berfokus pada kehidupan Peter Parker yang semakin kacau kala identitasnya sebagai Spiderman sudah ketahuan. 

Peter pun meminta bantuan kepada Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) untuk menggunakan kekuatannya agar semua orang melupakan bahwa Peter Parker adalah Spiderman. 

Namun, mantra yang diucapkan oleh Doctor Strange membawa petaka, di mana gerbang semesta untuk menuju alam lain ikut terbuka. 

Sontak saja, hal tersebut membuat para penjahat dari multiverse lain muncul di dunia Peter. 

Spider-Man: No Way Home menjadi film Spiderman paling epik sekaligus sempurna. 

Selain menampilkan aksi memukau dari Tom Holland, para penonton pun akan diajak bernostalgia dengan kehadiran Spiderman lintas generasi.

Di mana, baik Tobey Maguire serta Andrew Garfield pun ikut ambil bagian dalam film ini. 

***

Nah, itulah urutan film Spiderman, mulai dari yang diperankan oleh Tobey Maguire hingga Tom Holland. 

Selamat menonton!

Temukan informasi menarik lainnya seputar rekomendasi film hanya di artikel.rumah123.com.

Ingin mendapatkan berita terbaru? Kamu dapat mengikuti akun Google News kami, lo!

Bagi Property People yang sedang mencari hunian eksklusif di kawasan Depok, Cimanggis Golf Estate bisa menjadi pilihan menarik, nih.

Yuk, segera wujudkan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123.com karena kami pastinya selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA