Knife Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Pisau dapur menjadi salah satu alat yang sering kamu gunakan di dapur. Inilah senjata andalan kamu saat memasak.

Kamu memakai pisau untuk memotong bahan dan bumbu. Untuk melakukan hal ini, kamu pun memiliki beragam ukuran pisau.

Untuk memotong daging, kamu bisa menggunakan pisau berukuran besar. Lain halnya ketika kamu menyayat ikan, kamu menggunakan pisau berukuran kecil.

Beragam kebutuhan, berbeda lagi jenis pisaunya. Nah, lantas bagaimana dengan membersihkannya? Apakah kamu cukup rutin?

Setelah menggunakan pisau untuk memotong bahan makanan, kamu harus rutin mencucinya. Apalagi kalau kamu memotong ikan atau daging, baunya seringkali melekat pada pisau. Lantas bagaimana mencuci pisau yang benar?

Baca juga: Ah, Singkirkan Saja Barang-barang Ini dari Dapurmu!

Pertama, kamu harus mencuci pisau menggunakan tangan. Sebaiknya kamu menghindari penggunaan mesin cuci atau dishwasher untuk mencuci pisau agar tidak rusak.

Kedua, kamu harus membiasakan untuk mencuci pisau menggunakan sabun pencuci piring. Bau dan kotoran bisa melekat pada pisau dan bisa hilang menggunakan sabun pencuci piring.

Hindari pemakaian sabun colek untuk mencuci piring karena sisa sabun bisa menempel pada pisau dan juga makananan yang dipotong.

Saat mencuci pisau, biasakan untuk memegang gagang pisau dan menghadapkan mata pisau ke bawah, ke bak cuci piring. Hati-hati saat mengusap dengan spons cuci piring, saat membilas, hingga saat melapnya hingga bersih.

Bagikan:
1252 kali