OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Menuju Akhir Tahun, Pemerintah Percepat Pembangunan Perumahan bagi Masyarakat

29 Nopember 2023 · 2 min read Author: Gadis Saktika · Editor: Bobby Agung Prasetyo

pembangunan perumahan bagi masyarakat

sumber: ISTIMEWA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mempercepat proses pembangunan perumahan bagi masyarakat jelang akhir tahun 2023. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Tahun Anggaran 2023 dan Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Tahun Anggaran 2024 dan Manajemen Risiko Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di Tangerang, Senin (27/11/2023).

“Kami (Kementerian PUPR-red) akan terus berupaya menyelesaikan tugas pembangunan perumahan untuk masyarakat bisa diselesaikan secepatnya. Apalagi waktu pelaksanaan kegiatan 2023 akan segera berakhir,” ujar Iwan Suprijanto.

Selain itu, jelas Iwan, pemerintah juga sedang melaksanakan optimalisasi dan penajaman anggaran untuk pelaksanaan kegiatan untuk 2024 mendatang.

Realisasi Keuangan Bidang Perumahan Terus Meningkat

Berdasarkan hasil evaluasi capaian dan kinerja penyelenggaraan perumahan tahun 2023, jumlah realisasi keuangan bidang perumahan terus meningkat.

Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan mitra kerja untuk mendoronh kinerja penyelenggaraan rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya dan PSU perumahan.

“Kami juga mencatat realisasi kegiatan fisik padat karya yakni pelibatan masyarakat melalui BSPS untuk mengurangi rumah tidak layak huni sebanyak 150.380 unit rumah dengan progress keuangan 98,43 persen dan fisik 99,97 persen,” ucap dia.

Dukungan untuk Infrastruktur Dasar IKN

ikn nusantara

Sumber: hutamakarya.com

Lebih lanjut, Iwan menambahkan, Direktorat Jenderal Perumahan juga ikut memberikan dukungan infrastruktur dasar IKN Nusantara.

Adapun proyek tersebut, antara lain pembangunan Rusun Pekerja IKN sebanyak 22 tower atau 1.072 unit telah mencapai progress keuangan 99,99 persen dan fisik 100 persen.

Selain itu, tambah Iwan, pemerintaj juga mendorong pembangunan rumah tapak jabatan Menteri sebanyak 36 unit progress keuangan baru 40,58 persen dan fisik 38,90 persen.

“Kami optimis hingga akhor tahun 2023 pembangunan rumah untuk masyarakat bisa tercapai sesuai perencanaan yang ditetapkan,” katanya.

Prioritas Penganggaran Kegiatan di 2024

Pada kegiatan itu, Iwan juga menyampaikan sejumlah prioritas penganggaran dalam rangka pemenuhan kebutuhan tambahan tahun 2024.

Beberapa prioritas kegiatan di 2024 tersebut, di antaranya:

  1. Penyediaan hunian untuk ASN di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) dan penyelesaian pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri
  2. Pemenuhan kegiatan Rusun dan Rumah Khusus Multi Years Contract (MYC) TA 2023-2024
  3. Pelaksanaan Bantuan PSU Rumah Umum dan Program Padat Karya BSPS dan Pelaksanaan Kegiatan Baru Direktif (SYC)
  4. Pelaksanaan Pekerjaan-Pekerjaan OPOR
  5. Kebutuhan Dasar Dukungan Manajemen

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Pantau terus artikel properti teranyar hanya di artikel.rumah123.com dan Google News kami.

Sedang mencari hunian minimalis di Jakarta Selatan?

Akses www.rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu untuk temukan beragam pilihan menarik!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA