Karpet tak bisa hanya dibersihkan menggunakan vacuum cleaner, tapi juga harus dicuci. Alih-alih mahal membayar jasa cuci karpet, pelajari sendiri cara mudahnya ini!

cuci karpet

Tidak bisa dipungkiri, salah satu masalah yang kerap dihadapi saat kamu punya karpet di rumah adalah urusan pembersihannya. 

Mungkin ketika kamu sedang asyik menyeruput kopi atau makanan dengan saus yang kemudian tumpah dan mengotori karpet lantai kesayangan. 

Di lain kesempatan bisa saja para tamu yang lupa melepas sepatu atau hewan peliharaan yang dengan santai menjadikan karpet jadi lahan buang kotoran favorit. 

Alhasil kepala kamu jadi pusing memikirkan biaya yang perlu dikeluarkan untuk memanggil jasa pembersihan profesional supaya karpet kembali cemerlang seperti semula. 

Tenang saja, ibarat kata pepatah, di mana ada kemauan pasti ada jalan, termasuk cuci karpet yang ternyata bisa kamu lakukan sendiri di rumah. 

Cara cuci karpet yang benar dan baik

Membersihkan karpet sendiri bisa jadi urusan yang merepotkan, apalagi jika terkena zat yang menempel seperti kopi atau kotoran yang tidak bisa disedot begitu saja dengan vacuum cleaner

Dilansir dari Good Housekeeping, kamu bisa mengikuti langkah-langkah cuci karpet ala profesional dengan mudah menggunakan peralatan sederhana. 

Tak perlu jasa cuci karpet, cukup siapkan alat dan bahan berikut ini:

- Dua botol semprot kosong

- Air dingin 

- Air hangat

- Cairan pembersih piring

- 2 Serbet/kain lap bersih

- Kertas tisu 

- Panci atau pot untuk pemberat.

Baca juga: 6 Rekomendasi Mesin Cuci yang Bagus Harga Rp 1 Jutaan

Cara cuci karpet: 

1. Isi satu botol semprotan dengan air hangat dan satunya lagi dengan air dingin. 

2. Campurkan ¼ sendok teh cairan pembersih, bisa dari berbagai merek yang digunakan untuk mencuci piring. 

3. Cuci karpet bukan dengan membasahi sampai terendam dengan air, tapi dengan menyemprotkan campuran cairan pembersih dan air hangat tadi ke kain lap atau serbet bersih. 

4. Gunakan kain yang sudah disemprot tadi langsung ke area yang kotor pada karpet dengan gerakan menyeka perlahan hanya di area tersebut. Ingat, seka perlahan bukan digosok yang bisa menyebabkan kotoran berpindah ke area lain. 

5. Setelah kotoran pada karpet mulai memudar, gunakan bagian kain lap yang masih kering dan lakukan gerakan menyeka secara perlahan di bagian yang sama untuk menyerap sisa pembersihan. Ini dia bagian cuci karpet yang wajib dilakukan secara teliti dan sabar. 

6. Semprotkan air dingin ke kain lap lain yang masih bersih dan gunakan untuk membilas sisa cairan pembersih dari cuci karpet tadi. Keringkan bagian tersebut dengan memakai bagian kain lap seperti langkah sebelumnya.  

7. Tumpuk kertas tisu pada titik yang telah dibersihkan tadi dan taruh panci atau pot pemberat di atasnya. Langkah cuci karpet ini berguna untuk membersihkan sisa kotoran yang masih ada di serat bahan karpet.

8. Keesokan harinya, singkirkan tumpukan tisu dan biarkan karpet kering dengan sendirinya. Untuk mempercepat proses pengeringan, kamu juga bisa menggunakan hair dryer dengan suhu yang tidak terlalu tinggi agar serat karpet tidak rusak. 

9. Jika masih ada kotoran yang tersisa, ulangi kembali dari langkah pertama menggunakan cairan pembersih yang lebih kuat dengan area yang lebih kecil. 

Baca juga: 8 Karpet Lantai Minimalis Terpopuler, Harga Mulai Rp30 Ribuan

Cara menyingkirkan bau dari karpet

Cuci karpet bisa menghilangkan kotoran yang menempel, tapi kalau masalah bau tak sedap yang menempel? 

Kamu bisa mencoba menggunakan bahan alami seperti baking soda sebagai penyegar karpet seperti berikut: 

1. Taburkan baking soda secukupnya hanya pada area bau pada karpet. 

2. Gunakan sikat halus untuk meratak baking soda ke serat karpet supaya partikel bau terikat. 

3. Biarkan selama minimal 15-30 menit supaya baking soda bekerja dengan baik. 

4. Bersihkan sisa baking soda dengan menggunakan vacuum cleaner yang dilengkapi dengan filter mikro yang dapat menyedot bubuk halus. 

Cara cuci karpet sendiri mudah sekali, bukan? 

Yuk ikuti tips menarik seputar perawatan hunian lain di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
1157 kali