OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Satu Juta Patok Tanah Akan Terpasang Serentak di Seluruh Indonesia, Siap Masuk Rekor Muri!

02 Februari 2023 · 3 min read Author: Hendi Abdurahman

patok tanah

Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) yang dicanangkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) disebut-sebut akan memasang satu juta patok tanah secara serentak di seluruh Indonesia.

Gerakan tersebut bakal dimulai oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto, dengan pelaksanaan yang berpusat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Jumat (3/2/2023) besok.

Melansir kompas.com, Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan bahwa satu juta patok bakal terpasang secara serentak.

“Pemasangan patok tanda batas tanah itu merupakan kewajiban masyarakat sebelum mendaftarkan tanahnya agar saat petugas pengukuran akan mengukur batas tanahnya dapat lebih mudah can cepat,” kata Yulia Jaya Nirmawati.

Tidak hanya itu, adanya patok tanah juga bisa berfungsi sebagai pengamanan aset dan menjamin kepastian batas bidang tanah.

Tujuan Adanya GEMAPATAS

contoh patok tanah

sumber: selingkarwilis.com

Masih menurut sumber yang sama, tujuan adanya GEMAPATAS antara lain untuk menggerakkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memasang tanda batas pada tanah yang dimiliki.

Nantinya, patok batas bidang tanah akan dipasang oleh masing-masing pemilik tanah dengan persetujuan pemilik tanah yang berbatasan.

“Dengan terpasangnya patok batas bidang tanah maka batas bidang tanahnya akan semakin jelas. Kemudian, karena saat pemasangan mendapatkan persetujuan dengan pemilik tanah yang berbatasan maka sengketa batas yang selama ini sering terjadi tidak akan ada lagi,” tutur Yulia.

Tak hanya di Cilacap, Menteri ATR/Kepala BPN pun akan menyaksikan kegiatan pemasangan patok di seluruh wilayah Indonesia secara virtual.

“Masyarakat juga membantu dalam memudahkan dan mempercepat petugas pertanahan untuk mengukur dan memetakan tanah. Dengan begitu, masyarakat turut berperan dalam mewujudkan Kota Lengkap,” kata Hadi Tjahjanto.

GEMAPATAS Bakal Tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI)

Dikarenakan patok batas tanah yang akan dipasang secara serentak di seluruh Indonesia baru pertama kali digelar, GEMAPATAS pun akan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat agar dapat memasang serta menjaga tanda batas tanahnya. Apabila kita bisa memenuhi ketentuan dan menerima penganugerahaan dari MURI tersebut, itu bonus,” ucap Yulia Jaya Nirmawati.

Sebagai informasi, Yulia juga mengungkapkan standar patok yang benar adalah yang terbuat dari beton, besi, kayu, pipa dengan panjang sekurang-kurangnya 50 cm dan bergaris tengah sekurang-kurangnya 5 cm.

Sementara untuk pemasangannya, pipa paralon dimasukkan ke dalam tanah sepanjang 30 cm, lalu selebihnya 20 cm sebagai tanda di atas tanah.

Adapun patok alias tanda batas bisa menyesuaikan dengan keadaan setempat yang ditentukan atau dibuat dengan Keputusan Kepala Kantor Pertanahan di tiap-tiap kabupaten/kota.

***

Semoga penjelasan di atas bermanfaat, Property People.

Simak bacaan dengan topik-topik menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga Google News Rumah123.com untuk menemukan berita paling terbaru seputar properti.

Kamu sedang mencari hunian mewah di Kota Wisata Cibubur?

Cek Cluster Mississippi Kota Wisata seharga Rp1,4 miliar dengan desain modern.

Yuk, temukan diskon, promo, dan penawaran menarik lain melalui Rumah123.com.

Pastinya kami akan selalu #AdaBuatKamu untuk memberikan rekomendasi hunian terbaik!


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya