Media Inggris, BBC Melansir Riset Yang Dilakukan Peneliti Institut Teknologi Bandung Kalau Jakarta Utara Terancam Tenggelam Pada 2050 (Foto: Rumah123/BBC)

Jakarta menjadi kota paling cepat tenggelam di dunia menurut sejumlah media asing. Bahkan, BBC melansir kalau 95% kawasan Jakarta Utara akan berada di bawah permukaan laut pada 2050. Alamak!

Lokasi ibu kota Indonesia, Jakarta memang berada di tanah rawa. Jakarta juga dilintasi oleh 13 sungai yang bermuara di Laut Jawa.

Banjir sudah menjadi langganan di Jakarta, bahkan sejak penjajahan Belanda. Dalam dua dekade terakhir, Jakarta pernah dilanda banjir besar.

Baca juga: Toilet Darurat untuk Bencana, Wah Keren Banget Idenya

Ancaman Jakarta bakal berada di bawah permukaan laut alias tenggelam memang bukan isapan jempol. Kawasan Jakarta Utara sudah mengalami penurunan tanah hingga 2,5 meter dalam 10 tahun.

Bayangkan kalau penurunan tanah di beberapa kawasan Jakarta Utara mencapai 25 cm per tahun! Jadi jangan heran kalau air laut untuk merembes masuk ke daratan.

Penurunan tanah sebenarnya juga terjadi di banyak tempat. Penurunannya bervariasi antara 1 cm hingga 15 cm per tahun.

Baca juga: Risiko Bencana Bakal Pengaruhi Harga Properti

“Potensi Jakarta bakal berada di bawah permukaan laut bukan bahan tertawaan lagi,” ujar Heri Andreas seperti dikutip oleh BBC. Andreas merupakan peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia sudah meneliti penurunan tanah Jakarta selama 20 tahun.

“Jika kami melihat model penelitian kami, maka pada 2050 sekitar 95% kawasan Jakarta Utara bakal berada di bawah permukaan laut,” lanjutnya.

Wah, ngeri banget ya. Pemerintah pusat dan pemerintah provinsi DKI Jakarta kudu mengantisipasi nih. Nah, buat kamu generasi milenial, saatnya kamu melirik kawasan yang jauh dari ancaman tenggelam. Kalau masih mau tinggal di Jakarta Utara, jangan lupa belajar berenang dan punya perahu karet ya.

Baca juga: Gempa dan Tsunami Guncang Palu dan Donggala, Ingat Belajar Mitigasi Bencana

Bagikan: 7090 kali