OK

Mengenal Rukun Islam, Simak Pengertiannya dan Cara Pengenalan kepada Anak

01/03/2022 by Maskah Alghofar

Rukun Islam

Rukun Islam/Istock

Rukun Islam menjadi salah satu pondasi umat muslim di dunia, tentunya wajib diketahui. Lantas bagaimana memperkenalkannya kepada anak.

Ada 5 amalan dalam rukun Islam yang harus kamu pahami dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Lima tindakan dasar dalam rukun Islam menjadi cerminan diri seorang muslim. Hal itu tertuang dalam sabda Rasulullah Shalallahu’alaihiwassalam.

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ . رواه البخاري و مسلم .

“Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan'”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim) 

Pengertian Rukun Islam

Rukun Islam

Unsplash/@mataqdarululum

Rukun Islam dikutip dari berbagai sumber berarti lima tindakan dasar dalam Islam yang menjadi syarat untuk menjadi seorang muslim yang sempurna. 

Sedangkan arti lainnya, yakni perbuatan atau amalan berbentuk fisik dengan keyakinan bisa menjadi perantara seorang muslim masuk ke surga.

Terlepas dari maknanya, rukun Islam adalah pondasi wajib yang dimiliki seorang muslim. 

Untuk menjadi muslim yang seutuhnya, lima tindakan dasar tadi harus diterapkan dalam kehidupan. Lantas, apa saja rukun Islam yang wajib kita ketahui dan pahami?

5 Rukun Islam

Rukun Islam

Dakwahpost

Islam sudah mengatur kehidupan manusia agar senantiasa mendapatkan rida dari Allah SWT. Berikut ini makna dari lima pondasi dasar umar Islam.

1. Pengertian Syahadat

Untuk menjadi seorang muslim yang pertama harus dilakukan adalah bersyahadat. 

Setiap orang yang mau memeluk Islam diharuskan membaca dan memahami dua kalimat syahadat sebagai rukun Islam.

Dua kalimat syahadat diucapkan seorang muslim sebagai bukti keyakinan kepada Islam dan ajarannya. 

Selain itu, sebagai bukti keyakinan terhadap adanya Allah SWT dan Rasul-Nya Muhammad SAW yang membawa ajaran Islam serta syariat wajib lainnya.

Berikut lafadz dua kalimat syahadat. 

“Asyhadu an-laa ilaaha illallaah Wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullaah.”

Artinya:

“Saya bersaksi tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Allah dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

2. Pengertian Salat

Salat wajib dalam Islam ada lima, rukun Islam kedua ini ada yang wajib dan sunah, tentunya tidak bisa diulas dalam artikel ini.

Perkara salat ini dikerjakan sesuai waktu yang telah ditetapkan, mulai dari salat subuh sebelum matahari terbit hingga salat isya pada malam hari.

Dari hadits yang diriwayatkan Aisyah radhiallahu ‘anha, yang juga istri Nabi Muhammad SAW, Rasulullah bersabda:

“Pertama yang diwajibkan shalat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah dua rakaat dua rakaat kecuali maghrib yaitu 3 rakaat. Kemudian Allah menyempurnakan (jumlah rakaat) dzuhur, ashar, dan isya’ 4 rakaat dalam kondisi hadir (tidak safar) dan ditetapkan shalat di waktu safar sebagaimana kewajiban awal (2 rakaat)” (H.R Ahmad)

Ada sejarah panjang terkait dengan pelaksanaan salat. Awalnya, salat disyariatkan mencapai 50 rakaat, kemudian menjadi  17 rakaat dalam 5 waktu salat. 

Berikut rincian waktu shalat dan rakaatnya.

