Beautiful blonde woman cleaning with microfiber rag outside of microwave oven. On her hands protective rubber gloves. Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Kamar tidur berantakan? Piring-pring kotor berserakan di dapur? Rumput liar bikin taman semrawut? Tikus berkeliaran di garasi?

Wah, ribet banget kayaknya ya membersihkan rumah. Banyak orang berpikir kalau membersihkan rumah itu adalah pekerjaan rumit dan besar.

Baca juga: Nggak Masalah Kok, Kalau Kamu Istirahat di Rumah Saja

Nggak kok, kata siapa? Aksi membersihkan rumah itu pekerjaan yang bisa dikerjakan siapa saja dengan mudah asal ada pengelolaannya. Kamu bisa melakukannya sendiri lho.

Kamar tidur bisa tetap rapi, asal kamu langsung merapikannya usai bangun tidur. Tidak membutuhkan waktu lama untuk merapikan sprei, menyusun bantal, melipat selimut, dan lainnya.

Baca juga: Yuk, Bikin Anak Nyaman dan Aman di Ruang Bermain

Begitu juga dengan piring dan gelas di bak cuci piring. Setelah kamu selesai makan, kamu harus mencuci dan merapikannya, tidak menunggunya hingga bertumpuk.

Setelah bangun pagi, biasakan untuk menyapu dan mengepel lantai. Begitu juga dengan pakaian kotor, kamu bisa menghemat waktu dengan mencuci setiap hari.

Baca juga: Yuk, Beramal Dengan Menyumbangkan Barang Bekas Yang Ada Di Rumah

Sama halnya ketika kamu berada di kamar mandi. Tidak ada salahnya untuk membersihkan kamar mandi sebelum mandi.

Nah, kalau kamu membiasakan diri untuk melakukan semua hal kecil ini, kamu tidak akan merasa lelah untuk membersihan dan merapikan rumah.

Baca juga: Nah, Ini Dia Alasan Pentingnya Menjaga Kebersihan Dapur

Sisanya yang merupakan pekerjaan membersihkan dan merapikan lainnya bisa dilakukan saat akhir pekan. Kamu bisa membersihkan gudang, garasi, loteng, dan lainnya beberapa minggu sekali.

Siapa bilang kalau membersihkan dan merapikan rumah itu ribet? Kalau kamu bisa mengelolanya dengan baik, hal ini bisa menjadi rutinitas yang tidak membebani kamu kok.

Bagikan:
1007 kali