Ilustrasi Renovasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Jangan pernah menganggap rumah kamu dalam keadaan sempurna selamanya. Insiden bisa terjadi kapan saja, kamu harus siap memiliki dana darurat renovasi hunian.

Apa sih dana darurat renovasi rumah? Ini merupakan dana yang sudah disisihkan untuk membayar perbaikan rumah yang bersifat tidak terduga. Kamu bisa mengambil uang tersebut secepat mungkin, tanpa perlu mikir kamu mengambil uang dari pos pengeluaran yang mana.

Kamu tidak menempatkan dana ini dalam bentuk investasi jangka panjang. Jika kamu memilih untuk menyimpannya dalam bentuk tabungan sudah cukup.

Baca juga: Renovasi Rumah Bisa Naikkan Nilai Jualnya Lho!

Managing Director United Capital Financial Advisers, Byron Ellis menyatakan kepada situs properti Realtor bahwa pemilik rumah nggak perlu terlalu kreatif dengan dana cadangan. Tabungan biasa di bank jadi pilihan yang pas.

Jadi kamu hanya perlu menyisihkan uang dalam bentuk tabungan. Kamu bisa menyisihkannya setiap bulan. Nggak ada salahnya juga untuk membuat rekening terpisah.

Berapa sih besarannya? Ellis menyatakan kalau besar dana darurat renovasi rumah berkisar antara 1% hingga 3% dari harga rumah. Jika kamu memiliki rumah senilai Rp500 juta, sediakan uang Rp5 juta hingga Rp15 juta untuk dana renovasi rumah.

Baca juga:  Renovasi yang Bikin Rumah Berlimpah Cahaya Matahari

Gimana cara menghitungnya? Ya, kamu kira-kira saja berapa harga pasaran rumah atau kamu bisa melihat NJOP (nilai jual obyek pajak) dari rumah kamu. Gampang banget kan?

Kamu harus menyediakan dana perbaikan rumah lho. Saat musim hujan tiba, kamu akan menemukan atap rumah bocor, dak dan tembok merembes, saluran air mampet, dan lainnya. Padahal kamu sudah melakukan perawatan rutin.

Saat kamu memanggil tukang bangunan untuk melakukan perbaikan, kamu akan kaget karena besarnya biaya perbaikan. Tetapi, jika kamu sudah menabung sejak awal, maka kamu tidak perlu khawatir lantaran dana sudah tersedia.

Baca juga:  Beli Rumah Murah, Renovasi, Jual, Truz Milenial Bisa Beli Hunian Impian

Setelah beberapa waktu, rumah tentunya semakin berumur kan? Ada saja yang copot, rusak, dan lainnya. Rumah pun perlu perawatan.

Kalau pun kamu melakukan perawatan rutin, biasanya selalu ada insiden yang tidak diduga kok. Namanya juga insidental. Makanya, kamu perlu dana darurat renovasi rumah.

Bagikan: 512 kali