Jembatan yang Didesain oleh NEXT Architects dan Rudy Uytenhaak Architectenbureau (Rumah123/Dezeen)

Dua biro arsitek yang berkantor pusat di Amsterdam, Belanda, NEXT Architects dan Rudy Uytenhaak Architectenbureau berkolaborasi membangun sebuah jembatan dan akses jalan yang keren.

Jembatan yang berada di kota Utrecht ini akan melintasi kanal Amsterdam-Rhine. Namun yang unik justru akses jalan menuju jembatan yang melewati bagian atap sebuah sekolah.

Baca juga: Shanghai Bakal Jadi Kota dengan Jumlah Proyek Perkantoran Terbesar Pada 2020

NEXT Architects dan Rudy Uytenhaak Architectenbureau mendesain sebuah rancangan integrasi antara akses pejalan kaki, pengguna sepeda, jembatan, sekolah, serta taman umum.

Dua biro arsitek ini bekerja sama dengan konsultan teknik sipil asal Inggris, Arup dan konsultan lanskap Belanda, Bureau B+B untuk mendesain kawasan ini.

Baca juga: Wuih, Dua Tower Ini Seperti Sedang Menari Lho

Jembatan ini memiliki bentang panjang sekitar 110 meter. Jembatan ini memiliki nama Dafne Schippers Bridge.

Jembatan ini berdiri di atas ketinggian 9 meter. Ada tiang besar setinggi 35 meter yang menyangga jembatan pada salah satu sisi.

Baca juga: Keluar dari Pakem, Arsitek Richard Meier Desain Bangunan dengan Fasad Hitam

Jembatan ini menghubungkan kawasan Oong dan Leidsche Rijn. Jembatan ini dirancang bisa menampung 7.000 pengendara sepeda setiap hari.

Keberadaan jembatan ini diharapkan bisa memberikan akses yang lebih baik bagi pengendara sepeda menuju pusat kota Utrecht.

Baca juga: Markas Baru FIM Terinspirasi dari Pergerakan dan Kecepatan Motor Balap

Belanda memang negara yang memiliki pengendara sepeda dalam jumlah banyak. Sebanyak 20 persen dari 17 juta penduduknya suka menggunakan sepeda. Di Negeri Kincir Angin ini malah ada 18 juta sepeda!

Bagikan: 1279 kali