Foto: Rumah123/Getty
 

Rumah idaman dengan kualitas maksimal tentunya impian hampir setiap orang. Impian ini bisa kamu wujudkan dengan membeli rumah jadi yang banyak ditawarkan para pengembang atau kamu membangunnya sendiri sesuai dengan desain dan konsep yang kamu inginkan.

Akan tetapi, kalau kamu punya tanah atau lahan yang siap untuk berdirinya sebuah rumah, mungkin kamu lebih memilih untuk membangun rumah sendiri. Namun, mungkin kamu masih bingung apakah akan dibangun secara borongan dengan meminta bantuan jasa pemborong ataukah kamu akan membangunnya sendiri.

Baca juga: Cara Murah Bangun Rumah Sendiri, Boleh Nyontek Kok!

Kalau kamu membangun sendiri, maka kamulah yang akan menentukan segala hal, mulai dari perencanaan desain, gambar, pelaksanaan, pengawasan saat pembangunan, hingga furnishing atau tahapan akhir pembangunan.

Sedangkan kalau kamu menggunakan jasa pemborong, secara umum ada dua macam sistem yang sering digunkaan, yaitu borong komplet termasuk upah dan material atau upahnya saja. Kalau borong komplet maka material dan upah tenaga kerja dari sang pemborong, pemilik rumah tinggal terima beres. Sedangkan kalau borong hanya upahnya saja, pemilik rumah hanya membayar upah tenaga kerja sedangkan material disediakan pemilik rumah, pemborong terima beres saja soal material.

Baca juga: Bangun Rumah Minimalis Ada Caranya Lho!

Macam borongan mana yang akan kamu pilih, itu tergantung pada apakah kamu mau ribet terjun langsung pada tahapan pembangunan rumah, ataukah kamu lebih suka terima jadi saja. Namun, yang kamu perlu tahu ada plus-minus menggunakan jasa pemborong. Keduanya bisa kamu pertimbangkan baik-baik untuk mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kondisimu.

Kelebihan Menggunakan Jasa Pemborong:

Ke-1. Kamu tak perlu repot terjun langsung untuk mengurus pelaksanaan pembangunan rumah. Kamu hanya tinggal menyediakan dana, kemudian memercayakan semua tahapan pembangunan  kepada pemborong untuk diselesaikan dengan baik hingga serah-terima kunci nantinya.

Ke-2. Kamu dapat memilih pelaksana pembangunan rumah yang berpengalaman dengan harga termurah tapi hasil pekerjaannya yang terbaik.

Baca juga: Rumah Tumbuh, Solusi untuk Renovasi dengan Dana Minim

Kekurangan Menggunakan Jasa Pemborong:

Ke-1. Jika pembayaran kurang lancar, maka kinerja pemborong berpotensi menurun yang bisa menurunkan kualitas pekerjaan. Solusinya, buatlah pembayaran yang lancar dan tepat waktu.

Ke-2. Kualitas pekerjaan kurang bisa dikontrol, namun bisa diatasi dengan cara memilih pemborong yang bagus dan tepercaya.

Bagikan: 947 kali