A. Subuh berjumlah 2 rakaat.

B. Zuhur berjumlah 4 rakaat.

C. Ashar berjumlah 4 rakaat.

D. Magrib berjumlah 3 rakaat.

E. Isya berjumlah 4 rakaat.

3. Pengertian Puasa

Puasa yang diwajibkan bagi seorang muslim adalah puasa di bulan Ramadan. Namun demikian, ada puasa lainnya yang bisa kamu lakukan sebagai ibadah sunah. 

Dalam pengertiannya, puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan nafsu diri dari mulainya terbit matahari hingga terbenamnya matahari. 

Sebagai rukun Islam ketiga, berpuasa berarti kamu diharuskan menahan segala macam hal yang bisa membatalkannya, termasuk hubungan suami istri. 

Kamu juga diharuskan mengontrol hawa nafsu lainnya agar tidak muncul secara berlebihan seperti menahan amarah dan ghibah. 

Saat menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan merupakan ibadah wajib seorang muslim yang dilakukan setiap tahun. 

Adapun hadist tentang puasa Ramadhan sebagai berikut.

ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu,” (HR Bukhari).

4. Pengertian Zakat

Zakat dalam Islam ada 2 macam yaitu zakat fitrah (makanan pokok) dan zakat  mal  (harta yang mencapai nisab dan haul). 

Dalam penerapannya, zakat fitrah dibayarkan selama bulan Ramadan dan sebelum memasuki Hari Raya Idulfitri. 

Sedangkan zakat mal dibayarkan satu kali dalam satu tahun berdasarkan pada harta/kekayaan/pendapatan yang disimpan selama satu tahun dan telah memenuhi nisab atau setara 85 gram emas. 

Ada 8 golongan yang berhak menerima zakat, sebagaimana firman Allah SWT:

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ  (التوبة: 60

“Sesungguhnya, zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah.” (QS. At-Taubah:60)

5.  Pengertian Naik Haji

Ibadah haji dilaksanakan di Tanah Suci Mekkah setiap bulan haji atau Dzulhijjah, simak juga mengenai rukun haji pada tautan ini. 

Ibadah ini diwajibkan kepada umat muslim apabila memiliki kemampuan dari segi fisik maupun harta. 

Salah satu dalil yang melatarbelakangi ibadah haji sebagai berikut. 

وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ

Artinya: “…mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imran: 97).

Cara Mengenalkan Rukun Islam Pada Anak

Rukun Islam

Haibunda.com

Ada berbagai cara mengenal rukun Islam. Untuk lebih mudah mengenalkan rukun Islam pada anak, kamu bisamelakukan sejumlah langkah ini.

1. Melalui Lagu Islami

Sudah banyak media yang menerbitkan lagu anak Islami, termasuk tentang rukun Islam dan rukun Iman.

Kamu bisa memperolehnya dari melalui media online seperti internet dan aplikasi di smartphone.

2. Perkenalkan dengan Bacaan Islami

Salah satu media pengenalan rukun Islam lainnya adalah buku. Kamu bisa memberikan anak dengan bacaan Islami termasuk rukun Islam, ya.

Jika anak masih kecil, kamu bisa membacakan bagian mengenai rukun Islam, tentunya disesuaikan dengan umur.

3. Praktikkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara terakhir ini diyakini paling ampuh. Hal itu karena kamu akan mengajarkan langsung kepada anak untuk menerapkan lima pondasi dasar rukun Islam.

Ajarkan anak mulai dari membaca dua kalimat syahadat, ajarkan shalat, berpuasa, berzakat, bahkan sampai berhaji jika kamu mampu.

Adapun untuk berhaji, ada manasik haji yang biasanya dilakukan anak-anak saat berusia TK.

Nah, demikian informasi terkait rukun Islam. Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Saatnya kamu memilih hunian terbaik dengan lingkungan yang nyaman untuk keluarga hanya di Rumah123.com.


Tag: ,


Maskah Alghofar

Maskah Alghofar

Penulis Rumah123.com. Lulusan Penerbitan yang pernah menjadi wartawan hukum dan senang menulis finansial, gaya hidup, dan properti.