OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

RS Anutapura Dibangun Kembali Menggunakan Sistem LRB. Diklaim Mampu Tahan Gempa 7 SR!

20 Maret 2023 · 3 min read Author: Insan Fazrul

rs anutapura palu

Dibangun kembali menggunakan sistem LRB, RS Anutapura di Palu diklaim bisa tahan gempa hingga 7 SR. Cek informasi selengkapnya di sini!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), melakukan pembangunan kembali atau rekonstruksi Rumah Sakit Anutapura, di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

RS Anutapura merupakan rumah sakit yang pada tahun 2018 lalu terdampak bencana gempa bumi.

Selain itu, RS tersebut mempunyai peran besar untuk melakukan pelayanan kesehatan di wilayah Kota Palu.

Pembangunan kembali RS Anutapura dilaksanakan oleh PT Adhi Karya sejak Desember 2021 lalu dengan dana loan dari IRSL JICA sebesar Rp234,7 miliar.

Sampai saat ini, pembangunan Rumah Sakit Anutapura sudah mencapai 92 persen dan ditargetkan bisa rampung atau selesai pada Mei 2023 mendatang.

RS Anutapura Dibangun Kembali Menggunakan Sistem Struktur Bangunan Tahan Gempa

rs anutapura

sumber: pu.go.id

Melansir laman resmi Kementerian PUPR, sesuai prinsip build back better, Rumah Sakit Anutapura direkonstruksi kembali menggunakan teknologi Lead Rubber Bearing atau LRB.

Tak hanya itu, rumah sakit ini pun dibangung dengan menerapkan Bangunan Gedung Hijau (BGH) atau green building.

“Di Indonesia, teknologi LRB sudah biasa digunakan di jalan dan jembatan, tapi masih jarang digunakan pada bangunan. RS Anutapura ini adalah bangunan berteknologi LRB pertama yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Bahkan di Indonesia timur sendiri pun, gedung ini merupakan satu-satunya yang menggunakan teknologi LRB,” ungkap Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi, Tengah Sahabuddin, dilansir rilis resmi dari situs PUPR.

Lebih lanjut, teknologi LRB secara penuh diadopsi dari Jepang lewat kerja sama dengan JICA.

“Namun, untuk produksinya kita ambil semua dari pabrik LRB yang berlokasi di Cirebon. Jadi tetap produksi dalam negeri atau TKDN,” tambah Sahabuddin.

PPK Bina Penataan Bangunan BPPW Sulawesi Tengah, Bayu Dwi Rahmatyo, menjelaskan, perihal teknologi LRB yang diaplikasikan di RS Anutapura.

Ia mengatakan, teknologi tersebut bertujuan untuk meredam gaya gempa yang timbul sehingga nantinya rumah sakit tetap bisa beroperasi melayani pasien walau diterjang gempa hingga 7 SR.

“Kita juga mengikuti standar bangunan gedung rumah sakit dari Kementerian Kesehatan, jadi insya allah bangunan ini sudah memenuhi semua kriteria baik teknis secara kerumahsakitan maupun secara kegempaan,” jelas Bayu.

Gedung Rumah Sakit Anutapura mempunyai luas 15,322 m2, di dalamnya terdapat empat lantai bangunan, satu semi basement, ruang IGD, ruang rawat inap, ruang operasi, ruang ICU, dan ruangan lainnya.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca ulasan lainnya di artikel.rumah123.com.

Pastikan, kamu sudah mengikuti Google News dari Rumah123.com agar tak ketinggalan informasi terbaru.

Grand Citra Residence merupakan hunian dengan desain modern di daerah Depok.

Tertarik? Klik Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!


Tag: , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA