OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Proyek IKN Nusantara Didukung 13 Lembaga Internasional PBB, Ini Daftar Badannya

08 Nopember 2023 · 3 min read Author: Gadis Saktika

pbb dan ikn

sumber: ISTIMEWA

Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan dukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Adapun lembaga yang mendukung sejumlah 13 badan, yang meliputi ESCAP, FAO, ILO, IOM, UNDP, UNEP, UNESCO, UNFPA, UN Habitat, UNICEF, UNIDO, UNOPS, dan UN Women.

Hal tersebut disampaikan lewat penyerahan Declaration of Intent untuk kerja sama antara PBB dan Otorita IKN dalam mewujudkan agenda pembangunan berkelanjutan di IKN.

Koordinator Tetap PBB untuk Indonesia, Valerie Julliand menjelaskan bahwa kolaborasi dengan OIKN dan berbagai pihak adalah menjadi hal penting bagi Nusantara dan PBB.

Kerja sama ini meliputi sejumlah aspek, seperti perencanaan dan pembangunan perkotaan, pelaksanaan Ulasan Lokal Sukarela (VLR), dukungan terhadap berbagai mekanisme dan kebijakan tata kelola, upaya dalam mendorong digitalisasi, pengembangan rencana pokok, dan evaluasi berbagai potensi ketidaksetaraan yang ada.

“Kolaborasi dengan OIKN dan berbagai entitas ini sangat penting bagi Nusantara dan juga bagi PBB. Melalui kolaborasi ini kita dapat memastikan bahwa semua prinsip, nilai, norma dan standar yang baik dapat diwujudkan,” ujar Valerie lewat keterangan tertulis, Selasa (7/11/2023).

Bambang Susantono, Kepala OIKN, mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dari 13 lembaga PBB yang telah menyatakan komitmennya dalam upaya pembangunan Nusantara.

“Lembaga-lembaga ini memandang Nusantara sebagai “laboratorium hidup” yang memberi mereka peluang untuk menghasilkan pengetahuan baru dalam mengatasi tantangan global,” ujar Kepala Otorita IKN. 

Partisipasi Nusantara dalam Kampanye Global

bambang susantono

sumber: ISTIMEWA

Lalu, Bambang mengatakan, untuk membangun sebuah kota baru perlu dukungan dari banyak pihak, termasuk dari organisasi internasional.

Kepala Otorita IKN itu menegaskan, visi Nusantara sejalan dengan prinsip New Urban Agenda, yang diadopsi pada konferensi UN-Habitat III di Quito, Ekuador pada tahun 2016.

Setidaknya, tambah dia, terdapat tiga partisipasi Nusantara dalam kampanye global.

Pertama, Nusantara ingin bergabung dalam agenda global dalam melestarikan keanekaragaman hati, dengan meremajakan kekayaan flora dan fauna Kalimantan.

“Kami sedang bekerja sama dengan beberapa organisasi untuk mengembangkan Nusantara Nature Positive Plan yang akan memandu kita dalam menciptakan kota hutan lestari,” kata Bambang.

Kedua, pembangunan Nusantara akan sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Saat ini Nusantara tengah menyiapkan Voluntary Local Review (VLR) dan akan melacak kemajuan SDGs dalam kota tersebut.

Ketiga, Nusantara akan berperan aktif dalam kampanye global dalam isu perubahan iklim.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca informasi penting lainnya seperti pembangunan IKN didukung masyarakat Dayak lewat artikel.rumah123.com.

Follow juga Google News Rumah123 agar tetap up to date.

Jika sedang mencari rumah berbagai tipe sesuai kebutuhan, segera akses www.rumah123.com.

Ya, kini mencari properti semakin mudah karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA