OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Indonesia akan Tiru Jepang Terkait Metode Pembiayaan Rumah Subsidi

19 Desember 2023 · 3 min read Author: Maskah Alghofar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

Metode Pembiayaan Rumah Subsidi

Ilustrasi metode pembiayaan rumah subsidi | shutterstock

Jalin kerja sama dengan Japan Housing Finance Agency (JHF), pemerintah Indonesia akan pelajari dan tiru metode pembiayaan rumah subsidi Jepang. Simak ulasan selengkapnya.

 Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan bekerja sama dengan Japan Housing Finance Agency (JHF) dalam dua tahun ke depan.

Kerja sama ini dalam rangka saling mempelajari terkait pengembangan program pembiayaan perumahan subsidi di kedua negara.

Penandatanganan nota kesepahaman ini berlangsung pada Jumat, (15/12/2023) kemarin di Jakarta.

Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Komisioner BP Tapera Adi Setianto selaku pihak pertama dan Senior Executive Director JHF Yoshida Hidro.

“Kami ingin memperkuat hubungan kerja sama dibidang penelitian dan program terkait pembiayaan perumahan bersubsidi dan dukungan pasar perumahan. Melakukan eksplorasi solusi untuk masalah perumahan, bertukar informasi dan program di bidang perumahan,” kata Adi, Sabtu (16/12/2023).

BP Tapera akan Berbagi Tantangan dengan JHF

metode pembiayaan rumah subsidi

Sumber: Suaka Online

Melansir dari Bisnis.com, ada sejumlah hal yang akan dipelajari dalam kerjasama BP Tapera dan JHF.

BP Tapera dan JHF nantinya akan saling berbagi tantangan dan strategi untuk meningkatkan minat investor publik ataupun swasta dalam sektor pembiayaan perumahan hingga pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Indonesia sendiri akan melakukan perbandingan standar perumahan, teknologi, dan bahan yang digunakan pada perumahan di Jepang dan Indonesia.

Selain itu, Indonesia juga akan belajar tentang perbandingan antara mengidentifikasi berbagai prospek dan hambatan di lapangan.

“Ada juga sharing dalam rangka tata kelola perusahaan, manajemen risiko dan pengungkapan untuk kelancaraan pelaksanaan program pembiayaan perumahan,” kata Adi.

Termasuk membandingkan sistem pembiayaan perumahan, tetapi tidak terbatas pada strategi bisnis, pengembangan produk seperti green mortgage serta sistem hukum di Indonesia dan Jepang.

BP Tapera berharap dalam program pertukaran informasi ini dapat meningkatkan stabilitas pasar perumahan dan pembiayaan perumahan.

Khususnya untuk penyediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau rumah tangga berpendapatan menengah ke bawah.

JHF Siap Bertukar SDM jika Dibutuhkan

Bahkan, Yoshida Hideo selaku pihak JHF mengatakan siap berpartisipasi dalam proyek bersama  sekaligus saling bertukar SDM jika diperlukan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga siap membuka peluang kerja sama dengan badan hukum lainnya di masing-masing negara.

Kegiatan ini juga sekaligus memperingati kerja sama bilateral Indonesia dan Jepang yang telah terjalin selama 65 tahun.

Nantinya program kerjasama atau pelatihan ini sudah sejalan dengan fase III Rencana Strategis BP Tapera di Tahun 2023 – 2024 yaitu meningkatkan kredibilitas institusi dan layanan menuju kelas dunia.

***

Itulah ulasan seputar BP Tapera yang bekerjasama dengan JHF untuk saling bertukar informasi terkait metode pembiayaan rumah subsidi di Indonesia dan Jepang.

Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, ya.

Temukan berita menarik lainnya seputar properti dan perumahan hanya di artikel.rumah123.com.

Kamu juga bisa mengikuti Google News Rumah123 untuk mendapatkan kabar terkini.

Temukan properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi, hanya di Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA