Mau tahu cara mengatasi insomnia yang selama ini kamu hadapi? Cukup dengan mengatur ritme sirkadian atau jam biologis tubuh seperti ini!

Ritme Sirkadian

Apakah kamu pernah bertanya kenapa waktu tidur manusia pada umumnya sama hampir setiap hari? 

Bahkan tanpa menggunakan alarm, kamu sering terbangun di jam yang persis dengan beberapa hari belakangan? 

Ini dia yang dinamakan dengan jam biologis tubuh atau dikenal juga dengan istilah ritme sirkadian. 

Apa Itu Ritme Sirkadian? 

Ritme sirkadian adalah siklus alami tubuh yang berjalan selama 24 jam setiap harinya sebagai bagian dari berbagai proses biologis manusia. 

Salah satu ritme sirkadian yang paling banyak dikenal adalah siklus bangun dan tidur. 

Tidak hanya itu, ritme ini juga dapat mempengaruhi fungsi biologis lainnya seperti sistem pencernaan, suhu tubuh, keseimbangan hormon, pola makan, dan masih banyak lagi lainnya. 

Jam biologis ini memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika terganggu menyebabkan beragam gangguan seperti susah tidur atau insomnia, diabetes, obesitas, memicu depresi, hingga yang tingkat parah sampai menyebabkan penyakit mental seperti bipolar. 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ritme Sirkadian 

Berbagai faktor yang dapat memengaruhi keseimbangan ritme sirkadian antara orang yaitu: 

1. Faktor Alami 

Jauh di dalam otak manusia terdapat sebuah bagian kecil dekat hipotalamus bernama Suprachiasmatic Nucleus (SCN) yang berbentuk seperti tetesan air dan berfungsi sebagai pusat kendali ritme sirkadian. 

Faktor alami atau endogan inilah yang kemudian menjadi penentu kondisi seseorang berkaitan dengan waktu tidur dan suhu tubuh yang disebabkan pembentukan hormon melatonin atau hormon pembuat kantuk.

Hormon lain termasuk kortisol juga menjadi faktor alami yang dapat menentukan jam biologis tubuh dalam perannya untuk membentuk cadangan makanan berupa glukosa dan mengaktifkan zat anti-inflamasi dan anti-stres. 

Ketika cahaya matahari mulai berkurang di kala malam menjelang, otak akan secara otomatis diperintahkan untuk memproduksi hormon melatonin yang memicu rasa kantuk. 

Waktu produksi melatonin ini sendiri mulai pada pukul 8-9 malam dan berhenti di pagi hari sekitar pukul 7-8. 

Tepat di tengah malam kita akan mengalami yang namanya deep sleep sebagai efek produksi melatonin yang melimpah. 

2. Faktor Lingkungan 

Ketika kamu sedang bepergian ke luar negeri dengan perbedaan waktu yang cukup signifikan, jetlag sudah pasti jadi hal pertama yang akan tubuhmu alami. 

Hal tersebut dikarenakan terganggunya ritme sirkadian tubuh oleh faktor lingkungan yang meliputi cahaya matahari, suhu, iklim, musim, sampai rotasi Bumi. 

Beruntungnya kita yang tinggal di wilayah ekuator atau garis khatulistiwa seperti Indonesia yang memiliki iklim tropis, faktor lingkungan seperti perubahan musim tidak memiliki dampak yang terasa karena durasi malam dan siang relatif sama sepanjang tahun. 

Perubahan jumlah cahaya di setiap musim dapat membuat waktu tidur menjadi berubah dan berujung pada terganggunya ritme sirkadian. 

Secara alami tubuh manusia akan lebih mudah berada pada kondisi ideal untuk tidur dengan pulas jika berada pada suhu lingkungan yang rendah. 

Makanya tidak heran kalau manfaat tidur di ruangan yang sejuk meski tanpa menggunakan AC bisa membuatmu jadi lebih cepat terlelap. 

Tips Mengatur Ritme Sirkadian 

Agar jam biologis tubuh kamu kembali seimbang, khususnya sebagai cara mengatasi insomnia, beberapa tips berikut bisa dicoba: 

- Hindari tidur siang yang bisa membuatmu terjaga lebih lama di malam hari.  - Jaga pola makan yang sehat dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi dan kurangi menyantap fast food - Rajin berolahraga setiap hari di waktu yang tepat, yaitu pagi atau sore hari sesuai dengan jam biologis tubuh.  - Ikuti jadwal tidur yang sesuai dengan aktivitasmu, minimal 8 jam setiap hari.  

Semoga dengan informasi di atas, kamu bisa menyesuaikan ritme sirkadian tubuh untuk mengatasi gangguan tidur maupun berbagai masalah kesehatan yang mungkin dihadapi. 

Dapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Grand Madison!

Bagikan:
790 kali