OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Percepat Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Cianjur, Kementerian PUPR Kirim Tim Insinyur Muda

07 Februari 2023 · 3 min read Author: Insan Fazrul

rumah tahan gempa

Demi mempercepat pembangunan rumah tahan gempa di Cianjur, Kementerian PUPR mengirim beberapa tim insinyur muda ke lokasi. Cek informasi lengkapnya di sini!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun ratusan rumah hunian tetap bagi masyarakat yang terdampak gempa Cianjur, pada November 2022 lalu.

Baru-baru ini, dalam rangka mempercepat penangan pascagempa bumi, khususnya pembangunan Rumah Tahan Gempa (RTG), Kementerian PUPR mengirim tim insinyur muda.

Tim tersebut terdiri dari 99 orang CPNS yang langsung bergabung dengan tim teknis daerah yang sudah dibentuk oleh pemerintah daerah untuk mempercepat penanganan pascagempa.

Perekayasa Ahli Madya Direktorat Rumah Khusus Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Johny FS Subrata menjelaskan tugas dari tim insinyur muda.

Menurut Johny, tugas utama mereka untuk melakukan pendampingan teknis kepada masyarakat di Cianjur.

“Tim Insinyur Muda tersebut akan mendampingi masyarakat mulai dari melaksanakan Sosialisasi Rumah Tahan Gempa (RTG), membuka klinik RTG di desa sehingga masyarakat dapat langsung berkonsultasi teknis mengenai bangunan RTG yang akan mereka bangun, serta mendampingi masyarakat saat melaksanakan pembangunan RTG,” jelas Johny, dikutip laman pu.go.id.

Kemudian Johny menambahkan, tim insinyur muda dari Kementerian PUPR juga bertugas untuk memastikan rumah yang dibangun masyarakat Cianjur telah memenuhi spesifikasi teknis sebagai rumah tahan gempa.

“Setelah mendapatkan sosialisasi, masyarakat berhak memilih akan membangun RTG secara konvensional maupun menggunakan aplikator Domus atau Rumbako. Para Insinyur muda ini akan mendampingi mulai dari penyusunan RAB, proses desain, hingga memastikan proses pembangunan RTG sesuai dengan spesifikasi teknisnya,” ujarnya.

Tanggapan Pemerintah Setempat

rumah tahan gempa di cianjur

sumber: menpan.go.id

Hadirnya tim insinyur muda untuk mempercepat pembangunan rumah tahan gempa di Cianjur disambut positif oleh Kepala Desa Ciputri Nia Novi Hertini.

Menurut Nia, masyarakat dan pemerintah setempat mendukung penuh kehadiran tim insinyur muda.

“Masyarakat antusias dan berterima kasih telah dibantu oleh teman-teman dari Kementerian PUPR yang ahli dalam struktur bangunan tahan gempa. Kami dari pihak desa akan selalu mendukung teman-teman,” ungkap Nia.

Kehadiran tim insinyur muda pun disambut baik oleh warga setempat.

Seperti yang diungkapkan oleh Yudi, warga RW 1 Desa Ciputra, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur yang terdampak gempa.

Baginya, kehadiran tim insinyur muda bisa memberikan ilmu ketika kelak warga membangun rumah tahan gempa di Cianjur.

“Alhamdulillah kami mendapatkan ilmu baru dan pasti akan kami terapkan saat membangun rumah nanti,” ujar Yudi.

***

Itulah informasi mengenai pembangunan rumah tahan gempa di Cianjur.

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca ulasan lainnya di artikel.rumah123.com.

Pastikan kamu juga sudah mengikuti Google News dari Rumah123.com supaya terus mendapat informasi terbaru.

Orchard Park Batam merupakan hunian nyaman yang lokasinya ada di Batam Kota.

Klik Rumah123.com untuk informasi lebih lengkap karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!


Tag: , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA