Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Sebelum menjual rumah, ada sejumlah hal yang harus kamu lakukan. Tentunya agar rumah dalam kondisi bagus dan kamu bisa menjualnya dengan harga tinggi. Apa saja sih yang mesti dilakukan?

Jika kamu ingin menjual properti, kamu nggak bisa memasarkannya tanpa memolesnya terlebih dahulu. Sejumlah perawatan harus dilakukan secara rutin.

Hal ini mesti dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk datang dan kemudian membelinya. Kalau tidak dilakukan, mana mau pembeli datang. Kalau pun datang, mereka pasti meminta harga diturunkan. Pastinya kamu nggak mau kan?

Baca juga: Tips Jual Rumah: Jadi Rumah Pertama atau Rumah Selamanya?

Situs properti Realtor memberikan ulasan mengenai perawatan yang tidak boleh dilupakan sebelum menjual rumah. Perawatan apa saja yang mesti dilakukan?

Pertama, merawat taman, beranda, dan jalan masuk ke rumah. Selain fasad rumah, bagian depan seperti taman dan beranda menjadi hal pertama yang dilihat oleh orang yang datang untuk melihat rumah.

Pastikan kalau taman terawat rapi, beranda tidak berantakan. Tidak ada kotoran seperti daun-daun atau sampah yang berserakan. Selain itu, gunakan lampu dengan pengatur waktu sehingga rumah tidak terlihat gelap saat malam.

Baca juga:  Tips Jual Rumah: Riset Dulu Sebelum Tentukan Harga Jual

Kedua, cek saluran air, talang, dan dak. Coba cek saluran air, talang, atau dak. Mungkin ada daun, sampah, atau kotoran yang berserakan.

Jika kamu tidak mengeceknya, bukan tidak mungkin saluran air mampet atau dinding terkena rembesan air. Hal ini bisa merusak rumah lho.

Ketiga, jangan biarkan binatang kecil berkeliaran. Saat kamu ingin menjual rumah, mungkin rumah dalam keadaan kosong. Tanpa kamu sadari, rumah mulai didatangi tikus, kecoa, kalajengking, semut, dan lainnya.

Baca juga:  Tips Jual Rumah: Kalau Fotonya Jelek, Mana Mau Pembeli Datang

Saat kamu melihat ada lubang kecil, segera tutup karena tikus bisa masuk ke rumah kamu. Jangan lupa untuk menebarkan anti serangga agar rumah terbebas dari serbuan binatang kecil.

Keempat, jendela dalam keadaan bersih. Jendela bisa berada di mana saja, mulai dari lantai satu hingga lantai dua. Jendela biasanya ada di ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, dan lainnya.

Mungkin kamu hanya membersihkan jendela depan rumah dan melupakan jendela lainnya. Pastikan semua jendela dalam keadaan bersih.

Baca juga:  Tips Jual Rumah: Kok Harga Rumah Bisa Beda Sih

Kelima, pendingin udara dan exhaust dalam keadaan bersih. Jika kamu menjual rumah dengan mengikutsertakan pendingin udara atau exhaust, pastikan semuanya dalam keadaan bersih dan berfungsi dengan baik.

Jangan sampai calon pembeli melihat ada pendingin udara yang tidak berfungsi atau exhaust yang kotor. Bukan tidak mungkin mereka tidak suka.

Nah, pastikan semua ini dilakukan agar rumah kamu terlihat keren di mata calon pembeli. Kalau nggak, mana bisa kamu meminta harga tinggi sesuai permintaan.

Baca juga:  Tips Jual Rumah: 6 Keuntungan Memakai Agen Properti

Bagikan: 797 kali