OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Tren Harga Rumah Naik Sebesar 4,2 Persen Per April 2023, Medan Pimpin Kenaikan Harga

17 Mei 2023 · 3 min read Author: Shafira Chairunnisa

Tren Harga Rumah

sumber: shutterstock

Harga rumah di Indonesia kembali mengalami kenaikan, terutama di kota Medan. Konon, hal ini karena infrastruktur kota yang sudah semakin berkembang. Simak berita selengkapnya di sini!

Menurut data dari Flash Report 99 Group Mei 2023, terdapat kenaikan harga rumah tahunan pada April 2022 hingga April 2023 mencapai 4,2 persen.

Kenaikan paling tinggi ada di kota Medan, tetapi kota-kota lain di Indonesia pun terlihat turut mengalami peningkatan harga rumah.

Hal ini membuat saat ini merupakan waktu tepat untuk menjual rumah seken milikmu.

Simak berita selengkapnya terkait tren harga rumah tahunan di Medan dan kota-kota lain di Indonesia di bawah ini!

Tren Harga Rumah Tahunan di Medan Meningkat

Tren Harga Rumah medan

sumber: shutterstock

Melansir dari Flash Report Rumah123.com bulan Mei 2023, harga rumah di Indonesia secara tahunan mengalami kenaikan sebesar 4,2 persen pada April 2023 sejak April 2022 lalu.

Salah satu kota yang mengalami kenaikan harga tertinggi adalah Medan dengan kenaikan tahunan berkisar antara 0,4 persen hingga 11,1 persen.

Kenaikan ini konon dipengaruhi oleh infrastruktur kota Medan yang semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Infrastruktur yang memengaruhi di antaranya adalah pengembangan infrastruktur tol di Sumatera Utara yang menghubungkan Binjai hingga Pangkalan Brandan.

Pembangunan seksi 1, yakni dari Binjai ke Stabat, dengan panjang 11,8 km telah beroperasi dan diresmikan pada Februari 2022 lalu.

AVP Marketing 99 Group Indonesia, Firman Pamungkas Putra, mengatakan, harga rumah bisa makin meningkat apabila seksi 2 dan seksi 3 infrastruktur berhasil terbangun.

“Harapannya pengembangan Seksi 2: Stabat-Tanjung Pura dan Seksi 3: Tanjung Pura-Pangkalan Brandan yang ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan hingga akhir tahun 2023 ini, selain bisa menghemat durasi perjalanan, juga berpotensi meningkatkan geliat aktivitas perekonomian di area kawasan yang secara tidak langsung membuat area tersebut semakin menarik untuk dijadikan sebagai tempat tinggal atau komersil sehingga membawa nilai tambah terhadap prospek pengembangan properti di kawasan,” ujarnya.

Kenaikan Harga Terjadi di Kota Besar Indonesia Lainnya

Tren Harga Rumah jabodetabek

sumber: shutterstock

Selain di Medan, kota-kota lain di Indonesia juga mengalami kenaikan harga rumah.

Sebagai contoh, di pulau Jawa dan Jabodetabek, semua kota tercatat mengalami peningkatan harga tahunan.

Kota-kota yang mengalami kenaikan tertinggi di antaranya adalah Solo (5,5 persen), Surabaya (5,3 persen), Semarang (4,7 persen), dan Bandung (2,3 persen).

Sementara itu, di Jabodetabek, kenaikan terjadi di Bogor (5,2 persen), Tangerang (4,8 persen), Depok (4,3 persen), Bekasi (3,2 persen), dan Jakarta (2,4 persen).

Sama seperti di Medan, kenaikan harga rumah pun dipengaruhi oleh sarana umum yang berkembang, seperti tol baru, KRL, dan LRT (Light Rail Transit).

Untuk melihat data dan ulasan selengkapnya, unduh Flash Report

Guna melihat data lebih lengkap, unduh Flash Report 99 Group Bulan Mei 2023 tentang Tren Harga Rumah sebagai bahan rujukan beli atau jual hunian.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Temukan beragam informasi menarik hanya di Google News Rumah123.

Kunjungi pula artikel.rumah123.com untuk menemukan berita terkait properti.

Pastikan juga membuka laman Rumah123.com untuk menemukan hunian impian.

Tenang saja, kami selalu #AdaBuatKamu dengan berbagai penawaran properti yang menarik!


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA