stadion wembley- rumah123.com Stadion Wembley di London, Inggris Menjadi Bangunan dengan Jumlah Toilet Terbanyak di Dunia. Jumlah Toiletnya Mencapai 2.618 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Stadion Wembley diklaim memiliki jumlah toilet terbanyak di dunia. Jumlah toiletnya mencapai 2.618 toilet. Wah, banyak banget kan?

Wembley merupakan stadion yang berada di ibu kota Inggris, London. Stadion ini memiliki kapasitas penonton mencapai 90.000 orang.

Asosiasi Sepak Bola Inggris, FA memiliki stadion ini. Kapasitas stadion yang besar tentunya membutuhkan fasilitas penunjang yang memadai.

Baca juga: Rencana David Beckham Bikin Stadion di Miami, Amerika Serikat Sudah Disetujui Lho

Salah satunya adalah toilet. Akun media sosial Twitter resmi Stadion Wembley @wembleystadium pernah berkicau bahwa “Stadion Wembley memiliki 2.618 toilet, jumlah ini lebih banyak dari bangunan apa pun di dunia. Pastikan kalau Anda menggunakan fasilitas kamu sebelum meninggalkan stadion.”

Sayangnya, tidak ada penjelasan berapa jumlah toilet untuk laki-laki maupun perempuan. Namun, jumlah toilet memang harus disesuaikan dengan jumlah penonton.

Biasanya saat rehat pertandingan antara babak pertama dengan babak kedua, para penonton akan ke kamar kecil. Bisa dibayangkan kalau jumlah toilet sangat sedikit.

Kapasitas Stadion Bisa Berbeda Tergantung Kebutuhan

Stadion Wembley memiliki kapasitas 90.000 penonton untuk pertandingan sepak bola, rugby, atau pun tinju. Kapasitasnya bisa berkurang tergantung jenis penyelenggaraan.

Federasi Sepak Bola Eropa UEFA hanya membatasi jumlah penonton antara 86.000 hingga 87.000. Untuk penyelenggaraan American Football juga hanya 86.000.

Untuk penyelenggaraan atletik, malah hanya 60.000 hingga 72.000 penonton. Sementara untuk konser musik, kapasitas berkisar antara 75.000 hingga 90.000 penonton duduk dengan tambahan 15.000 penonton berdiri.

Wow, kalau kamu menonton konser di Stadion Wembley dan ingin ke kamar kecil, kamu harus bersaing dengan puluhan ribu orang lainnya. Seperti apa ya antrinya?

Stadion dengan Kapasitas Terbesar Kedua di Eropa

Stadion Wembley mulai dibangun sejak 2002. Pembangunannya memakan waktu cukup lama dari 2003 hingga 2007.

Stadion ini dibuka secara resmi pada Maret 2007. Biaya pembangunannya mencapai 1,17 miliar pound (Rp20 triliun). Jumlah ini telah memperhitungkan inflasi dan nilai tukar mata uang.

Dua biro arsitek ternama berkolaborasi mendesain stadion ini yaitu biro arsitek asal Inggris, Foster + Partners dan biro arsitek asal Amerika Serikat, Populous.

Baca juga: Stadion Untuk Piala Dunia 2022 Qatar Ini Mirip Perahu Layar

Populous memiliki spesialisasi dalam membangun fasilitas olahraga seperti stadion untuk sepak bola, stadion American Football, lapangan bola basket, stadion baseball, dan lainnya.

Dari segi kapasitas penonton, Stadion Wembley merupakan stadion terbesar di Inggris dan Inggris Raya yang mencakup Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Wembley hanya menjadi stadion terbesar kedua di Eropa. Stadion ini kalah dari Stadion Nou Camp milik klub Liga Spanyol, Barcelona. Stadion Nou Camp memiliki kapasitas mencapai 99.354 penonton. Barcelona pernah merencanakan renovasi stadion hingga memiliki kapasitas stadion mencapai 105.000 penonton.

Baca juga: Finalis Liga Champions 2019 Tottenham Hotspur Punya Stadion Terbaik di Dunia

Stadion untuk sepak bola dengan kapasitas penonton terbanyak ternyata berada di Korea Utara yaitu Stadion Rungrado 1st May dengan kapasitas penonton mencapai 150.000 orang!

Sementara bagaimana dengan Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta? Ternyata, stadion kebanggaan Indonesia ini hanya memiliki kapasitas penonton sekitar 77.193 penonton.

Bagikan: 963 kali