obat isoman kemenkes Sumber: detikHealth

Memasuki gelombang ketiga pandemi Covid-19, obat COVID seakan menjadi keharusan bagi pasien isolasi mandiri. Simak tips dan trik untuk mendapatkannya secara cuma-cuma di sini!

Cara memperoleh obat COVID secara gratis seakan menjadi keharusan, terlebih untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sebab, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah menyediakan sejumlah layanan, seperti telemedicine maupun obat covid gratis untuk membantu masyarakat yang terkena Covid-19 termasuk varian omikron.

“Sasaran layanan telemedisin isoman perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron adalah bagi pasien positif tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak Isoman, Diperiksa di wilayah Jabodetabek, berdomisili di Jabodetabek,” ujar Kementerian Kesehatan dr. Nadia, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Selasa (8/2/2022).

Perlu diingat, ini hanya berlaku untuk pasien tanpa gejala atau gejala ringan.

Sedangkan, untuk pasien yang memiliki gejala sedang hingga gejala berat wajib dirawat di rumah sakit. 

Seperti apa cara memperoleh obat COVID gratis dari Kementerian Kesehatan? Ini langkah-langkahnya

Cara Memperoleh Obat COVID Gratis 

Berikut beberapa alur yang perlu kamu perhatikan saat memperoleh obat isolasi mandiri secara gratis : 

1. Pasien telah menjalani tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) di Kemenkes.

2. Jika hasil tes dinyatakan positif, laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan hasil data pemeriksaan ke database Kemenkes (NAR) dan pasien memperoleh pesan via WA dari Kemenkes RI dengan centang biru, secara otomatis.

3. Apabila tidak mendapatkan pemberitahuan melalui pesan WA, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri melalui situs https://isoman.kemenkes.go.id

4. Setelah memperoleh pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine.

Memperoleh Obat COVID Gratis Melalui Telemedicine

Telemedisin COVID19 https://temenin.kemkes.go.id/

Telemedicine merupakan layanan konsultasi gratis dengan dokter yang disediakan oleh Kemenkes.

Ini berguna agar dokter dapat memantau pasien yang menjalani isoman di rumah dengan langkah-langkah sebagai berikut : 

1. Masukan kode voucher supaya bisa konsultasi dan memperoleh paket obat COVID gratis.

2. Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien, dan resep tersebut bisa ditebus melalui https://isoman.kemenkes.go.id/pesan_obat

3. Untuk catatan, hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan tanpa gejala atau gejala ringan) yang memperoleh obat-obatan gratis.

4. Pasien akan menunggu paket kiriman obat dan vitamin dari Kemenkes, yang akan dikirimkan melalui jasa logistik SiCepat.

5. 17 layanan telemedicine meliputi Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, Klik Dokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, Prosehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, YesDok. 

Paket Obat COVID Meliputi 

Obat Covid 19 Sumber : @mayaseptha7

Adapun, paket obat gratis dari Kementerian Kesehatan untuk pasien isolasi mandiri meliputi : 

1. Paket A untuk Tanpa Gejala : Multivitamin C,B,E dan Zinc 10 Tablet.

2. Paket B untuk Gejala Ringan : Multivitamin C,B,E dan Zinc 10 Tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg - 40 tablet, dan Paracetamol 500mg jika dibutuhkan.

Itulah beberapa langkah mudah untuk memperoleh obat COVID bagi kamu yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar tips dan gaya hidup, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa tilik rumah mewah idaman seperti Alexandria Premiere Cimanggis Depok bersama Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

  

 

Bagikan:
538 kali