Hunian Dekat Stasiun Atau Jalur Kereta Memang Memudahkan Saat Bepergian, Tapi Juga Rawan Polusi Suara (Foto: Rumah123/News.com.au)

Banyak hal yang harus kamu ketahui dan pertimbangkan saat membeli rumah. Salah satunya adalah soal polusi suara. Hal ini bisa memengaruhi kamu dan keluarga saat menempati rumah lho.

Sebelum membeli rumah, kamu akan mempertimbangkan sederetan faktor seperti luas, harga, lokasi, fasilitas, kondisi, dan lainnya. Mungkin kamu sudah memeriksa semuanya dan merasa cocok dengan hunian yang kamu incar.

Tetapi, sudahkah kamu mempertimbangkan hal lain seperti polusi suara? Jika kamu tinggal di suatu tempat, kamu akan mendengarkan suara. Suara ini bisa menjadi buruk, baik, atau biasa saja.

Baca juga: Tips Beli Rumah: 7 Tanda Lokasi Rumah Kamu Memang Bagus

Kalau kamu menetap di pusat kota, kamu akan mendengarkan keramaian dari kendaraan bermotor yang lalu lalang, orang bicara, penjual makanan, dan lainnya. Beda halnya kalau kamu tinggal di pedesaan, kamu tidak terlalu terganggu oleh suara.

Situs properti Realtor mengungkapkan polusi suara dapat berdampak pada properti. Bayangkan kalau kamu membeli rumah dengan polusi suara, lantas karena merasa terganggu, kamu ingin menjualnya. Tapi, siapa yang mau membeli kalau mereka tahu bakal terganggu oleh suara bising.

Suara bising alias polusi suara ini datang dari bandara udara, perlintasan kereta api atau kereta listrik, atau jalan tol. Rumah berlokasi dekat bandara memang menyenangkan karena kamu bisa pergi dengan mudah. Tapi, bayangkan kerasnya suara pesawat saat mendarat atau lepas landas.

Baca juga:  Tips Beli Rumah: Alasan Kenapa Kaum Milenial Harus Beli Rumah Pada Usia 20-an

Bagaimana juga dengan suara kereta api atau commuter line yang melintas? Nah, bagaimana juga dengan suara bus yang lalu lalang? Lokasi rumah dekat stasiun commuter line tentu memudahkan beraktivitas, tetapi bagaimana dengan suara bising dari kereta yang lewat?

Polusi suara lainnya datang dari tetangga, sekolah, dan lainnya. Mungkin tetangga kamu punya anjing peliharaan yang menggonggong, anak-anak yang bermain, atau tetangga yang mempunyai bisnis restoran.

Ada cara yang efektif untuk mengetahui polusi suara ini supaya kamu tidak terganggu saat menempati rumah. Sebelum membeli, pastikan kamu mendatangi lokasi pada waktu yang berlainan.

Baca juga:  Tips Beli Rumah: 8 Fasilitas Rumah yang Mesti Dicek Orang Tua Sebelum Beli Hunian

Suasana jam 10.00 pagi tentunya berbeda dengan pukul 20.00 malam. Kalau lingkungan rumah sedikit berisik saat siang, ya harap maklum. Lain halnya kalau malam hari saat kamu mau tidur, tetapi masih ada suara berisik. Gimana mau tidur nyenyak?

Jangan lupa untuk bertanya kepada mereka yang sudah tinggal di kawasan tersebut. Mereka pastinya lebih tahu soal suasana sekitar.

Nah, sebelum membeli rumah, pastikan dulu untuk mendatangi lokasi hunian, tentunya untuk mencari tahu apakah ada polusi suara. Kalau ada, mungkin kamu akan terganggu. Selain itu, saat kamu mau menjualnya lagi, mungkin tidak ada yang mau membelinya karena ada gangguan suara.

Baca juga:  Tips Beli Rumah: 5 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Kalau Mau Punya Hunian Pada 2019

Bagikan: 477 kali