Tol Laut Jokowi

Selain membangun jalan tol dan Bandara, Pemerintahan Jokowi juga turut memperhatikan akses transportasi laut khususnya pelabuhan Indonesia.

Fungsi pelabuhan sendiri sangat vital untuk menunjang mobilitas masyarakat serta pengiriman logistik di suatu daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi udara.

Contohnya seperti di sebagian wilayah Timur Indonesia.

Melansir Liputan6, sedikitnya ada 5 pelabuhan di Tanah Air yang berhasil diresmikan oleh Presiden Jokowi semenjak ia menjabat sebagai orang nomor 1 di Indonesia.

Pelabuhan dimana saja itu?

Yuk, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Tol Laut Pelabuhan Indonesia yang Diresmikan Presiden Jokowi 

1. Pelabuhan Wonreli

Pelabuhan tol laut 1 Sumber : Shipsapp

Pelabuhan Wonreli dikenal sebagai pelabuhan pengumpan regional.

Pengembangan Pelabuhan Wonreli menghabiskan anggaran Rp54,5 miliar.

Output yang dihasilkan berupa pembangunan dermaga sepanjang 120 meter pada kedalaman 6 meter, untuk mengakomodasi kapal dengan ukuran 2.000 DWT.

Juga fasilitas darat antara lain lapangan penumpukan barang seluas 2.000 meter persegi, gudang, dan terminal penumpang seluas 300 meter persegi.

2. Pelabuhan Teor

Pelabuhan tol laut 2 Sumber : Liputan 6

Pelabuhan Teor dijadikan sebagai pelabuhan Indonesia yang dibangun  sebagai pengumpan wilayah lokal dengan anggaran mencapai Rp42,65 miliar.

Fasilitas yang ada di Pelabuhan Teor antara lain dermaga sepanjang 70 meter pada kedalaman 5 meter, untuk mengakomodasi kapal barang dengan ukuran 1.000 DWT dan kapal penumpang dengan ukuran 1.300 DWT.

Selain itu ada fasilitas darat berupa lapangan penumpukan, gudang, dan terminal penumpang.

3. Pelabuhan Tutu Kembong

Pelabuhan tol laut 3 Sumber : Dhara Pos

Selanjutnya ada Pelabuhan Tutu Kembong dibangun dengan total anggaran Rp157,1 miliar.

Fasilitas yang ada di Pelabuhan Tutu Kembong antara lain dermaga sepanjang 70 meter untuk mengakomodasi kapal dengan ukuran 1.000 DWT, lapangan penumpukan seluas 176 meter persegi, gudang seluas 100 meter persegi dan terminal penumpang seluas 150 meter persegi.

4. Pelabuhan Galela

Pelabuhan tol laut 4 Sumber : Kumparan

Keempat ada Pelabuhan Galela Provinsi Maluku Utara dibangun dengan total anggaran Rp35,5 miliar.

Output yang dihasilkan berupa Pembangunan Dermaga sepanjang 80 meter, lapangan penumpukan, dan terminal penumpang seluas 150 meter persegi.

Dermaga pelabuhan Indonesia ini dibangun pada kedalaman 5 meter untuk dapat mengakomodasi kapal dengan ukuran maksimal 1.000 DWT.

5. Pelabuhan Tobelo

Pelabuhan tol laut 5 Sumber : eMaritim

Terakhir ada Pelabuhan Tobelo dibangun dengan total anggaran Rp160,293 miliar.

Pelabuhan Tobelo direncanakan untuk kegiatan bongkar muat barang dan peti kemas, juga untuk turun naik penumpang. Pelabuhan ini memiliki fasilitas antara lain dermaga general cargo sepanjang 174 meter untuk mengakomodasi kapal ukuran 2.000 DWT, dermaga penumpang sepanjang 135 meter untuk mengakomodasi kapal ukuran 1.000 DWT.

Nah, itulah 5 pelabuhan Indonesia yang berhasil diresmikan oleh Jokowi di berbagai daerah di Tanah Air guna menunjang infrastruktur tol laut.

Jika dijumlahkan semua, maka anggaran yang terserap sekitar Rp448 miliar.

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Dan jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
411 kali