jenis kucing peliharaan

Jenis kucing peliharaan hadir dalam berbagai ras mulai dari kucing kampung yang gratis atau terjangkau hingga kucing dengan harga ratusan juta.

Banyak orang yang hobi memelihara binatang peliharaan. Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis hewan peliharaan yang diperbolehkan.

Misalnya saja seperti, anjing, burung, reptil, kelinci, hingga kucing. Nah, kucing adalah binatang yang paling banyak dipelihara.

Pasalnya, kucing merupakan binatang peliharan yang paling menggemaskan. Kucing bisa menjadi sahabat bagi siapa pun yang memeliharanya.

Jangan salah lo, ada sejumlah manfaat memelihara kucing di rumah, bisa mengurangi tingkat stres.

Jika kamu berencana untuk memeliharanya, maka kamu perlu mengetahui jenis kucing peliharaan seperti apa saja.

Dilansir dari beberapa sumber, banyak jenis kucing yang bisa dipelihara ternyata banyak sekali lo, mulai dari jenis kucing anggora, jenis kucing kampung langka, hingga jenis kucing belang.

Yuk, lihat kira-kira jenis kucing apa saja yang bisa kamu pelihara. Ssstt, ada harganya juga lo, buat kamu yang tertarik dengan jenis kucing mewah.

Jenis Kucing Peliharaan yang Sangat Menggemaskan

1. Siam

Salah satu jenis kucing peliharaan yang bisa kamu rawat adalah kucing Siam. Dari beberapa jenis kucing siam, ada beberapa yang memiliki tanda atau area yang berbeda dari warna tubuh, wajah, telinga, kaki dan ekor.

Siam merupakan jenis kucing yang mudah perawatannya. Bentuknya agak unik, karena memiliki kepala lebih besar dari tubuhnya yang ramping. Lucu banget, ya.

Harga kucing peliharaan ini berkisar antara Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan. Hmm, tentunya masih terjangkau ya.

2. Kucing Persia

Jenis kucing Persia adalah kucing peliharaan yang paling terkenal dan menjadi incaran banyak orang. Kucing Persia pun termasuk dalam jajaran kucing termahal di dunia.

Meskipun begitu, harga kucing ini per ekor muali dari Rp500 ribuan hingga Rp2 jutaan, tergantung pada jenis dan usianya juga, ya.

Kucing Persia memiliki beberapa jenis lainnya seperti Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya, dan Persia medium.

3. Kucing Anggora

Bulunya yang lembut seperti kapas membuat siapa pun menyukai jenis kucing anggora. Kucing asal Turki ini termasuk jenis kucing peliharaan yang memiliki telinga yang lumayan besar.

Kucing Anggora dihargai mulai dari Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan. Banyak orang yang salah mengira bahwa kucing Anggora mirip dengan kucing Persia. Padahal keduanya ras yang berbeda.

4. Maine Coon

Jenis kucing yang besar yang bisa dipelihara adalah Maine Coon. Selain itu, jenis kucing peliharaan ini sangat mudah perawatannya.

Maine Coon bisa tinggal dengan jenis kucing lain, bahkan anjing sekalipun. Kucing Maine Coon betina bisa memiliki berat tubuh hingga 6 kg dan jantan 8 kg.

5. Sphynx

Pernah lihat beberapa artis ada yang pelihara kucing Spinx? Ya, salah satunya artis Uya Kuya, memiliki jenis kucing peliharaan ini.

Spinx memiliki fisik yang berbeda dengan kucing pada umumnya. Jenis kucing ini merupakan kucing hasil persilangan genetik asal Kanada.

Kucing dengan tubuh botak alias bulu yang sangat pendek dan sedikit ini, dihargai mulai dari Rp15 juta. Harganya yang mahal membuat kucing ini sebagai hewan peliharaan yang mewah.

6. Ragdoll

Ragdoll merupakan jenis kucing peliharaan yang memiliki mata biru dengan bulu yang halus. Kucing ras ini adalah kucing yang jinak, dan mirip dengan kucing Siam dan Persia.

Meskipun mudah untuk dipeliharan, tetapi kamu perlu tempat yang cukup besar untuk kucing yang senang bermain dan berpetualang ini.

7. Savannah

Savannah merupakan jenis kucing persilangan dari ras kucing Afrika dengan kucing Bengal, Siam dan Mesir. Coraknya mirip macan, ya.

Tubuh kucing asal Amerika bisa mencapai ukuran terpanjang hingga 44 cm, dengan bulu tebal, berbadan tinggi lentur dan ramping.

Kucing cantik memiliki harga yang fantastis, bisa mencapai Rp343 juta untuk jenis terbaiknya.

8. Russian Blue

Russian Blue juga menjadi salah satu kucing favorit banyak orang karena memiliki bulu halus yang pendek berwarna abu-abu kebiruan.

Matanya pun sangat indah, yaitu hijau cerah dan beberapa warna lainnya. Meskipun agak pemalu, tetapi Russian Blue cerdas dan sensitif serta penuh rasa ingin tahu.

9. Manx

Kucing dengan ekor pendek ini terlihat sangat menggemaskan. Tapi tahukah kamu, kalau jenis kucing peliharaan ini bisa mencapai Rp40 jutaan, lho.

Wah, mahal banget ya. Kucing asal dari Britania Raya ini dikenal dengan Island of man, dan sifatnya yang aktif serta setia.

10. Kucing Kampung atau Domestik

Jenis kucing yang tak kalah menggemaskan adalah kucing kampung atau kucing domestik asli Indonesia.

Kucing kampung sering terlihat di jalanan kota, area perumahan, dan dimana pun. Kucing domestik memiliki dua jenis bulu, yaitu berbulu pendek dan panjang.

Umumnya, kamu dapat mengadopsi kucing jalanan yang memang tidak ada pemiliknya untuk dipelihara.

Biasanya, kucing kampung malah lebih mudah dirawat karena memang tidak memerlukan hal ekstra.

Rumah123.com juga pernah menayangkan artikel mengenai cara memelihara di kucing rumah dan juga cara merawat anak kucing tanpa induk.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Kanapark.

Bagikan:
464 kali