Untuk mencairkan dana ketika seseorang meninggalkan dunia, kamu memerlukan surat pernyataan ahli waris. Yuk cari tahu cara membuatnya. 

Dengan dokumen ini, kamu bisa mendapatkan otoritas untuk mengklaim peninggalan yang diberikan secara sah, misalnya properti berupa tanah atau rumah.  

Cara Membuat Surat Pernyataan Ahli Waris 

Simak panduan lengkap pembuatan surat pernyataan ahli waris di bawah ini!

Syarat yang Wajib Dilengkapi 

Agar sebuah surat pernyataan ahli waris bisa dinyatakan sah, kamu mesti memastikan jika dokumen tersebut mendapatkan tanda tangan dari dua orang saksi, disahkan oleh lurah, serta camat setempat. 

Tak ketinggalan berbagai persyarat pelengkap yang perlu disediakan terlebih dahulu, yakni: 

- Surat permohonan (7 rangkap) - Fotokopi KTP para pemohon (ahli waris) menggunakan kertas A4 - Fotokopi kartu keluarga pewaris (almarhum) menggunakan kertas A4 - Fotokopi buku nikah pewaris (almarhum) menggunakan kertas A4 - Keterangan silsilah keluarga ahli waris dari kelurahan - Surat keterangan kematian dan penguburan - Catatan sipil kematian - Fotokopi akta lahir seluruh ahli waris - Surat pernyataan sebagai ahli waris

Proses Mengurus Surat Pernyataan Ahli Waris 

Berikut langkah-langkah yang mesti diikuti jika kamu ingin mengurus surat keterangan ini:

- Lengkapi semua persyaratan, lalu dibawa ke kelurahan.  - Minta surat pengantar ke RT/RW setempat.  - Membuat surat keterangan bermaterai ditandatangani oleh seluruh ahli waris disaksikan dan ditandatangani para saksi, yaitu ketua RT dan RW setempat. - Mengajukan permohonan ke kantor kelurahan bagian pelayanan umum.

Surat Pernyataan Ahli Waris, Lebih Baik Ditulis Tangan atau Ketik? 

Sumber: pexels.com

Seperti yang dilansir dari Klinik Hukum, pada dasarnya surat pernyataan ahli waris baik yang ditulis tangan maupun diketik, keduanya sama-sama memiliki fungsi sebagai bukti yang sah dengan nama akta bawah tangan.

Akta bawah hanya akan dapat diakui kebenarannya oleh orang yang dihadapkan kepadanya atau secara hukum telah dibenarkan olehnya, menimbulkan bukti lengkap seperti akta otentik bagi orang-orang yang menandatanganinya, ahli warisnya, serta orang-orang yang mendapat hak dari mereka. 

Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris Resmi 

Di bawah ini ada contoh surat pernyataan ahli waris resmi yang disadur dari laman Pemerintah Kabupaten Karawang. 

SURAT PERNYATAAN DAN KETERANGAN AHLI WARIS 

Yang bertanda tangan di bawah ini kami ahli waris dan atau para ahli waris Almarhum .......................................dengan ini menerangkan dan menyatakan bahwa seorang laki-laki yang bernama .................................................. telah meninggal dunia pada tanggal ……………. Di alamat Dusun ............................. Desa .................................... Kecamatan ................................... Kabupaten ........................ yang juga sebagai tempat tinggalnya yang terakhir. 

Almarhum .................................................. semasa hidupnya pernah menikah secara sah 1 (satu) kali dengan Perempuan yang bernama : 

................................................., Lahir di ......................., ........................... Kewarganegaraan Indonesia, Pekerjaan ........................................ 

Almarhum dari pernikahan tersebut diatas mempunyai anak/keturunan/ahli waris sebanyak ...................... orang masing-masing bernama : 

1. Nama : ............................................. 

Tempat, Tgl Lahir : ............................................. 

Kewarganegaraan : ............................................. 

Alamat : ............................................. 

2. Nama : ............................................. 

Tempat, Tgl Lahir : ............................................. 

Kewarganegaraan : ............................................. 

Alamat : ............................................. 

  1. Nama : ............................................. 

Tempat, Tgl Lahir : ............................................. 

Kewarganegaraan : ............................................. 

Alamat : ............................................. 

Almarhum tidak mempunyai anak/keturunan/ahli waris yang lain selain nama dan atau nama-nama sebagaimana tersebut di atas. 

Demikian Surat Keterangan dan Pernyataan Ahli Waris ini kami buat dengan sebenarnya diatas kertas bermaterai cukup dalam keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa ada tekanan maupun paksaan dari siapapun dan apabila dikemudian hari keterangan dan pernyataan kami tidak benar, maka kami bersedia dituntut sesuai dengan hukum yang berlaku dan Pihak Pejabat maupun Dinas/Instansi Pemerintah terlepas dari segala tuntutan dan atau gugatan karena ini merupakan tanggungjawab kami selaku ahli waris, selanjutnya untuk diketahui dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Karawang, ..................................... 

Para Akhli waris, 

1. ............................................. ( ………………………… )  2. ............................................ ( ………………………….)  3. ........................................... ( ………………………….)  4. ........................................... ( ………………………….)  5. ............................................. (..........………………….)  6. ............................................ ( ………………………….) 

Saksi –saksi : 

1. ……………………………….. ( ………………………… )  2. ……………………………….. ( ………………………… ) 

Kamu cukup melengkapi saja bagian-bagian informasi yang dibutuhkan dalam surat pernyataan ahli waris sesuai dengan nama yang bersangkutan. 

Temukan beragam informasi menarik dan bermanfaat lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di Bhumi Amala!

Bagikan:
15707 kali