OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Tren Pencarian Properti Perempuan Indonesia Meningkat, Kalangan Usia Produktif Mendominasi

09 Juni 2023 · 4 min read Author: Elmi Rahmatika

tren pencarian properti perempuan indonesia meningkat

Sumber: shutterstock.com

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2023, 99 Group mengkaji seperti apa perkembangan industri properti dan perempuan Indonesia. Terungkap, tren pencarian properti para perempuan Indonesia meningkat cukup signifikan.

Berdasarkan data internal 99 Group Indonesia, pertumbuhan minat para perempuan terhadap properti ini dipengaruhi oleh berbagai faktor baik secara langsung maupun tidak langsung.

Di sisi lain, data ini sekaligus juga bisa menjadi acuan bagi para stakeholder seperti pengembang properti untuk mempertimbangkan lebih dalam kebutuhan perempuan akan hunian.

Apalagi saat ini banyak perempuan sudah memegang peranan penting dalam industri properti, baik sebagai pembeli, pengambil keputusan, investor, maupun pelaku industri itu sendiri.

Tren Pencarian Properti Perempuan Indonesia Meningkat Signifikan

minat perempuan indonesia terhadap properti

Sumber: shutterstock.com

Data 99 Group Indonesia mengungkapkan, pencarian properti kalangan perempuan meningkat sekitar 12 persen pada periode Januari-Februari 2023, yaitu menjadi sebesar 58,7 persen.

Sementara pada periode yang sama di tahun 2022, pencari properti kalangan perempuan saat itu hanya 46,6 persen.

Lima kota terfavorit para perempuan untuk pencarian properti adalah Tangerang (31,9%), Bandung (16,7%), Jakarta Barat (15,8%), Jakarta Selatan (12,4%), dan Bekasi (6,4%).

Kelima kota ini cenderung dekat dengan pusat kota Jakarta sehingga bisa mendukung keseharian perempuan dalam beraktivitas dan mengakses fasilitas publik yang lebih terjangkau dan mumpuni.

Country Manager 99 Group Indonesia, Maria Herawati Manik mengungkapkan, “Banyak perempuan saat ini telah memiliki penghasilan sendiri dengan didukung kemampuan mengelola keuangan yang baik. Perempuan juga semakin melek properti dengan menyadari pentingnya memiliki properti sebagai potensi investasi jangka panjang.”

Selain untuk investasi, perempuan juga membutuhkan hunian sebagai tempat tinggal yang aman dan nyaman, utamanya saat memulai kehidupan keluarga baru bersama pasangannya.

Rumah Tapak Paling Diminati Kaum Perempuan

tren pencarian properti perempuan indonesia

Sumber: shutterstock.com

Dari data 99 Group Indonesia ini juga diketahui bahwa rumah tapak jadi tipe hunian yang paling diminati jauh mengungguli tipe hunian lainnya karena berbagai alasan.

Product and Business Ops General Manager 99 Group Indonesia, Shafirra Shikka Larasati, menjelaskan, “Pencarian tipe properti di kalangan perempuan sangat didominasi oleh rumah tapak (99,8%), disusul apartemen (0,2%). Hal ini mengindikasikan preferensi perempuan cenderung memilih rumah tapak dikarenakan beberapa alasan, seperti fleksibilitas penggunaan ruang, kebutuhan privasi yang lebih besar dan kepemilikan terhadap tanah serta area yang lebih luas dan dapat memiliki area taman.”

Jika dirunut lebih jauh, fakta-fakta di atas sangat berhubungan erat dengan demografi para perempuan pencari properti itu sendiri.

Misalnya dari sisi usia, perempuan yang aktif mencari properti didominasi kalangan usia produktif, yakni rentang usia 25-34 tahun (38,9%) dan 35-44 tahun (27,3%).

Dua kelompok usia tersebut memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk memiliki hunian dan tentunya memiliki tingkat kebutuhan hunian yang lebih tinggi.

Di sisi lain, perempuan kalangan Gen-Z, juga mulai memiliki minat yang cukup tinggi dalam mencari properti dengan persentase sebesar 20,6 persen.

“Perempuan Gen-Z mulai memasuki pasar tenaga kerja sehingga mereka berusaha membangun kemandirian finansial sekaligus mengumpulkan berbagai macam informasi yang diperlukan untuk mendapatkan hunian impian mereka. Mereka mulai menyadari pentingnya memiliki hunian sebagai aset dan potensi investasi jangka panjang,” papar Laras.

99 Group Berkomitmen Penuh Terhadap para Kartini Indonesia

para kartini 99 group

99 Group Indonesia ke depannya berkomitmen untuk terus menjaga semangat Kartini di industri properti.

VP People 99 Group, Tina Doulat, menyatakan bahwa perempuan Indonesia saat ini telah jauh lebih maju dan mengambil banyak peran strategis di berbagai bidang, termasuk di industri properti.

“Keterlibatan perempuan dalam industri properti semakin penting dan semakin banyak terlihat dalam industri ini. Saya optimistis semangat Kartini untuk terus belajar dan mengembangkan diri dapat membantu perempuan-perempuan Indonesia untuk semakin berdaya dalam mendukung pengembangan sektor properti nasional,” terang Tina.

Komitmen untuk menjaga semangat Kartini di industri properti pun disampaikan oleh Marketing Communication Manager 99 Group Indonesia Elizabeth Cornelia.

Menurut Elizabeth, ke depannya pengembangan sektor properti perlu mempertimbangkan perspektif dan kebutuhan para perempuan.

“Hal ini diharapkan mampu memberdayakan para perempuan pencari properti agar bisa semakin mandiri dan mendapatkan wawasan yang cukup dalam mempersiapkan diri untuk memperoleh properti impiannya,” ujar Elizabeth.

***

Semoga semangat Kartini juga terus menyala di dirimu, Property People.

Temukan informasi seputar properti di Indonesia hanya di artikel.rumah123.com.

Supaya enggak ketinggalan beritanya, ikuti Google News Rumah123.com sekarang juga.

Jangan lupa mengunjungi www.rumah123.com jika sedang mencari rumah impianmu.

Dapatkan berbagai promo dan diskon menggiurkan yang pastinya #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Elmi Rahmatika

Content Jr. Manager

Lulusan Sastra Inggris Universitas Pendidikan Indonesia yang suka menulis seputar gaya hidup dan sastra remeh-temeh. Sejak 2019 bergelut di dunia properti dan penulisan konten SEO di 99 Group. Di waktu senggang senang baca apa saja dan jalan-jalan.
Selengkapnya