Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto) Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Kalau diperhatikan begitu banyak jenis pagar. Ada yang memasang pagar dari batu bata, batu alam, beton, besi, material kayu, hingga tanaman.

Semua terlihat indah. Pagar dari batu alam, kayu, dan tanaman akan memberi kesan alami. Sedangkan pagar dari beton, batu bata, dan besi bisa mengesankan megah.

Baca juga: Tinggal di Rumah Kecil? Nggak Usah Pusing Ah!

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa menentukan pilihan, tetapi sebelum itu kamu harus memahami kenapa harus ada pagar di depan rumah?

Pertama, keamanan. Kecuali kamu tinggal di sebuah kompleks perumahan tanpa pagar dan memiliki sistem keamanan ketat, ya kamu tidak perlu memiliki pagar. Biasanya rumah dalam cluster ini memang didesain tanpa pagar.

Baca juga: Pencahayaan di Kamar Mandi? Wah, Mesti Terang Benderang Lho!

Nah, kalau kamu tidak tinggal di perumahan seperti ini, sebaiknya kamu memiliki pagar dari material apa pun itu. Kamu tidak ingin dong ada orang tidak dikenal nyelonong masuk ke rumah.

Kedua, privacy. Rumah adalah area privat. Tidak semua orang diijinkan masuk kecuali tetangga, kerabat, dan teman.

Baca juga: Memanfaatkan Loteng Sebagai Ruangan? Jangan Lupakan Hal Berikut Ini

Selain itu, ketika kamu berada di rumah, kamu tidak ingin diganggu dong. Tidak nyaman rasanya kalau ada orang bisa melongok melihat ke dalam rumah, kan?

Ketiga, estetika eksterior. Rumah akan tampil indah kalau memiliki eksterior dan interior yang sempurna.

Baca juga: Yuk, Percantik Interior dengan Tanaman dalam Pot

Ketika melewati sebuah rumah dengan pagar bagus, kamu tentunya akan melihat. Begitu juga kalau orang melihat rumah kamu dengan pagar yang cantik, pasti kamu akan bangga, kan? Apalagi kalau ada orang yang memuji pagar rumah.

Bagikan:
2786 kali