Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Ada alasan kenapa anak-anak ngambek ketika orang tuanya menyuruh mereka untuk membersihkan rumah?

Anak-anak menganggap pekerjaan untuk membersihkan kamar, merapikan mainan, mencuci piring dan gelas, atau menaruh baju di keranjang cucian itu bukan hal yang menyenangkan.

Baca juga: Furnitur Jadul Bisa Ditampilkan Secara Kekinian Lho

Mereka menganggap semua itu membosankan. Sudah tentu mereka akan memilih untuk menonton tayangan kartun kesukaan mereka di saluran Cartoon Networks, Disney, atau Disney Junior.

Orang tua biasanya enggan melihat mereka ngambek dan menangis, lantas mengerjakannya sendiri. Sebenarnya, kamu harus memaksa anak-anak untuk melakukannya.

Baca juga: Wow, Kursi dari Lampu? Pasti Belum Pernah Lihat Kan?

Kenapa begitu? Ternyata anak-anak yang ikut melakukan pekerjaan rumah ternyata bisa sukses ketika dewasa.

“Dengan menyuruh anak untuk ikut membersihkan rumah, mengambil sampah, merapikan cucian. Mereka menyadari kalau saya harus melakukan pekerjaan dalam hidup sebagai bagian dari hidup,” ujar Julie Lythcott-Haims seperti dikutip oleh Tech Insider.

Baca juga: IKEA Gelar Festival Desain Selama Milan Design Week 2017

Lythcott-Haims merupakan mantan Dekan Universitas Stanford di Amerika Serikat dan juga penulis buku “How to Raise an Adult”.

“Jika anak-anak tidak mau mengerjakan pekerjaan membersihkan rumah, itu artinya mereka akan menyuruh orang lain melakukannya untuk mereka,” kata Lythcott-Haims lagi.

Baca juga: Desainer Ross Lovegrove Ciptakan Lampu Mirip Ubur-ubur, Wah Unik Lho!

“Anak-anak bisa belajar bagaimana pekerjaan diselesaikan dan setiap dari kita harus berkontribusi untuk keseluruhan,” lanjut Lythcott-Haims.

Lythcott-Haims percaya kalau anak-anak yang dibesarkan dengan tanggung jawab melakukan pekerjaan di rumah akan menjadi pegawai yang baik.

Baca juga: Wuih, Lampu Keren Ini Terinspirasi dari Hewan Laut Lho!

Anak-anak ini akan memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan rekan kerja lainnya, memiliki rasa empati kepada orang lain, dan bisa mengambil tanggung jawab sendiri.

Nah, mulai sekarang yuk ajak anak-anak untuk melakukan pekerjaan membersihkan rumah. Namun sesuaikan dengan usia anak ya.

Bagikan:
1202 kali