Cuma dengan modal tiga jutaan saja, kamu sudah membuat kolamrenang minimalis yang mungil di rumah. Simak panduan lengkapnya berikut ini!

kolam renang minimalis

Di tengah cuaca panas yang bikin sumpek dan pengap di dalam rumah, mendinginkan tubuh sambil berenang di kolam pasti mengasyikan. 

Sayangnya di tengah pandemi COVID-19 ini, kolam umum atau taman bermain air yang biasanya jadi tempat favorit keluarga belum bisa dikunjungi. 

Ingin rasanya membuat kolam renang pribadi milik sendiri di rumah biar lebih hemat dan bisa mandi sepuasnya kapan pun kamu mau. 

Tapi memikirkan soal biaya pembuatan kolam renang yang cukup menguras kantong bikin keinginan tersebut harus dikubur dalam-dalam. 

Masalah lain yang dihadapi ketika dananya sudah ada, namun apa daya lahan yang tersedia di rumah kurang memadai. 

Banyak orang yang mengira jika membuat kolam itu membutuhkan biaya besar serta lahan yang cukup luas. 

Padahal kini sudah semakin banyak tren kolam renang minimalis yang bisa dibikin sendiri di rumah dengan lahan terbatas dan pastinya tidak akan menguras kantong. 

Biaya Pembuatan Kolam Renang Minimalis 

kolam renang minimalis

Kali ini kami menghadirkan inspirasi menarik yang disadur dari kanal YouTube SAGA VLOG yang bisa ditiru dengan mudah di rumah. 

Pengeluaran utama habis untuk pembelian material konstruksi kolam dengan rincian sebagai berikut: 

1. Keramik roman mozaik Tsq 844 R ukuran 30 x 30 cm sebanyak 40 lembar (Rp1.548.000) 2. Bata ringan hebel FASTCON sebanyak 1 kubik atau m3 (Rp700.000) 3. Lisplang GRC ukuran 10 cm sebanyak 16 papan (Rp420.000) 4. Semen Gresik 50 KG PPC sebanyak enam sak (Rp300.000) 5. Mortar perekat hebel SuperThinbed SP-100 sebanyak 2 ½ sak (Rp150.000 6. Nat Keramik AM53 - Tile Grout 1 KG sebanyak 1 bungkus (Rp26.000) 7. Nippon Paint Elastex Waterproof 02 - White Transparent 1 KG (Rp90.000) 8. Paku beton Camel 1 inci/2,5 cm (Rp30.000) 9. Clean out penutup lubang septic tank bahan PVC ukuran 3 inci (Rp6.000 10. Pasir Cileungsi sebanyak 1 kubik dan batu split 12 kg (Rp215.000) 11. Pipa air paralon PVC merek Rucika JIS ½ inci (Rp100.000)

Keseluruhan material di atas menghabiskan biaya pembuatan kolam renang minimalis Rp3.585.000 di luar sewa tukang untuk pengerjaan. 

Opsi yang bisa kamu pilih jika punya pengalaman konstruksi yang memadai untuk membangun sendiri tanpa bantuan tukang. 

Namun jika tak ingin repot, berarti kamu perlu menambah biaya pembuatan kolam renang minimalis sekitar Rp200.000-Rp400.000 lagi untuk jasa konstruksinya. 

Pengeluaran di atas bisa saja berbeda tergantung dari jenis material dan toko bahan bangunan tempat kamu membeli. 

Varian produk yang digunakan di atas hanya bertujuan sebagai referensi dan bisa digantikan dengan merek atau bahan sejenis dengan fungsi yang sama. 

Misalnya jika kamu ingin menggunakan produk alternatif seperti cat anti bocor Aquaproof atau dari Mowilex dengan kemampuan tahan air yang mumpuni. 

Ukuran Kolam Renang Minimalis 

kolam renang minimalis

Dimensi kolam renang minimalis ini dibuat dengan lebar 2 meter, panjang meter, dan kedalam sekitar 75 cm. 

Untuk ukuran kolam renang ini memang sangat mungil dan memang diperuntukkan bagi para buah hati. 

Tentu saja kamu bisa menyesuaikan lagi ukurannya dengan ketersediaan lahan yang dimiliki di rumah. 

Semakin besar ukuran kolam renang  rumah pastinya membutuhkan material yang lebih banyak, begitu pula sebaliknya. 

Namun dibanding dengan menggunakan jasa kontraktor kolam renang, biaya yang akan kamu keluarkan bakal jauh lebih hemat hingga 80%. 

Sebelum kamu mulai proses konstruksi, ada baiknya untuk mengukur terlebih dahulu lahan kosong yang ada di halaman supaya rancangan kolam bisa lebih presisi.

Apakah kamu tertarik untuk mencobanya di rumah? 

Temukan beragam informasi menarik seputar hunian lainnya hanya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Avania Residence!

Bagikan:
4020 kali