OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Apa Saja Untung Rugi Tenor KPR 35 Tahun? Begini Penjelasannya!

24 Januari 2024 · 3 min read Author: Hendi Abdurahman · Editor: Bobby Agung Prasetyo

kpr 35 tahun

KPR 35 tahun | shutterstock

Sejumlah pengamat memberikan pandangannya terkait untuk rugi tenor KPR 35 tahun yang saat ini sedang digodok Pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Budi Frensidy, salah satu pengamat ekonomi menyebutkan bahwa tenor Kredit Pemilikan Rumah (KPR) perlu diperpanjang untuk memperbesar peluang disetujuinya permohonan KPR masyarakat.

Lebih lanjut, Budi berpendapat bahwa idealnya cicilan bulanan untuk KPR adalah sepertiga dari gaji atau pendapatan bulanannya lebih dari 3 kali angsuran bulanan KPR.

“Ini terjadi karena tingginya harga rumah di saat gaji umumnya masih rendah dan bunga juga relatif tinggi yaitu di atas 7,5 persen atau 8 persen,” tutur Budi kepada kontan.co.id.

Untung Rugi Tenor KPR 35 Tahun

untung rugi tenor kpr 25 tahun

sumber: dok. PUPR

Selain itu, Budi Frensidy juga mengungkapkan KPR dengan tenor yang panjang mempunyai untung ruginya.

Dari sisi untungnya, tenor panjang KPR membuat angsuran yang mesti dibayarkan tiap bulan lebih rendah.

Sementara di sisi lain, kekurangannya adalah waktu pelunasan lebih lama, terlebih biaya lainnya seperti asuransi jiwa dan asuransi kerugian pun ikut naik serta bunga yang mesti dibayarkan tentunya akan lebih panjang.

Pendapat lainnya datang dari pengamat perbankan SVP, Head of Research Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPPI), Tioksa Siahaan.

Menurutnya, jangka waktu angsuran KPR yang panjang cukup menguntungkan perbankan lantaran bakal memperoleh pendapatan bunga dalam jangka waktu yang panjang.

Adapun kekurangan dari tenor KPR yang panjang, kata Tioksa Siahaan, akan sangat membebani debitur dan alangkah baiknya tenor tersebut memperhatikan usia produktif debitur.

Tenor Panjang Bantu Meringankan Beban Cicilan?

Sama halnya dengan Bank Tabungan Negara (BTN), PT Bank Mandiri Tbk juga mendukung kebijakan pemerintah terkait tenor KPR 35 tahun.

Hal ini untuk mendukung meringankan beban cicilan bulanan dan menarik lebih banyak calon pembeli rumah.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto memaparkan skema ini memperbesar peluang gen Z dan milenial untuk bisa mendapatkan hunian idaman tanpa mengorbakan gaya hidup.

“Bisa lebih terjangkau dan memperluas individu untuk membeli rumah sesuai impiannya,” kata Aquarius kepada kontan.co.id.

Untuk kamu ketahui, nasabah KPR Mandiri yang memiliki tenor kredit lebih dari 20 tahun hanya sekitar 1 persen.

Pasalnya, mayoritas tenor kredit nasabah KPR Mandiri saat ini berada di kisaran 10 tahun hingga 15 tahun.

***

Itulah informasi perihal keuntungan dan kerugian tenor Kredit Pemilikan Rumah 35 tahun.

Baca informasi menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar rumah, inilah saatnya buat ngobrolin properti di laman Teras123.

Ya, dapatkan trik dan tips seputar hunian sekaligus rekomendasi properti terbaik hanya di Rumah123 karena #SemuaADAdiSini.


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA