inner-harbour-bridge-1 Inner Harbour Bridge, Copenhagen, Denmark (Rumah123/Archdaily)

Jembatan geser atau sliding bridge, Inner Harbour Bridge ini terletak di ibu kota Denmark, Copenhagen.

Inner Harbour Bridge sudah diresmikan sejak Agustus 2016. Pembangunan jembatan ini didanai oleh A.P. Moller Foundation.

Baca juga: Siapa Mengira Kalau Bangunan Ini Tempat Praktik Dokter Hewan? Yuk, Kita Tengok!

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 180 meter. Bagian yang dirancang untuk digeser sepanjang 50 meter. Lebar bagian jembatan geser adalah 8 meter.

Bagian jembatan yang terbuka dan digeser ini menggunakan mekanisme geser unik dengan bertumpu pada roda kembar yang berdiameter 1,8 meter.

Baca juga: Keren Banget, Guangzhou Twin Tower Akhirnya Lengkap!

Jembatan  ini dirancang oleh biro arsitek asal Inggris, Studio Bednarski. Biro arsitek memenangkan sayembara desain ini pada 2009.

Inner Harbour Bridge dirancang untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda sebagai akses wilayah yang terpisahkan oleh kanal dekat pelabuhan Copenhagen.

Baca juga: Hamburg Innovation Port Sediakan Ruang Publik yang Luas, Mantap Nih!

Studio Bednarski memenangkan kompetisi desain yang diikuti belasan biro arsitek dari seluruh Eropa. Dewan juri memberikan apresiasi terhadap desain jembatan.

“Dalam sayembara ini, aspek arsitektur urban harus mengambil sejarah Copenhagen, berawal dari tradisi sejarah Nordic (negara-negara Eropa Utara),” ujar dewan juri sayembara jembatan Inner Harbour Bridge seperti dilansir oleh Archdaily.

Baca juga: Wuih Keren, Klub Bola Ini Selalu Punya Stadion Yang Ramah Lingkungan

“Pemenang mencari inspirasi dari peluang untuk mengoptimalisasi fungsi dan menciptakan sebuah ruang publik ketimbang menjadikan jembatan sebagai bagian dari bentuk struktur semata,” lanjut dewan juri sayembara jembatan.

Dari sejarahnya, negara-negara Nordic adalah wilayah yang memiliki kebudayaan sosial yang progresif dan maju.

Baca juga: Wow, Proyek Renovasi Bandara London Ciptakan Lapangan Kerja Baru di Inggris

Negara-negara Nordic juga menghormati budaya. Tidak heran kalau di negara-negara ini banyak terdapat museum, theater, dan lainnya.

Masyakarat Nordic juga suka bertemu dan bersosialiasi. Nah, jembatan Inner Harbour Bridge ini diharapkan bisa menjadi ruang publik terbuka yang baru bagi masyarakat Denmark.

Bagikan: 1623 kali