sleeper-sofa-jonsguide Ilustrasi (Rumah123/Jonsguide)

Kalau memiliki rumah dengan luasan terbatas memang susah gampang. Kamu hanya perlu cerdik bersiasat untuk mendesain rumah dan ruangannya.

Biasanya jika kamu membeli rumah dari pengembang, rata-rata jumlah kamar ya hanya dua saja. Hal ini bisa menjadi masalah ketika ada orang tua, mertua, kakak, adik, atau ipar yang datang dari luar kota.

Baca juga: Ini Dia Sederetan Kesalahan Saat Menata Ruang Keluarga (Bagian 1)

Untuk menempatkan mereka di hotel tentunya tidak bermasalah, tetapi ada kalanya tamu yang masih kerabat dekat lebih nyaman untuk tidur di rumah.

Lantas mereka tidur di mana dong? Dua kamar memang bisa digunakan. Bagaimana kalau tamunya cukup banyak?

Baca juga: Ini Dia Sederetan Kesalahan Saat Menata Ruang Keluarga (Bagian 2)

Sebenarnya, hal ini bisa dipecahkan kalau kamu memiliki sleeper sofa. Ini adalah customized furniture yang menggabungkan sofa dan ranjang.

Furnitur ini bisa menjadi sofa sekaligus ranjang. Saat dilipat, furnitur ini adalah sofa. Namun, ketika dibuka maka berubah menjadi ranjang untuk tidur.

Baca juga: Ini Dia Sederetan Kesalahan Saat Menata Ruang Keluarga (Bagian 3)

Modelnya bermaca-macam. Ada yang dilipat, ada yang ditarik keluar, ada yang disusun ulang. Tentunya tergantung dari produsen yang membuatnya.

Kalau kamu pernah ke gerai hypermarket atau toko furnitur, kamu pasti pernah melihat sleeper sofa dalam beragam macam desain, bentuk, ukuran, hingga cara melipat.

Baca juga: Ini Dia Sederetan Kesalahan Saat Menata Ruang Keluarga (Bagian 4)

Sleeper sofa ditempatkan di ruang tamu sebagai sofa biasa. Ketika kamu membutuhkan ranjang tambahan untuk tidur, kamu hanya perlu mengubahnya menjadi ranjang.

Sekarang, kalau kamu kedatangan tamu kerabat dan menginap, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi, tinggal ubah fungsi sofa menjadi ranjang.

Baca juga: Ini Dia Sederetan Kesalahan Saat Menata Ruang Keluarga (Bagian 5)

Bagikan:
1140 kali