OK

Titik Termacet di Indonesia Ada di Surakarta, Begini Progres Proyek Underpass Simpang Joglo

19 Juli 2022 · 3 min read · by Christantio Utama

Underpass Simpang Joglo Featured Image

Sumber : Skycrapercity

Untuk mengatasi kemacetan di Simpang Joglo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun proyek underpass Joglo yang dimulai pada akhir 2022 nanti.

Melansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Selasa (11/1/2022), proyek Underpass Simpang Joglo Surakarta ini direncanakan akan dimulai pada akhir tahun 2022 dan ditargetkan rampung pada tahun 2024.

Underpass tersebut dibangun untuk mendukung dimulainya pembangunan jalur ganda Kereta Api Solo Balapan-Kalioso dan rekayasa lalu lintas untuk kelancaran mobilitas di Simpang Joglo Kota Surakarta oleh Kementerian Perhubungan yang selama ini sering terjadi kemacetan akibat persimpangan sebidang jalur kereta api.

“Saat ini juga sedang disiapkan nota kesepahaman, sehingga masing-masing pihak mengetahui siapa berbuat apa dalam mengatasi kemacetan di Simpang Joglo,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dalam pernyataan tertulisnya.

lokasi pembangunan underpass simpang joglo

Sumber: Bimata.id

Hedy memastikan Kementerian PUPR melakukan pembangunan Underpass Jalan Nasional Jalan Ki Mangunsarkoro – Jalan Sumpah Pemuda. 

Selain itu, Kementerian PUPR juga terlibat dalam penyusunan desain manajemen lalu lintas Simpang Joglo Kota Surakarta dan memberikan masukan teknis dalam pembangunan jalan layang kereta api.

Hedy juga mengatakan permasalahan di Simpang Joglo sudah terjadi sejak lama. 

Padahal jalur tersebut merupakan jalur logistik nasional non tol penghubung Surabaya-Jakarta.   

Untuk itu, Hedy menegaskan Kementerian PUPR akan mendukung dengan membangun underpass. 

“Sekarang ini sedang kita siapkan untuk pembebasan lahan dan desain underpass-nya dan kita harapkan pada awal semester II 2022 sudah kita siapkan penyedia jasanya sehingga akhir 2022 sudah mulai konstruksi,” ungkap Hedy.

Underpass simpang Joglo progres pembangunan

Sumber: Kementerian PUPR

Underpass tersebut memiliki total panjang 434 meter dengan lebar 18 meter. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, jalanan di Simpang Joglo, Kota Surakarta merupakan daerah dengan titik kemacetan tertinggi di Indonesia. 

“Daerah ini macetnya luar biasa, dari survei yang dilakukan kerja sama dengan UNS – UGM, ini memang jadi keharusan untuk kita lakukan rekayasa konstruksi agar kemacetan itu terurai. Maka timbul satu ide membuat Elevated Art Bridge Composite,” kata Budi.

Dengan adanya underpass ini, nantinya diharapkan situasi lalu lintas di sekitar simpang Joglo, Kota Surakarta akan lebih lancar.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai proyek underpass Simpang Joglo yang baru akan dibangun pada akhir tahun ini.

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Southeast Capital Jakarta Timur.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Christantio Utama

Penulis Rumah123.com yang terus belajar tentang dunia Properti dan Keuangan.
Karena memiliki rumah adalah impian dan mencari uang adalah kewajiban.
Pecinta olahraga Badminton dan penonton setia kartun Digimon.