OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Serapan Anggaran Kementerian PUPR Capai 93,7% pada Tahun 2022. Bangun Apa Saja?

18 Januari 2023 · 2 min read Author: Insan Fazrul

serapan anggaran kementerian pupr

Pada 2022 kemarin, serapan anggaran Kementerian PUPR mencapai 93,7 persen. Sejumlah infrastruktur pun berhasil dibangun di tahun tersebut.

Ketika rapat kerja sama dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, pada Selasa, 17 Januari 2023 kemarin, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan realisasi akhir APBN Tahun Anggaran (TA) 2022.

Dalam kesempatan tersebut, serapan anggaran Kementerian PUPR diketahui mencapai 93,7 persen atau sebesar Rp118,03 triliun dari pagu anggaran Rp125,99 triliun.

Sementara realisasi capaian fisik mencapai 96,2 persen.

Melansir laman pu.go.id, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap, pagu anggaran TA tahun 2022 diserap secara efektif.

Anggaran tersebut digunakan untuk melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan.

“Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan infrastruktur yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN), seperti bendungan, jalan tol, irigasi, Sistem Penyediaan Air Minum dan Program Satu Juta Rumah pada tahun 2022,” jelas menteri yang akrab disapa Pak Bas ini.

Lantas, dengan serapan anggaran Kementerian PUPR yang mencapai 93,7 persen, apa saja yang berhasil dibangun?

Pembangunan Infrastruktur Kementerian PUPR Tahun 2022

serapan anggaran kementerian pupr 2022

sumber: pu.go.id

Masih melansir laman pu.go.id, dalam rilisan tersebut juga disebutkan anggaran TA 2022 digunakan untuk berbagai kegiatan infrastruktur.

Termasuk di dalamnya mendukung penyelenggaraan acara internasional di Bali, Jakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Contohnya adalah acara KTT G20 di Bali, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, penataan kawasan Labuan Bajo–termasuk Pulau Rinca–, penataan kawasan Mandalika, dan lain-lain.

Selain fokus dalam pembangunan sejumlah infrastruktur, Kementerian PUPR juga membantu dalam mempertahankan daya beli masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan setelah Covid-19.

Caranya dengan melanjutkan program Padat Karya Tunai atau PKT dengan serapan keuangan sebesar Rp14,54 triliun.

Program tersebut berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 1,07 juta orang.

Kemudian pada tahun anggaran 2022, Kementerian PUPR melakukan rekonstruksi pascabencana yang terjadi di beberapa daerah.

Misalnya bencana gempa bumi di Palu dengan membangun hunian tetap 5.732 unit, bencana erupsi Gunung Semeru dengan membangun hunian tetap sebanyak 1.951 unit, dan termasuk penanganan gempa Cianjur.

Selain hal di atas, serapan anggaran Kementerian PUPR juga mendukung sejumlah pengembangan kawasan industri, pembangunan infrastruktur, dan di bidang perumahan.

***

Itulah informasi mengenai serapan anggaran Kementerian PUPR.

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak artikel terbaru lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Kemudian ikuti Google News dari Rumah123.com untuk menemukan ragam informasi menarik.

Grand Teratai merupakan perumahan berkelas yang ada di Sidoarjo, Jawa Timur.

Informasi lebih lengkap kunjungi Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!


Tag: , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA